KADIN BANYUMAS MENGGELAR KOORDINASI SEKALIGUS BUKA PUASA BERSAMA

Selasa, 13 Juni 20170 komentar

KADIN BANYUMAS MENGGELAR KOORDINASI SEKALIGUS BUKA PUASA BERSAMA

A. Pegelaran Agenda Rakor
 
Kadin Banyumas menggelar rapat koordinasi yang disertai dengan agenda buka puasa bersama. Agenda ini digelar pada hari Selas, 13 Juni 2017, dengan mengambil tempat  di Pendopo Abdul Jamil (Depan Rumah Batik Anto Djamil), di Jalan   Dewa Kusuma RT.003/RW.001, Kauman Sokaraja. Acara dimulai  jam 16.30 sd selesai.

Alhamdulillah, acara ini mendulang sukses dimana 85% pengurus Kadin hadir di acara ini. Mereka yang berhalangan hadir memberi konfirmasi ketidakhadirannya berikut alasan yang mengikutinya. Hal ini menandakan adanya potensi besar untuk menjadikan Kadin Banyumas lebih eksis.  Ini merupakan rakor pertama pasca Musykab, namun tingginya angka kehadiran memberikan angin segar bagi keberlangsungan Kadin Banyumas di berikutnya”, ungkap Pak Anto Jamil dalam sambutannya sebagai ketua Kadin periode 2017 sd 2022.

Sementara itu, mewakili Dewan Pertimbangan, Bapak Herdiansyah yang akrab dikenal dengan panggilan “Pak Ujang”, menyampaikan bahwa Kadin adalah media strategis untuk berkembang bagi pelaku usaha. Hal ini mengingat bahwa Kadin merupakan media komunikasi yang terintegrasi secara nasional, sehingga menjadi begitu strategis melalui optimalisasi jaringan dan akses. Kadin  juga media strategis dalam mengangkat potensi lokal ke jenjang pemasaran yang lebih luas, baik lokal, regional, nasional dan bahkan ekspor. dalam merumuskan program kerja, beliau menyarankan untuk berkomunikasi dengan dinas terkait sehingga terjadi sinergitas yang saling mendukung.     

B.  Beberapa hal yang menjadi kesepakatan 
Dalam rapat koordinasi awal kni, ada beberapa hal yang menjadi kesepakatan bersama sebagaimana dijelaskan berikut ini:
1.      Merespon adanya 3 (tiga) alternatif sekretariat kemudian disepakati sekretariat di Pendopo Anti jamil yang beralamat di di Jalan   Dewa Kusuma RT.003/RW.001, Kauman Sokaraja. Acara dimulai  jam 16.30 sd selesai.
2.      Pelantikan disepakati antara tanggal 18, 18, 19 dan 20 Juli 2017. Hal ini akan segera di komunikasikan dengan Kadin Jateng. Berkaitan dengan seragam pelantikan, batik yang akan digunakan adalah bahan seragam batik yang sudah disistribusikan kepada seluruh pengurus pada saat pegelaran Muykab . Seragam bisa lengan pendek atau lengan panjang, tergantung kenyamanan masing-masing pengurus
3.      Untuk menyamakan persepsi, perlu diadakan pembekalan  dan juga up grading sehingga seluruh pengurus memiliki persepsi sama terhadap peran dan fungsi Kadin. Hal ini akan dilakukan sebelum pelantikan, sehingga semua pengurus memiliki referensi cukup dalam menyusun program kerja.
4.      Kadin Banyumas akan memaksimalkan ragam media untuk meng-campaign eksistensi Kadin Banyumas kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk para pelaku usaha.  Disamping WA Grup untuk kebutuhan konsolidasi internal Kadin, juga akan di buat blog atau website  Kadin Banyumas.

C. Ragam Gagasan dan Ide Brilian
Rakor juga melahirkan beberapa gagasan dan ide brilian yang menambah keyakinan bahwa Kadin Banyumas akan lebih eksis diberikutnya. Obrolan ringan pun berlanjut pasca rapat ditutup. Adapun resume beberapa gagasan yang mengemuka disajikan berikut ini:
1.     Ketua Bapak Anto Jamil
a.      Disosialisikan kepada segenap pengurus bahwa SK Kepengurusan sudah ditandatangani oleh Ketua Kadin Jawa Tengah. Dengan demikian Kadin Banyumas sudah sah secara dejure dan harus segera take action.
b.      Memiliki gedung sendiri adalah mimpi jauh dari Kadin Banyumas. Untuk itu, Kadin sebagai lembaga aspirasi harus memainkan peran strtategis sehingga cita-cita itu bisa mewujud.  
c.      Banyumas sangat potensial dalam mengembangkan pariwisata Banyumas. Untuk itu, Kadin perlu mengambil positioning dalam mendorong tumbuhkembangnya pariwisata.
d.      Konsolidasi internal akan terus ditingkatkan dan pergantian antar waktu akan dilakukan bagi pengurus yang hanya listing tanpa aksi.
e.      Daya dukung regulasi dan proteksi terhadap pelaku UMKM perlu ditingkatkan dan Kadin harus berada diposisi terdepan mengkomunikasikan dengan pemerintah dan legisltif.
f.       Fokus perhatian dari ketua kaitannya dengan pembersayaan antara lain batok kelapa, batik, pengrajin patung, gula kelapa.
2.      Pak Nana Dewan Pertimbangan. Beliau menyampaikan Selamat atas keterpilihan dan ketersususnan kepengurusan. Berharap Kadin periode ini akan lebih greget dalam aksinya. Potensi eksport harus didorong sehingga memperoleh nilai tambah. Sebagai contoh kayu alba, gula kelapa, pengrajin patung dan lain sebagainya.
3.      Pak Lutfi Ketua Gapensi. Beliau menyempaikan apresiasi terhadap keterpilihan kepengurusan baru periode 2017-2022. Selaku Ketua Gapensi, beliau siap bersinergi sehingga dunia usaha di Banyumas menjadi lebih bergeliat. Silaturrahmi perlu diintensifkan sehingga akan menemukan gagasan-gagasan brilian yang lebih men-sejahterakan masyarakat.
4.      Pak Aris (Wakil Ketua Keuangan, Perbankan dan Perpajakan). Beliau juga menyampaikan apresiasi dan bahagia menjadi bagian dari barisan Kadin Banyumas. Beliau berpendapata dengan susunan kepengurusan yang didominasi oleh kaum muda mendatangkan keyakinan tersendiri bahwa Kadin akan lebih berpeluang untuk mngembangkan kiprahnya.
5.      Pak Zaki Aulia,SE ( Wakil Ketua Properti, Pemukiman dan Lingkungan Hidup). Kadin harus kenal di masyarakat. Ketika Kadin sudah dikenal masyarakat dan melakukan action yang konsisten dan berkelanjutan, maka akan berpeluang meningkatkan bargainning positionnya. Juga perlu dikaji bagaimana Kadin juga didorong sebagai lembaga endorse bagi ragam aksi dunia usaha. Oleh karena itu, eksistensi di masyarakat akan menjadi tiket berkomunikasi dengan pemerintah.
6.      Andri Aji Gunawan,SE ( anggota komite pengembangan organisasi). Beliau menyampaikan kebahagiaannya menjadi bagian dari kepengurusan Kadin Banyumas. Disamping sebagai media memperluas silaturrhami dan memperluas jaringan, Kadin merupakan media strategis mengembangkan kepedulian atas ragam persoalan yang sedang dihadapi oleh dunia usaha. Beliau mencontohkan bagaimana seharusnya Kadin mengambil peran dalam mengurai persoalan dan keresan yang tengah dihadapi para pelaku usaha transportasi. Diluar sana, pasti lebih banyak lagi persoalan ketika kita lebih mengintensifkan komunikasi dengan para pelaku usaha diberbagai bidang. 

D.  Sisi lain Dari Pegelaran Rakor
Rakor kali ini diselingi dengan acara buka puasa bersama. Sesudah membatalkan puasa dengan makanan kecil, seluruh peserta rakor menggelar sholat maghrib berjama’ah di mushola pendopo Anto Jamil. Ada hal yang terasa berbeda dan begitu inspiratif, dimana buka puasa bersama dan sholat berjama’ah bareng dengan sekitar 50 orang santri penghuni pondok pesantren
yang mayoritas adalah anak yatim piatu dan dhuafa. Pasca sholat maghrib, seluruh peserta rakor pun makan besar. Tidak berhenti sampai disitu, azan isya pun menggiring seluruh peserta rakor untuk menjalankan sholat isya berjama’ah yang dilanjutkan dengan tarawih. Momen ini juga menjadi bagian dari upaya Sang Ketua Kadin merekatkan seluruh personil pengurus Kadin Banyumas. 


Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved