PLUT KUMKM SEBAGAI SEBUAH TEROBOSAN PEMBERDAYAAN

Minggu, 23 Februari 20140 komentar



PERESMIAN PUSAT LAYANAN USAHA TERPADU
KOPERASI dan UMKM
(PLUT KUMKM)

A.  Prolog
Hasi Senin, Tanggal 24 Februari 2014, di Jalan Senopati 30, Purwokerto, Kab.Banyumas, Propinsi Jawa Tengah, diselenggarakan agenda Peresmian Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Propinsi Jawa Tengah.  Awalnya direncanakan langsung diresmikan oleh Mentri  Koperasi dan UMKM, namun demikian karena adanya agenda dadakan Menkop dengan Presiden, akhirnya beliau mewakilkan kepada Deputi Restrukturisasi Usaha Kemenkop & UMKM RI.




B.  Resume Sambutan
Untuk lebih menggambarkan jalannya acara dan juga maksud dan tujuan di selenggarakannya PLUT, berikut di sampaikan resume sambutan sebagai berikut :

B.1.  Sambutan kemenkop.
Sambutan pak mentri kali ini diwakili oleh Deputi restrukturisasi usaha kemenkop RI (cq.Pak Braman setyo). Adapun resume dari sambutan beliau dijelaskan berikut ini :
1.       Pembangungan PLUT merupakan sinergitas antara kemenkop dan UMKM dengan pemerintah daerah. Sepanjang Tahun 2013, kemenkop telah mendirikan 21 (dua puluh satu) titik di 16 (enam belas) propinsi.  Dijawa tengah akan terdapat 5 (lima) titik dan 2 (dua) titik di resmikan hari ini, yaitu PLUT Kab. Banyumas dan PLUT Kab. Kebumen. Sepanjang 2014 ini,  Jateng juga akan ketambahan 3 (tiga)  titik lagi. Hal ini dikarenakan kemenkop menilai Pemda Jateng  memiliki komitmen luar biasa dalam memberdayakan koperasi dan UMKM.   Sebagai informasi, sampai saat ini  ada 423 (empat ratus dua puluh tiga) Bupati/kepala daerah  yang memohon pembentukan PLUT, tetapi belum semua di ACC dan lebih  memfokuskan pada daearah-daerah  yg dinilai sudah lama concern terhadap ekonomi kerakyatan.
2.       Keneradaan PLUT diharapkan mampu mendorong peningkatan kapasitas dan daya saing para UMKM dan Koperasi, khususnya dalam rangka kesiapan menghadapi pemberlakukan AEC (Asean Economic community).
3.       Demikian pula halnya dengan persoalan pendanaan, melalui kemitraan PLUT dengan Perbankan, maka diharapkan akan mampu memberikan win-win solution secara bertahap dan berkesinambungan. Melalui optimalisasi peran konsultan pendamping PLUT, diharapkan para UMKM dan Koperasi akan menjadi lebih sehat dan lancar dalam menjalankan operasional usahanya.
4.       PLUT juga di programkan akan bersinergi dengan SME tower di Jakarta yang fokus dalam memasarkan produk2 unggulan daerah. Sementara itu, sebagaimana perkembangan zaman, digitalisasi pemasaran perlu menjadi satu alternatif yang perlu dikembangkan.
5.       Model PLUT yang dikembangkan di Jawa Tengah merupakan rujukan nasional, oleh karena itu perlu diperhatikan maintenance PLUT agar perannya senantiasa optimal dan memiliki nilai strategis bagi akselerasi pertumbuhan dan perkembangan UMKM dan Koperasi.


B.2. Sambutan Gubernur Jawa Tengah 

  1. Gubernur berharap PLUT akan mendapat perhatian dan pemanfaatan yang serius, khususnya bagi para pengguna (koperasi dan kumkm). Kita tidak anti asing, tetapi proporsi dan proteksi harus dilakukan sebagai sebuah Negara, sehingga para pelaku UMKM memiliki space untuk survive dan berkembang. Belia juga berharap program semacam ini bisa membumi dan melayani masyarakat dengan baik.
  2. UUD45 mengakui keberadaan koperasi, sehingga harus ditumbuhkembangkan dengan cara-cara yang tepat. Secara jujur, haus diakui, sampai saat ini, negeri ini belom mampu memberikan apresiasi yang cukup terhadap pelaku umkm. Padahal, kekuatan UMKM terbukti ampuh bertahan saat krisis. Untuk mendukung hal tersebut, kemitraan pemkab dan universitas perlu di tingkatkan agar tercipta solusi integratif atas persoalan-persoalan yang dihadapi Pemkab, khususnya dalam hal memberdayakan Koperasi dan UMKM .  Beliau juga menghimbau, research-research  yang dilakukan oleh universitas sebagai pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, harus dioptimalkan bagi peningkatan dan pengembangan kehidupan ekonomi masyarakat. 


C. Penutup
Kehadiran PLUT ini layak diapresiate sebagai sebuah terobosan baru, khususnya bagi pemberdayaan UMKM. Sebagaiamana rancangannya, semoga PLUT mampu mendorong akselerasi eksistensi Koperasi dan UMKM, khususnya dalam kehiduan perekonomian rakyat. Amin.
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved