SEPENGGAL KISAH di PERTEMUAN IKATAN ALUMNI PETERNAKAN UNSOED se -JOGLOSEMAR

Rabu, 21 November 20120 komentar



Sebuah kebahagaiaan bisa berada diantara personil ikatan alumnus Fakultas Peternakan Unsoed yang pada tanggal 17 Nopember 2012 mengadakan kumpulan untuk wilayah se JOGLOSEMAR alias Jogya, Solo dan Semarang. Beberapa diantara mereka sudah saya kenal saat masih mahasiswa dulu dan hari ini  mendapati mereka sudah dalam keadaan yang sangat berbeda di banding saat masih berkuliah. Kesan sukses begitu kental dari cara bicara, bersikap dan berpenampilan mereka. Sebagian lagi, saya pernah bercanda dan bersapa lewat group BB alumnus Unsoed dan satu diantaranya adalah Bung Minto Raharjo yang merupakan ketua Ikatan Alumni Peternakan Unsoed saat ini. Sebuah kebanggan bisa berkenalan  dengan orang sekapasitas beliau yang dalam kesehariannya berprofesi sebagai penambang nikel di wilayah sulawesi. Kesan ramah dan bersahabat mereka tunjukkan sejak ketibaan saya di salah satu rumah makan di kota solo ini yaitu RM Palm. Lelah perjalanan dari purwokerto seketika hilang dengan keramahan itu, termasuk beberapa alumni senior yang dulu saya kenal sangat dekat, seperti Mas Samson,Mas Eka dan Mas Akhyar. Sebagai alumnus fakultas ekonomi Unsoed, saya benar-benar tidak merasa asing berdiri seorang diri ditengah para alumnus peternakan Unsoed. Darah Unsoed telah mempersatukan bathin segenap yang hadir.


Satu agenda unik dari pertemuan ini adalah diskusi tentang koperasi. Atas dasar agenda ini lah sesungguhnya saya di ajak sharing karena kebetulan saya bergelut dengan dunia koperasi sejak tahun 1993 sampai dengan saat ini. Saya di minta menyemangati kawan-kawan alumni yang sudah pada sukses ini dalam hal berkoperasi, sebab para alumnus peternakan, khususnya untuk wilayah JOGLOSEMAR sudah bersepakat untuk mendirikan sebuah koperasi.  Koperasi ini diharapkan bisa menjadi salah satu alat perekat komunikasi diantara para alumnus.  Disamping itu, koperasi JOGLOSEMAR ini juga merupakan embrio yang akan di dorong menjadi koperasi ikatan alumnus peternakan Unsoed secara menyeluruh. Demikian diungkapkan oleh Bung Minto  Raharjo (sapaan bekennya MBR) yang berbicara atas ketua ikatan alumnus Fak Peternakan Unsoed.

Secara obyektif saya mengatakan bahwa cita-cita ini rasional dan berpeluang diwujudkan. Ikatan emosional yang kuat akan memungkinkan terakumulasinya ragam potensi yang kemudian dimobilisasi menjadi aktivitas produktif yang berkelanjutan. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kesejahteraan alumunus dalam arti luas, tetapi juga memberi peluang bagi keterciptaan kesempatan kerja bagi banyak orang yang sedang membutuhkan. Ini terobosan brilian, sebab lahir dari orang-orang berkapasitas (high educated) dan pada umumnya sudah mencapai kesuksesan hidup. Koperasi ini juga bisa menjadi alat saling mendukung satu sama lain lewat mempertemukan akses yang satu dengan akses lainnya atau menggabungkan potensi yang satu dengan potensi lainnya.


Saya berkeyakinan kuat, ketika ikatan emosional diantara alumnus peternakan Unsoed ini bisa terjaga dan meluas, koperasi ini akan membesar bersama dengan kian solidnya segenap alumnus. Bahkan, bukan tidak mungkin inovasi-inovasi lahir dari perkumpulan ini dan bisa mempengaruhi geliat ekonomi yang tidak sebatas joglosemar.

Semoga, koperasi ini menjadi besar seiring dengan pertumbuhan kretivitasnya. Saya juga berharap kelahiran koperasi Joglosemar ini menjadi inspirasi bagi ikatan alumnus fakultas lainnya di lingkungan Unsoed akan segera bermunculan. Sekali lagi, atas nama pribadi dan aktivis koperasi, saya sangat apresiate atas terbentuknya koperasi Joglosemar ini.


Menjelang sore...saya kembali menuju purwokerto dengan penuh kekaguman atas apa yang baru saya saksikan dari perkumpulan alumnus peternakan Unsoed se-Joglosemar itu. Sungguh menginspirasi gairah untuk berbuat hal sama....terima kasih telah di undang ke acara yang luar bisa itu...
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved