BERSAMA SMK BAKTI PURWOKERTO BELAJAR BERSAMA "MENJADI PEBISNIS SEJAK USIA DINI"

Senin, 09 Desember 20190 komentar



“Mereka adalah generasi yang akan menentukan warna bangsa di mendatang. Mereka perlu dimotivasi agar menjadi insan kreatif. Percaya diri mereka perlu dibangunkan sehingga melahirkan keberanian  untuk meng-ekspresikan imajinasi dalam bentuk aksi produktif dan berpengaruh signifikan terhadap masa depan mereka. Mereka harus juga perlu di dorong bernyali melakukan eksperimen atas setiap gagasan dan menghayati setiap langkah hingga bertemu hikmah yang berdampak  pada kelahiran karya dan lompatan kemauan untuk selalu menghadirkan  yang lebih baik. Setiap dari mereka terlahir dengan potensi, sehingga yang perlu dilakukan adalah membangkitkan gairah mereka  meng-optimalkan potensi itu demi keterbentukan jejak hidup inspiratif dan layak untuk di kenang dan dibanggakan”, demikian spirit pegelaran agenda “motivasi kewirausahaan” di SMK Bakti Purwokerto pada Hari Selasa, 10 Desember 2019.

Agenda ini diikuti oleh seluruh siswa/I kelas X dan juga menghadirkan Bung Arsad Dalimunte selaku narasumber. Tidak ketinggalan, beberapa guru juga ikut menyimak proses diskusi yang mengangkat tema tentang “menjadi pebisnis sejak dini”. “ini moment yang tepat dalam  membangunkan mentalitas para siswa/i untuk berinteraksi dengan para praktisi. Semoga pegelaran ini memantik kreativitas yang berorientasi pada semangat siswa/I menjadi insan mandiri dan juga bermakna bagi orang lain”, ungkap salah seorang guru bernada harap.

Di Era Revolusi Industri 4.0, kebutuhan terhadap SDM akan semakin sedikit seiring dengan semakin merambahnya  komputerisasi dan otomatisasi. Untuk itu, hanya insan kreatif yang akan mendapat tempat karena selalu menghasilkan pemikiran yang “out of the box” dan menciptakan nilai tambah baru melalui berbagai ragam karya. Sejalan dengan itu, memupuk jiwa entrepreneur menjadi demikian penting di lingkungan siswa/I SMK agar  terbangun budaya kreatif. jadi, para lulusan SMK nanti tidak saja menggantungkan diri pada lapangan kerja, tetapi justru menciptakan lapangan kerja bagi orang lain”, Ungkap Pak Budi dalam pengantar diskusi kali ini.

Semua orang berhak menjadi wirausaha karena modalnya hanya kemauan untuk segera terjun memulainya dan kemudian belajar dari setiap dinamika dalam prosesnya”, demikian kalimat Bung Arsad meng-awali presentasinya di depan siswa/I SMK kelas X. Ada 2 (dua) hal yang melatarbelakangi  seseorang sukses, yaitu :   (i) memaksakan diri untuk maju dan; (ii) dipaksa keadaan untuk maju. Oleh karena itu, hendaklah setiap orang membangun kesadaran untuk merintis kesuksesan sejak awal sebelum keadaan yang memaksa untuk bergerak. Bergerak berbasis kesadaran seperti ini akan membawa pada capaian-capaian yang turus tumbuhkembang dan pada titiknya mencapai kesuksesan.


Dokumentasi Momen
Untuk dokumentasi momen pegelaran agenda bida klik di https://www.youtube.com/watch?v=Y-wxETyTEBc.Sementara itu,  untuk materi yang disampaukan disajikan berikut ini :














Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved