Dinas Koperasi & UKM Kab. Tegal Memantik Aselerasi Tumbuhkembang Koperasi Melalui Bimtek

Kamis, 20 Juni 20190 komentar


    Dinas Koperasi & UKM Kab. Tegal  
Memantik Aselerasi Tumbuhkembang Koperasi Melalui Bimtek


A. Pengantar

Ibu Sagitarina,SE, selaku penanggungjawab kegiatan, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun pemahaman dan sekaligus mengingatkan pentingnya AD/ART dalam koperasi . Disamping sebagai kekuatan hukum juga menjadi pedoman dalam pengelolaan organisasi.  Demikian juga halnya dengan SOP SOM yang perlu di susun dan dilaksanakan koperasi sebagai panduan dalam pengelolaan; penyelenggaraan pelayanan  yang efisien & efektif; dan juga antisipasi kelalaian dalam pengelolaan.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kab. Tegal, Ibu Dra Suspriyanti, MM mengawali sambutan dan arahannya dengan mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H  dan mohon maaf lahir & Bathin”. Selanjtnya beliau menandsakan bahwa keberhasilan koperasi sangat ditentukan kualitas manajemen pengelolaan. Untuk itu, beliau berharap koperasi-koperasi di Tegal bisa eksis dan tumbuhkembang serta menjadi rujukan. Sejalan dengan itu, koperasi harus meningkatkan kualitas manajemen organisasi dan usahanya. “Koperasi harus di kelola modern dan mencerminkan kekinian zaman sehingga koperasi bisa eksis, tumbuhkembang dan mendatangkan manfaat yang optimal bagi segenap anggotanya. Untuk itu,  melalui pelatihan ini diharapkan bisa menjadi pemantik semangat koperasi dalam  meningkatkan kualitas pengelolaannya dan berimbas pada peningkatan kesejahteraan anggota dalam arti luas”, Ungkap Beliau

Bimtek  ini tergelar pada tanggal 19-20 Juni 2019 dengan mengambil tempat di Aula Dinkop & UKM Kab. Tegal. Bimtek ini menghadirkan 80 (delapan) koperasi di wilayah Kabupaten Tegal. baik dari KSP maupun KSU. Untuk efektivitas, kelas dibagi menjadi 2 (dua) hari dengan masing-masing peserta 40 (empat) puluh koperasi. Ibu Drs Suspriyanti,MM, selaku Kepala Dinas Koperasi & UKM Kab Tegal bertindak selaku narasumber session I. Beliau mempresentasikan seputar arah dan kebijakan Dinkop & UKM Kab Tegal. Sementara itu, Muhammad Arsad Dalimunte yang juga Ketua Dekopinda Banyumas, mengisi session berikutnya. Beliau menyampaikan 2 (dua) materi, yaitu : (i) membangun iklim organisasi melalui implementasi AD/ART dan; (ii) membangun iklim usaha koperasi melalui penyusunan dan implementasi SOP SOM.

Antusiasme peserta mengikuti Bimtek kali ini menjadi energi tersendiri. Mereka begitu semangat dalam menyimak materi yang disampaikan dengan metode variatif. Sesekali terselip candaan ringan sekesar untuk mencairkan suasana dan me-refresh eneri dan konsentrasi. Dipenghujung, mereka berkomitmen untuk segera melakukan tindak lanjut hasil Bimtek di koperasi masing-masing dengan harapan terbangunnya iklim organisasi dan usaha yang lebih baik dan men-sejahterakan anggotanya.

B. Materi
Bagi para pembaca dan atau pegiat koperasi yang ingin membaca atau mempelajari materi yang disampaikan, bisa di dibaca di ling berikut ini :  
1.  Mendisiplinkan dan membangun iklim organisasi koperasi melalui AD/ART..klik disini
2. Membangun iklim usaha koperasi melalui SOP SOM ..klik disini  



Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved