“PEGELARAN SPEKTAKULER” LP MA’ARIF NU KAB. BANYUMAS DI PUNCAK HARLAH KE-89

Jumat, 21 September 20180 komentar


“PEGELARAN SPEKTAKULER” LP MA’ARIF NU KAB. BANYUMAS DI PUNCAK HARLAH KE-89

2500-in insan Maarif berkumpul di GOR Satria Purwokerto dalam rangka puncak Harlah Ke-89 Lembaga Pendidikan Ma'arif NU. Peringatan kali ini terkemas dengan sangat keren dengan memilih tempat di GOR Satria Purwokerto. Nuansa kebersamaan juga begitu terasa karena yang hadir bukan saja pengurus atau elite organisasi, tetapi juga  menghadirkan para kepala sekolah dan guru madrasah di lingkungan NU Kab. Banyumas.  

Pembacaan ayat suci nan merdu dari M. Ali Ma’ruf,S.Pd.I dan pengumandangan lagu Indonesia raya, Syubbanul Wathon, Shalawat badar dan Mars Ma’arif NU oleh Group Paduan Suara Gema Diva Suara dari SMA Ma;arif NU 1 Ajibaran, menjadi penanda dimulainya Acara Puncak Harlah ini.      

Dalam sambutannya, DR.Fauzi selaku Ketua LP Ma’arif NU Kab. Banyumas menyampaikan rasa bahagianya atas keterselenggaraan serangkaian acara dalam rangka Harlah ke-89 LP Ma’arif NU. Beliau juga tidak lupa menyampaikan terma kasih kepada panitia yang sudah bekerja keras untuk perhelatan keren ini. “Ma’arif... Jaya”...“Indonesia... Maju”..”semuanya...Berkah”, demikian yel-yel yang di pekikkan Sang Ketua dan iikuti ribuan peserta dengan penuh semangat dna suara lantang.

Mewujudkan lembaga pendidikan maarif di Banyumas sebagai Kenangga-an, menjadi kunci dan simbol spirit perjuangan LP-Maarif Kan Banyumas. Beliau juga menyampaikan beberapa pilar ngembangan LP Ma’arif NU Kab. Banyumas, antara lain; (i) Pilar aqidah; (ii) Pengembangan SDM; (iii) Ekonomi; (iv) Membangun Jaringan; (v) Manajemen bebasis teknologi. Pendampingan akreditasi juga dilakukan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di lingkar Madrasah LP Ma’arif.

"Membangun Sumber daya melalui LP Ma’arif  NU  adalah pesan para pendahulu NU yang harus kita wujudkan. Untuk itu, diharapkan kepada segenar unsur memberikan kontribusi dan support yang optimal sehingga cita2 besar ini mewujud dan selalu menjadi kebanggaan bersama”, ungkap beliau di ujung sambutannya.

Disamping momen silaturrakhmi segenap unsur organisasi dan stake holder, Puncak Harlah ke-89 juga di isi dengan beberapa agenda lainnya, yaitu: Launching website LP Ma’arif NU Kab. Banyumas; Launching Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Ma’arif Banyumas (SIMAS);  Peng-anuegrahan Ma’arif Award kepada guru-guru dan kepala sekolah teladan. Tidak ketinggalan, juga digelar apresiasi kepada para siswa/i yang sukses meraih prestasi tingkat nasional. Selain itu, Sekolah yang te-record sebagai yang tercepat dan kontribusinya lancar, komunikasinya cepat, juga diberi apresiasi khusus. Hal ini  sebagai bagian dari cara untuk memotivasi sekolah-aekolah lainnya untuk melakukan hal serupa. Tidak sampai disitu saja, Puncak Harah juga diisi dengan seminar yang menghadirkan nara sumber kawakan tingkat nasional.
yaitu Drs. KH. Z. Arifin Junaidi,MBA.   

Bapak H.Sabar Munanto,S.Ag,M.Pd.I, selaku Ketua PC NU Kab. Banyumas, dalam sambutan dan  arahannya menyampaikan apresiasi tinggi atas keterselanggaraan puncak Harlah Lp Ma’arif NU ke-89. “Ini pegelaran yang luar biasa dimana peserta yang hadir mencerminkan semangat dan persatuan insan-insan pejuang  Ma’arif NU Kab. Banyumas”, ungkap beliau yang disambut tepuk tangan segenap yang hadir .

Seanjutnya beliau menegaskan bahwa persoalan pendidikan jauh lebih rumit dari sekedar mengurai benang kusut. kalau mengurai benang kusut hanya memerlukan konsentrasi, pendidikan memerlukan lebih dari sekedar konsentrasi, tetapi juga penjiwaan dan kekompakan segenap yang terlibat dalam proses pendidikan itu sendiri. Beliau juga mengingatkan  agar dunia ini bisa tegak dan maju, maka harus ada kebebasan berfikir, menggunakan hati dan nurani sesuai dengan kalam Allah. Untuk itu, para guru perlu membebaskan kemiskinan dan kebodohan lewat pendidikan. Jangan sampai anak-anak masa depannya bermasalah karena kita salah dalam mengajarnya", pesan beliau sebelum mengakhiri sambutannya.

Melalui delegasinya, Bupati Banyumas menyampaikan selamat atas penyelengaraan harlah dan juga mengapresiasi tinggi capaian-capaian siswa/i di lingkungan Madrasah LP Ma’arif NU Kab. Banyumas yang sampai tingkat nasional. Beliau berpesan agar LP Ma’arif bisa melahirkan kader NU yang ndeles dalam arti cerdas, peka terhadap perkembangan zaman, respon terhadap perubahan, memiliki jiwa nasionalis dan sigap menangkal segala bentuk radikalisme. 

Haji Sahidin,M.Si, sekretaris LP Maarif NU Jawa Tengah, dalam sambutannya menyampaikan selamat dan sukses atas selebrasi Harlah yang sangat keren. “saya sangat senang mendapati kesuksesan LP Maarif Nu Kab. Banyumas dan berharap hal.ini meng-inspirasi kabupaten2 lain lebih bersemangat”, ungkap beliau meng-apresiasi kemegahan pegelaran. Beliau juga mengingatkan bahwa era industri 4.0 mendorong semua harus menyesuaikan dengan kemajuan teknologi dan kecanggihan komunikasi yang serba cepat. Untuk itu, LP Ma’arif harus cerdas menyesuaikan dengan perubahan zaman. Jika tidak, LP Ma’arif akan tertinggal jauh.  Di penghujung, beliau selaku pengurus Wilayah LP Maarif Jateng memberikan tambahan apresiasi kepada para peraih prestasi tingkat nasional. Tepuk tanganpun kembali memenuhi ruangan saat beliau memberikan apresiasi tambahan kepada para Sang Jawara.  

Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved