Ketika Diksar Tergelar Dengan Cita Rasa Millenial di Kopma Unsil tasikmalaya

Jumat, 28 September 20180 komentar


Sabtu, 29 September 2018, Kopma Unsil (Koperasi Mahasiswa Universitas Siliwangi) menggelar Pendidikan dasar Perkoperasian yang diikuti oleh 373 orang yang terdiri dari 362 orang anggota baru Kopma Unsil dan 11 orang daru Universitas Perjuangan.  Agenda digelar di Kampus Unsil tasikmalaya, tepatnya di Auditorium Mandala.
 Ini satu perhelatan keren, baik dari sisi penyelenggaraan yang terkonsep dengan apik maupun dari cara
mengemasnya dengan cita rasa kekinian nan kental. Pegelaran jauh dari kesan kaku dan keceriaan hadir disetiap agendanya.  Spirit milenial terasa begitu nyata disepanjang acara. Nuansa entertain berhasil memantik dan menjaga spirit dan mood  segenap peserta. “Meng-galaksi bersama koperasi” dipilih menjadi yel-yel penyemangat yang diteriakkan peserta setiap kali pembawa acara memantik spirit.
 Redaksi sempat mengikuti session perkenalan pengurus dan pengawas. Session ini berlangsung dengan gaya milenial tanpa menghilangkan substansi sosialisasi, baik pengurus maupun pengawas.  Sambutan tepuk tangan anggota menyertai langkah setiap pengurus dan pengawas saat memasuki  ruangan dengan penuh senyuman penuh keceriaan.
 Ada hal menarik dicermati saat session perkenalan, disamping kerapihan
penampilan pengurus dan pengawas lengkap dengan seragam khas-nya, juga terlihat tingkat percaya diri yang luar biasa. Hal ini mencerminkan kekompakan dan juga bsa menjadi indikator keberhasilan pendidikan yang tergelar di lingkungan Kopma Unsil. Tak sampai disitu, tampilan ragam unit layanan Kopma Unsil sampai hari ini memperkuat kesimpulan itu, seperti toko, kantin, kios mahasiswa, kopma centre, gudang. Sepertinya tak berlebihan berkesimpuan  bahwa Kopma Unsil mulai menemukan titik efektivitas penyelenggaraan pendidikan. Hal ini patut di apresiasi mengingat sampai hari dini duni koperasi di Indonesia masih memiliki PR besar, yaitu membangun relevansi Pendidikan dan Pertumbuhan perusahaan. Apabila hal ini mewujud, maka “pendidikan anggota” bukan identik dengan “biaya”, tetapi investasi pemebtukan captive market  (pangsa pasar tertutup) yang menjadi modal terpenting koperasi dalam mempertahankan dan menumbuhkembangkan perusahaannya. Saat hal ini mewujud, maka dipastikan anggota akan mendapat manfaat berkelimpahan.  
 Catatan lain dari Kopma Unsil ini juga sukses besar sebagai tuan rumah event nasional yang di gelar oleh FKKMI (Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia) pada tanggal 11-16 september 2018, yaitu  Jambore Kopma Nasional yang  ke-7 yang diikuti oleh delegasi dari kopma-kopma 55 Universitas di Indonesia. Acara ini di buka dan ditutup oleh pejabat Kementrian Koperasi dan UKM RI.


Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved