KETIKA KARYA KOLEKTIF SISWA/I AL IRSYAD MEMBAHAGIAKAN PARA MUSTAHIK

Rabu, 22 Agustus 20180 komentar

KETIKA  KARYA KOLEKTIF SISWA/I AL IRSYAD MEMBAHAGIAKAN PARA MUSTAHIK

Hari Raya Idul Fitri 1439H kali ini, redaksi berkesempatan mengikuti perjalanan Tim Tebar Qurban SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 ke Dusun Wadesmalang, Desa Karangnanas, Kec. Sokaraja, Kab. Banyumas. Tim dipimpin oleh Ustadz Supriyanto beranggotakan ustadz awan, Ustadzh Asih dan Ustadzah Ifah dan Bunda M.Daviano Dalimunte mewakili orang tua/walimurid.Secara keseluruhan, tahun ini SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto menebar hewan qurban di 13 (tiga belas) titik untuk wilayah Banyumas.

Pada tahun 2018/1439H ini, sekolah-sekolah di lingkungan Al Irsyad mulai dari level Paud sampai SLTA sukses  menyelenggarakan pemotongan hewan qurban dalam jumlah yang sangat fantastic, yaitu 329 ekor kambing dan 75 ekor sapi. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, penyembelihan di laksanakan di beberapa titik di wilayah Kab. Banyumas. Disamping lebih mendekatkan diri pada kelompok penerima daging qurban  (baca: mustahik), titik pelaksanaan yang menyebar juga simaksudkan
sebagai bagian dari syiar Islam dan disemangati oleh spirit ukhwa, solidaritas dan kesetiakawanan yang terkandung dalam idul adha. 

Dalam hal pendistribusian hewan qurban, ada hal khusus di tahun ini dimana 10 (sepuluh) ekor  sapi sengaja dikirim ke Lombok. Hal ini  sebagai bagian dari bentuk empati atas bencana gempa yang melanda dan pasti menyisakan duka mendalam bagi masyarakat disana, seperti kehilangan tempat tinggal, terpisah dengan sanak saudara, dan lain sebagainya.  

Dalam sambutannya, Ustadz Supriyanto menyampaikan bahwa kehadiran Al Irsyad kali ini merupakan bagian dari bentuk syiar dan sekaligus meningkatkan ukhwa Islamiyyah. Disamping menyerahkan hewan qurban yang akan disembelih dan akan dibagikan kepada seluruh warga, beliau juga menghimbau segenap warga yang hadir untuk meningkatkan keimanan dan keislamannya, termasuk dalam menunaikan sholat berjama’ah di mushola atau mesjid. Sekilas tentang program qurban, Ustadz Supriyanto menjelaskan bahwa sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, hewan qurban ini merupakan hasil tabungan harian segenap
siswa/i yang berasal dari penyisihan sebagian dari uang saku mereka di setiap harinya. Alhamdulillah, untuk tahun ini total tabungan qurban siswa/i khususnya di lingkungan SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto menghasilkan hewan qurban sejumlah 13 (tiga bekas) ekor sapi dan 35 (toga puluh lima) ekor kambing.

Sementara itu, ketua RT grumbul wadas malang menyampaikan apresiasinya atas program tebar qurban yang dilaksanakannoleh SD Al Irsyad Al Islamiiyah 02 Purwokerto. Beliau mendoakan semoga keberkahan senantiasa hadir di segenap siswa/i yang
senantiasa menempah diri dengan amalan yang menguatkan keislaman dan keimanannya,  khususnya dalam berqurban. Ini merupakan ketauladanan yang luar biasa.  Selanjurnya, atas nama segenap masyarakat, beliau menyampaikan terima kasih telah dijadikan sebagai salah satu titik penyelenggaraan qurban dan berharap program semacam  ini akan menyemangati segenap warganya untuk mulai menyisihkan sebagian rezeki sehingga bisa berqurban di tahun berikutnya.

Setelah serah terima dilakukan, akhirnya penyembelihan 1 (satu) ekor itu pun dilaksanakan oleh segenap panitia lokal yang melibatkan seluruh warga. Allahu
akbar..Allahu akbar..Allahu Akbar..demikian kumandang takbir berjamaah seluruh warga saat sapi itu disembelih pada lobang yang sudah disiapkan.

semoga berkah dan pegelaran program ini efektif sebagai pemantik peningkatan keimanan, keislaman, ukhwa,solidaritas, kesetiakawanan dan kepedulian. Aamiin Ya Robbal 'Alamiin.
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved