Apresiasi Terhadap Dedikasi dan Karya Spektakuler Sang Pengajar, Ustadzah Sumintarsih,MPd

Selasa, 10 Juli 20180 komentar


Apresiasi Terhadap Dedikasi  dan Karya Spektakuler Sang Pengajar, 
Ustadzah Sumintarsih,MPd

SMP Al-Irsyad Purwokerto , Perjalanan menuju sekolah unggulan” dan “ Ada Bioskop Di Sekolah”, merupakan 2 (dua) buku inspiratif dan meng-energi. Kedua buku ini merupakan karya Ustadzah Sumintarsih, MPd, seorang pengajar di SMP Al Irsyad Al islamiyyah Purwokerto. Beberapa tulisan lain beliau juga pernah dimuat di Kompas Jawa Tengah dan Harian Suara Merdeka. Tak sampai disitu saja, beliau juga  adalah penulis tetap dan sekaligus editor kebahasaan majalah Pendidikan Remaja Muslim Al Irsyad Al  Islamiyyah Purwokerto  

2 (dua) buku keren ini tidak saja men-cirikan concern dan kepiawaian beliau dalam urusan tulis menulis, tetapi menandaskan sebuah dedikasi terhadap profesi dan melibat secara aktif dalam  membentuk kualitas generasi, khususnya di lingkar Al Irsyad Al Islamiiyah Purwokerto. 

Ini sebuah wujud komitmen yang nyata bagaimana sebuah profesi seharusnya dijalankan. Karya ini merupakan buah penjiwaan dari seorang pendidik atas segala hal yang dikerjakannya demi memajukan dunia pendidikan dan kualitas peserta didik.

Buku “SMP Al-Irsyad Purwokerto , Perjalanan menuju sekolah unggulan”, yang merupakan buku perdana beliay, mengkisahkan perjuangan panjang yang tidak kenal lelah tentang bagaimana membangun sebuah karya. Disana ada pengorbanan luar biasa, pergulatan rasa, pertarungan ego, semangat yang terkadang diluluhlantahkan ragam keterbatasan dan kenyataan yang kurang berpihak dan ragam dinamika yang mengikuti perjalanan dari waktu ke waktu. 

Mengingat penulis terlibat langsung dalam proses perjalanan SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto sejak tahun 2000, tulisan dalam buku ini pun terasa begitu meng-energi dan penuh penjiwaan. Buku ini berpesan tegas bahwa tidak ada yang mudah dalam berjuang. Buku ini juga memberi keyakinan tak terbantahkan bahwa tidak ada hasil yang menghianati proses. Hal ini terlihat bagaimana hari ini Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menjadi sekolah pavorite dan didolakan serta menjadi kebanggaan. Begitu banyak orang tua begitu menginginkan putera/i nya berkesempatan bersekolah di sini. Percaya diri setiap siswa/i dikesehariannya juga menggambarkan betapa bahagianya mereka menjadi bagian dari keluarga besar Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Kalau buku pertama menggambarkan bagaimana jejak juang Yayasan, menajemen dan segenap Ustadz-Ustadzah saling bahu membahu dalam membangun Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto,  buku Kedua berjudul “Ada Bioskop DI Sekolah”  memberi gambaran tentang perjuangan pribadi penulis dan juga seputar dinamika yang dialaminya dalam proses pemelajaran yang berlangsung di lingkungan SMP Al Irsyad. 

Dalam buku ini dijelaskan bagaimana penulis berjuang keras dalam  menjalankan multy peran peran dikeseharian hidupnya, sebagai seorang istri, seorang ibu dan juga seorang guru. Sungguh apa yang dilakukan penulis tak mudah, namun begitu banyak ketauladanan yang inspiratif dan layak dicontoh tersaji dalam testimoninya. Buku ini juga menandaskan kembali bagaimana LPP, Manajemen dan para Ustadz-Ustadzah berproses membangun karya monumental demi melahirkan kepercayaan masyarakat melalui penyajian satu institusi sekolah yang memang layak diunggulkan dan dibanggakan. Tak ketinggalan, buku ini juga mengggambarkan ragam aktivitas kreatif segenap siswa/i SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.  

2 (dua)  buku keren ini sungguh inspiratif dan hanya bisa lahir dari seseorang yang memiliki integritas dan semangat mendididik yang tak terbatas. Ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang menjiwai setiap apa yang dikerjakan serta memiliki pandangan luas nan bijak atas segala dinamika yang tidak selalu sepenuhnya seperti asa. Saya meyakini, buku ini akan mendatangkan motivasi dan juga pesan bagi pembacanya tentang “bagaimana seharusnya hidup dijalankan agar memiliki makna bagi sesama”. Setiap orang pasti akan memperoleh hikmah ketika membaca buku ini dan kemudian meng-energinya untuk melahirkan kebaikan-kebaikan baru yang juga akan meng-inspirasi kebaikan-kebaikan berikutnya bagi sekitar.

Salam hormat dan kagum terhadap Sang Penulis, semoga 2 (buku) super keren ini menjadi pemantik sang penulis untuk melahirkan karya-karya keren nan inspiratif berikutnya.



purwokerto, Juli 2018
Apresiasi  dari Penikmat karya
Sang Penulis Keren, ustadzah Sumintarsih, MPd        
        

Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved