KETIKA HALAL BI HALAL & RAKOR PC NU KAB. BANYUMAS MENJADI SATU

Jumat, 29 Juni 20180 komentar


PC Ma’arif NU menggelar agenda Halal Bi Halal Ba’da  Jum’at  di tangga 29 Juni 2018. Agenda yang juga dimanfaatkan untuk rapat koordinasi ini tergelar di  Kator PC NU Kab Banyumas dan diikuti oleh  unsur organisasi Ma’arif, yaitu pengurus dan pengawas.  Jumlah   yang hadir di siang itu sekitar 40 (empat puluh)  orang.

Setelah didahului dengan makan siang, halal Bi halal pun digelar. Satu sama lain bersalam-salaman sambil menyampaikan permohonan maaf lahir & bathin. Raut wajah penuh sumringah terpancar dari para "pemohon dan sekaligus pemberi  maaf" yang hadir di siang itu.  

Rakor ini merupakan bagian dari tindaklanjut Rakercab yang  tergelar beberapa waktu lalu di Hotel Java Heritage. Rakor ini manifestasi dari keinginan kuat segenap pengurus PC Ma’arif NU Kab Banyumas membangun dan menyajikan layanan terbaik kepada segenap stake holder madrasah di lingkungan Ma’arif NU Kab. Banyumas”, demikian disampaikan pimpinan PC NU Kab Banyumas, Dr.Fauzi, M.Ag  di awal sambutan dan arahannya.

Sampai hari ini kegiatan pemelajaran di lingkungan madrasah Maarif NU Banyumas masih libur, namun seluruh madrasah sedang disibukkan dengan agenda  penerimaan peserta didik baru. Untuk mensukseskan agenda ini, Dr.Fauzi berpesan agar semua unsur sengkuyung dan saling bahu membahu, sebab hal ini bukan saja tentang memenangkan persaingan dengan sekolah lain, tetapi juga bagian dari syiar Islam, khususnya dalam membentuk  sebuah generasi  yang akan melanjutkan perjuangan islam .

Sejalan dengan itu, PC NU Ma’arif juga perlu terus melakukan langkah-langkah komprehensif peningkatan kualitas semua proses di lingkungan madrasah agar terbangunan trust (kepercayaan) masyarakat untuk men-sekolahkan putera/i nya di Ma’arif. “ Ma’arif harus melakukan langkah-langkah smart agar madrasah-madrasah dilingkungan Ma’arif terpercaya dan menjadi priorita”,. Untuk itu, Ma’arif perlu concern memenuhi indikator-indikator kualitas sehingga memenuhi standar akreditasi  A. PC Maarif juga perlu membangun kekuatan dan sekaligus pembeda dengan sekolah-sekolah lainnya, sehingga masyarakat memiliki alasan yang membanggakan untuk men-sekolahkan putera/i nya di ma’arif”, ungkap Sang Ketua PC Ma’arif,Dr.Fauzi.

Hari ini, mayoritas sekolah cenderung concern pada pembangunan sarpras sehingga memungkinkan terabaikannya hal-hal lain yang juga tak kalah pentingnya, seperti kualitas proses pemelajaran, peningkatan kualitas tenaga pendidik dan lain sebagainya. Berkaitan dengan hal tersebut, PC Ma’arif NU Kabupaten Banyumas akan melakukan beberapa upaya yang antara lain:
1.    Men-segerakan Rapat kurikulum. Lagkah ini juga untuk memastikan setiap madrasah siap untuk menyelenggarakan proses pemelajaran di madrasahnya masing-masing.
2.     Men-segerakan penyelesaian pedoman rekrutmen guru dan kepala sekolah juga. Hal ini akan menjadi panduan dalam pengambilan keputusan rekruitmen. Dengan demikian, setiap penerimaan guru dan pengangakatan kepala sekolah didasarkan pada prosedur standar. Hal ini juga menjadi pondasi dasar dalam membangun kualitas pelayanan dan output madrasah di lingkungan Maarif NU Kab. Banyumas.
3.  Menggelar Pendidikan dan Pelatihan guru dan Kepala Sekolah sebagai tindaklanjut rekruitmen.
4.     Dalam rangka mempermudah akses informasi  dan juga quality control aats proses, PC Ma’arif akan segera menyelesaikan SIMAS (Sistem Informasi Manajemen Ma’arif Banyumas.
5.    PC Ma’arif NU juga akan men-segerakan penyelesaian website. Disamping sebagai media promosi, website ini juga wadah strategis dalam meng-edukasikan/meng-campaign  nilai-nilai perjuangan Ma’arif NU.     

Berkaitan dengan bidang keuangan, PC Ma’arif NU Kab. Banyumas juga melakukan modernisasi alur pengelolaan keuangan yang dimulai dengan pembentukan rekening atas nama PC NU Kab. Banyumas. Hal ini  dimaksudkan untuk mempermudah dalam hal collecting dana maupun dalam hal control dan pengendalian pemanfaatan.  

Koperasi harus hidup dan bukan hanya sebatas menyelenggarakan simpan pinjam. Untuk itu, koperasi perlu mengembangkan gagasan-gagasan besar sehingga keberadaannya lebih meluaskan manfaat, baik bagi angggota maupun PC Ma’arif NU. Sebagai bentuk supporting, Maarif NU mendorong semua program pengadaan apapun di madrasah-madradah di lingkungan  ma’arif diselenggarakan melalui koperasi.  Demikian juga halnya dengan para vendor yang selama ini berhubungan langsung dengan pihak madrasah diarahkan untuk berkomunikasi langsung dengan koperasi.  Berkaitan dengan hal tersebut, setiap kali koperasi berkomunkasi dengan madrasah, PC Ma’arif  NU Banyumas akan menyertai dengan  surat pengantar resmi  Dalam semangat yang demikian, koperasi perlu segera menyusun prototype pengembangan  yang menjelaskan secara gamblang langkah dan arah pembangunannya. Sebagai mimpi awal, 2 -3 tahun koperasi mampu mencetak omzet sekitar Rp 1 M/tahun”, demikian arahan ketua PC Ma’arif NU berkaitan dengan bidang ekonomi, khususnya koperasi.   
Pembahasan Hari Ulang Tahun Ma’arif NU Kab. Banyumas  yang jatuh pada tanggal 19 September nanti menjadi agenda terakhir Rakor kali ini.  Berkiatan dengan Harlah, akan digelar serangkaian kegiatan antara lain; peng-anugerahan guru teladan yang penilaiannya diserahkan kepada pengawas Maarif NU Banyumas; launching web dan SIMAS (Sistem Informasi Manajemen Ma’arif Banyumas; dan lain sebagainya. Untuk men-sukseskan agenda Harlah ini, PC Ma’arif NU membentuk satu kepanitiaan.

Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved