LP MA’ARIF NU KAB. BANYUMAS MENGGELAR RAPAT KERJA CABANG

Senin, 14 Mei 20180 komentar


LP MA’ARIF NU KAB. BANYUMAS MENGGELAR RAPAT KERJA CABANG
 

Selasa, 15 Mei 2018, LP Ma’arif NU menggelar Rapat Kerja Cabang dengan mengambil tempat di meeting room Hotel Java Heritage sejak pagi sampai sore hari.  Bung Rohman selaku ketua panitia menyampaikan bahwa Rapat Kerja Cabang atau merupakan merupakan forum tertiggi ditingkat kab yang diadakan minimal 1 kali dalam satu periode keepngurusan. Agenda ini dihadiri oleh Ketua PC NU Kab. Banyumas, seluruh Pengurus  LP Ma’arif  NU Kabupaten Banyumas, seluruh kepala madrasah dari tingkat MI/SD  sampai dengan SLTA/SMK, Ketua MWC  Ma’arif  Se-Kabupaten  Banyumas dan tidak ketinggalan juga dihadiri oleh para senior dan sesepuh LP Ma’arif NU Kab. Banyumas.


Pimpinan Cabang LP Ma’arif  NU Kab. Banyumas, Bapak Dr. Fauzi,MPd dalam  sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap dimulai acara ini relatif tepat waktu. Hal ini menjadi modal penting untuk lebih memajukan Ma’arif  NU  Kab Banyumas di berikutnya.  Dipenghujung, beliau  menyampaikan bahwa madrasahmadrasah di lingkungan maa’rif  memiliki potensi yang luar biasa. Oleh karena itu, madrasah-madrasah di dorong menjadi titik kekuatan dalam membangun SDM unggul dan berdaya saing berkualitas di lingkungan NU.


Pimpinan PC NU Kab Banyumas, Bapak H.Sabar Munanto, dalam sambutan dan arahannya menegaskan bahwa salah satu  indikator  efektivitas pendidkan adalah keterbanguan adab.  Secara detail beliau mengutarakan 3 (tiga) tiga tujuan besar pendidikan, yaitu : (a) membangun ke-imanan  sehingga menyembah Allah dan tidak mempersekutukannya; (b) menyempurnakan akhlak sehingga memiliki perilaku yang mulia ; (c) berilmu,  meningkatkan ilmu pengetahuan. Di penghujung, beliau menyampaikan satu kutipan yang sangat inspiratif,  seseorang itu tidak akan kokoh dalam eksistensi keilmuannya kecuali diuji  dengan 4 (empat) hal, yaitu;  di olok-olok oleh musuh, dijelek-jelekkan teman dekat, di celah orang-orang bodoh dan dihasuti/ di dengki-in oleh orang-orang pandai”


Rakercab ini dimaksimalkan sebagai momentum strategis konsolidasi organisasi yang berujung pada perumusan arah dan agenda kerja lembaga. Disamping itu, forum ini juga dimanfaatkan untuk men-sosialisasi berbagai kebijakan di bidang  pendidikan dan sekaligus sosialisasi program kerja lembaga.   Spirit juang  dan cita-cita besar  LP Ma’arif  Kab. Banyumas  terangkum dalam visi organisasi, yaitu; “ menjadi pusat pengembangan pendidikan yang mandiri, berkualitas dan profesional dalam bingkai faham Islam Ahlussunnah Waljama’ah”. Sementara itu, “aku bangga sekolah di ma’arif NU”, menjadi semacam inspirasi energi yang terus didengungkan ke segenap warga masyarakat khususnya para Jama’ah NU  untuk ber-sekolah di lingkungan Maarif.  
  

Sebelum agenda rakercab dimulai, seluruh peserta terlebih dahulu mengikuti agenda sosialisasi kebijakan yang langsung disampaikan oleh Pak Purwadi,MSi selaku Kepala  Dinas Pendidikan Kab. Banyumas dan Pak Imam Hidayat, MPd selaku Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Banyumas. Dalam presentasinya,  Pak Purwadi    berharap  LP Ma’arif   beserta para pendekar nya bisa berkembang, berpartisipasi optimal dan men-trigger  pendidikan dan pembentukan karakter .  Pendidikan Indonesia itu berbasis olah rasa, budi pekerti dan ilmu pengetahuan”, tegas beliau dalam presentasinya.  Di penghujung, beliau menyampaikan bahwa “kesabaran merupakan kunci pendidikan dan  kunci pendekatan scientific adalah kreatifitas”. 


Sementara itu, Bapak Imam Hidayat selaku Kepala Kantor Kemenag Kab. Banyumas, dalam presentasinya menyampaikan bahwa dalam hal mewujudkan mimpi besar ma’arif yang unggul, beliau menyarankan  3 (tiga) kunci : (i)  adanya komiten kebersamaan; (ii) komitmen keberhasilan; (iii) komitmen untuk menjadi yang terbaik.  Beliau juga menyampaikan komitmen untuk mendukung program-program yang akan diselenggarakan oleh LP Ma’arif NU Kab. Banyumas. Beliau juga menyatakan terbuka untuk diajak diskusi dan tukar fikir untuk kemajuan madrasah-madrasah di lingkungan Ma’arif NU Kab. Banyumas. “Madrasah harus hebat dan madrasah harus bermartabat”, tandas beliau menyemangat segenap peserta Rakercab. 

Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved