Dinkop Jateng Menggelar Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Koperasi

Rabu, 18 April 20180 komentar

A. Prolog


Dinkop & UKM Pemprov Jateng menggelar satu acara Bintek Penguatan Kelembagaan dengan mengambil tempat di Hotel COR Purwokerto. Bintek ini diikuti oleh sekitar 50 koperasi-koperasi di lingkungan Eks Karasiden Banyumas, seperti Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap dan Banyumas. Mayoritas peserta yang hadir berasal dari KSP dan sebagian  dari KSU. Mereka merupakan koperasi yang tergolong baru sehingga dipandang perlu untuk melakukan penguatan kelembagaan sehingga lebih berpeluang tumbuh & kembang ke depannya. 

Beberapa narasumber pun dihadirkan dan salah satunya adalah Ketua Dekopinda Kab. Banyumas, Muhammad Arsad Dalimunte.  Beliau membawakan 2 (dua) materi, yaitu tentang Jati Diri Koperasi dan penguatan kelembagaan dari sisi anggota. 

Pada session Jati Diri, Bung Arsad menekankan bahwa koperasi adalah "kumpulan orang yang men-cerdaskan". Untuk itu, semua unit layanan produktif yang diselenggarakan koperasi hendaklah bernilai edukatif dan motivasional. Bung arsad menekankan koperasi itu bukan tentang putaran uang, tetapi fokus pada pembangunan orang-orang di dalamnya.  

Sementara itu,  pada session penguatan kelembagaan, Bung Arsad mengangkat dari sisi anggota yang nota bene adalah populasi mayoritas dalam koperasi. Mereka juga adalah pemilik koperasi dan berposisi sebagai subyek & sekaligus obyek pembangunan koperasi itu sendiri. Beliau juga menekankan "penyelenggaraan pendidikan" adalah kunci dalam membangun kecerdasan anggota. Dengan kata lain, luas kebermanfaatan berkoperasi sangat tergangung dari terbangunnya kecerdasan anggota dan kolektivitas seluruh unsur organisasi di lingkar koperasi. 


B. materi
Berikut disajikan slide materi yang disampaikan oleh Bung Arsad pada bintek kali ini:
B,1, Materi Jati Diri Koperasi






B.2. Materi Penguatan Kelembagaan dari Perspektof Anggota







Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved