MAHASISWA PKPA : MEMBANGUN KEJELASAN DIKETIDAKJELASAN

Kamis, 01 Juni 20170 komentar

MAHASISWA PKPA : MEMBANGUN KEJELASAN DIKETIDAKJELASAN


A.  Pegelaran kuliah

Siapa yang bisa memastikan bahwa anda besok masih hidup?.  Siapa pula yang bisa menjamin bahwa hidup anda berkesudahan nanti malam?”. 2 (dua) tanya ini menjadi cara awal menjelaskan bahwa sesungguhnya kejelesan terletak pada ketidakjelasan itu sendiri. Artinya, dibalik kecerdasan akal manusia dalam merancang atau merencanakan segala sesuatu, masih ada Tuhan yang Maha Kuasa dan berhak menentukan segala sesuatunya.

Parafgraf diatas menjadi awalan sesi kuliah motivasi yang diikuti seluruh mahasiswa peserta PKPA yang sedang melaksanakan praktek di RSUS Prof.Margono Soekarjo Purwokerto. Mereka berjumlah sekitar 45-an dan berasal dari beberapa kampus di lingkungan DIY dan Jawa Tengah, yaitu : Kampus UAD Yogya, UII Yogya,  USB Solo, STIFAR Semarang dan UMP Purwokerto.  Kuliah di gelar di Ruang Diklit RSMS, tepatnya sore hari dari jam 14.00 wib sd 16.30 wib. 

Ini merupakan sesi kuliah motivasi yang sangat tidak mudah sebab dilakukan sore hari dan mayoritas peserta dan narasumber juga sedang menjalankan ibadah puasa. Namun, situasi semacam ini pun menjadi tantangan tersendiri bagi narasumber dan juga peserta. Bahkan, hal ini  diyakini akan lebih berkah mengingat kuliah tergelar di Bulan Suci Ramadhan.

Alhamdulillah..proses  kuliah sukses berlangsung sama jam 16.30-an dan selingan tawa sering memecah suasana hening dan perjuangan berat melawan kantuk efek dari puasa.


Dipenghujung sesi kuliah, seluruh peserta diberikan 2 (dua) pertanyaan yang jawabannya melalui email dalam durasi waktu 1x24 Jam, yaitu :
1.  Menurut anda, pentingkah kuliah semacam ini untuk melatihkan para Apoteker dalam hal membangun bargainning position?
2.  Apa yang ada rasakan menjadi peserta dari kuliah ini?


B.  Matrik Materi



C.     Menilik Respon Perserta Kuliah

1.Penting karena dapat menjadi motivasi/dorongan bagi mahasiswa pkpa sebagai bekal untuk masa depan
2.Kesan untuk perkuliahan ini adalah sangat perlu untuk dilaksanakan
@siti fadilah: thanks atas responnya, sukses selalu dan semoga senantiasa dalam lingkar kasih sayang Tuhan..amin.. 

1. kuliah seperti ini sangat penting selain untuk motivasi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri
2. Sangat senang dengan materinya. Saya tidak mengatakan bapak sebagai mario teguh ke 2 tetapi bapak punya cara sendiri tuk memotivasi orang. 
Terima kasih
@ haerunnisa : terima kasih telah menjadi bagian dari barisan peserta...semoga menjadi lebih percaya dan terbnagun tekad membangun perbedaan2 baru yang mencerahkan dan mencerdaskan banyak orang...Sukses Selalu Ya 

Kuliah ini penting. Yg saya rasakan saya menjadi cukup termotivasi 
@ Rizki : thanks atas responnya..sukses selalu dan terus bersemangat

1. Kuliah ini penting.  Karena dapat meningkatkan rasa percaya diri,  Mendorong semangat dan berfikir positif serta berani melakukan perubahan yang lebih baik dengan cara yang berbeda
2.  saya merasakan semangat,  tantangan dan berfikir bagaimana planning hidup ke depannya.  Terima kasih atas kuliahnya
@ Hani : thanka atas emailnya, semoga semakin bersemangat mengembangkan fikiran2 positif dan berkeberanian melakukan perubahan. Tentang hari esok..tak perlu menjadi kekhawatiran. Yang terpenting adalah memanfaatkan waktu yang tersaji dan bakat serta ilmu pengetahuan yang melekat...

1. Menurut saya kuliah  kuliah seperti ini sangat penting untuk mahasiswa PKPA.  
2. Dengan materi yang ringan mudah dimengerti membuat mahasiwa mengerti bahwa untuk mencapai suatu posisi dalam pekerjaan setelah melanjutkan study tidak hanya diperlukan data2 dari akademik, namun pengalaman atau setelah diberikan pengalaman mengenai bagaimana cara mencari posisi dalam suatu pekerjaan menjadikan diri kita menjadi lebih bernilai dalam memilih pekerjaan. Jadi, calon pekerja dapat memilih pekerjaan yang yang sesuai dengan salary yg diinginkan atau kesepakatan antara pemberi jasa dan penerima jasa dengan memaksimalkan potensi kerja yang dimilikinya.. selain itu hal penting yang harus kita ketahui yaitu keyakinan yg kita miliki atau yang kita tanamakan dari awal dapat mempengaruhi pikiran selanjutnya pikiran dapat mempengaruhi tindakan, dari tindakan tersebut akan mempengaruhi hasil yang akan dicapai. Olehnya itu saya pribadi berharap bahwa ada suatu mata kuliah yang dapat memberikan pelajaran seperti ini untuk dapat meningkatkan kualitas diri kita dalam penerimaan atau penawaran pekerjaan.
@ Nurdewi : thankas atas emailnya dan terima kasih juga support dan daya dukungnya terhadap penyelenggaraan kuliah semacam ini. Sukses selalu dan mohon perkenan untuk saling mendoakan...amin 

o   kuliah semacam ini penting bagi calon orang yang akan mencari kerja
o   awalnya merasa aneh bingung dengan arah perbincangan. Bingung materi yang akan diungkapkan. Pemberi materinya sih enak gak bikin kantuk tapi bikin deg-degan. Setelah selesai perkuliahan kesannya bingung menetapkan keyakinan. Karena sesuai materi kemarin awal dari segalanya adalah keyakinan dalam hati
@ depridar: thanks atas emailnya dan mohon maaf dah buat degdegan..tetapi seneng membaca di kalimat terahir karena anda menemukan pesan atas pegeran kuliah ini. SUkses selalu dan mohon berkenan saling mendo'akan.....amin. 

Assalamualaikum wr. Wb. Kuliah semacam ini PENTING. Dapat memaknai hidup dengan menanamkan jiwa kesuksesan dengan keyakinan dan pengolahan pikiran yang di alirkan melalui tindakan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan di dasari rasa syukur   Nothing is impossible, you can do it, if you trust yorself.
@ Rachmad..thanks atas emailnya dan senang bisa mendapati semangat rachmad untuk menjadi pengusaha..sukses selalu dan mohon perkenan untuk senantiasa saling mendoakan...amin..

Pendidikan atau kuliah motivasi menurut saya perlu diadakan, khususnya untuk para apoteker muda, dimana kuliah ini dapat membantu membentuk jati diri, nilai jual dan khususnya membangun rasa percaya diri bagi seorang apoteker muda. Karena menurut saya(yg saya rasakan pribadi) sebagai apoteker kurang mempunyai rasa percaya diri, saya bangga jadi apoteker. bisa mengatakan demikian, tetapi action nya kurang bahkan tidak ada. 
Dengan adanya kuliah motivasi diharapkan juga ikatan apoteker Indonesia smakin kuat dan solid, saling mendukung dan bersatu, sehingga nantinya dunia farmasi bisa lebih maju dan lebih dekat dg masyarakat, seperti tenaga kesehatan lainnya. 
Terkadang suka iri dengan IDI(ikatan dokter indonesia) yg bisa begitu kuat dan bersatu. Ada satu dokter yg melakukan kesalahan smua dokter Indonesia mogok dan berdemo. 

Yang saya rasakan saat mengikuti kuliah adalah excited, karna sudah lama tidak mendapatkan itu, terakhir dpt pendidikan motivasi hidup waktu mau menghadapi ujian nasional SMA. 
Menurut saya pribadi pendidikan ini sangat berpengaruh terhadap semangat belajar saya waktu itu. Dan jdi lebih tertarget..
Dari kelas kuliah ini saya meyakini bahwa tidak ada yg tidak mungkin, jika kita mau berusaha. 
@ Layla " thanks sudah ber-email dan respon layla menunjukkan daya dukung atas pegelaran kuliah semacam ini, Semoga bisa membuat layla lebih bersemangat untuk menatap hari esok yang lebih cerah. Ingat...guru motivator terbaik adalah diri sendiri...oleh karena itu, mulailah membangun percaya diri dengan men-syukuri segala pemberian Tuhan dalam bentuk men-daya gunakannya ke dalam hal2 bijak dan bermakna luas. SUkses selau dan mohon berkenan saling mendoakan...amin

·         Ya, perlu.
·         Termotivasi, asik, menyenangkan
@ Gina..thanks atas responnya yang singkat, padat dan sarat makna...Semangat...!!!!

  • Penting karena dapat memotivasi mahasiswa agar lebih percaya diri
  • Termotivasi karena materi yang di sampaikan cukup baik
@ Imam : trims atas emailnya dan juga daya dukungnya atas pegelaran kuliah semacam ini. Sukses selalu….

  • Ya
  • Senang dapat kuliah ini karena dapat memotivasi pribadi saya utk bekal menghadapi dunia kerja ke depan.
@ rahmi : trims atas emailnya dan jugadaya dukungnya terhadap pegelaran kuliah ini. SUkses selalu dan senantiasa bersemangat..AMinn

  • SANGAT PENTING
  • Pemberian motivasi seperti sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri kita untuk mewujudkan mimpi yang di dasari usaha dan doa.
@ Bung Simbolon....terima kasih atas email dan apresiasinya..sukses selalu dan tetep semangat mewujudkan mimpi....


1. Ya
2. Saya merasa termotivasi karena sebagai bekal yg dapat diterapkan dalam kehidupan kerja maupun sehari-hari seperti berani menjadi berbeda, keyakinan dan keberanian
@ suci..trims dah beremain dan menjadi bagian dari barisan yang medukung pegelaran kuliah ini. SUkses selalu dan selamat mmebangun keberanian dan berbeda ...sukses selalu..


 1. Sangat perlu, karena merupakan suatu motivasi untuk setiap pribadi
agar mempunyai keyakinan akan mimpi2 yang bisa membuat segala sesuatu
menjadi lebih berbeda dan berguna bagi banyak orang.
2. Menarik dan tertantang untuk mencoba dan memulai sesuatu yg berbeda.
@ Secilia : trims atas emailnya dan seneng mengetahui anda tertetandang membuat sesuatu yang berbeda...tak sabar mendengar buah keberanian itu..sukses selalu dan semangat......


1. Sangat perlu. Karena menurut saya motivasi itu membuat saya mempunyai mimpi yg besar, yg apabila saya yakini maka hasil akan mengikuti.
2. Kesan: membuat saya merasa tertantang utk membuat sesuatu yg tidak jelas menjadi jelas dan lebih jelas!
@ Lia Cindy: trims dah ber-email dan senang mendapati kalau ada yang tertantang membuat sesuatu yang tidak jelas menjadi lebih jelas...semoga sukses selalu dan tetep semangat.................Salam Juang


1. Penting. karena menjadi suatu pelajaran dalam hidup. Jika tidak berani mencoba semua pasti akan sia-sia. berani gagal itu lebih baik dari pada tidak pernah gagal.
2. kesannya. banyak2 belajar dari hal kecil semua itu akan menjadi besar jika dilakukan dengan ikhlas,yakin,jujur dan bersyukur.
@ eko budi : trims dah ber-email dan semoga ketekunan berproses akan membuat sesuatu yang kecil menhadi besar pada waktunya...sukses selalu dan tetep semangat....!!!!


1. Penting untuk meluruskan apoteker yang miring atau belum percaya diri atas profesinya.
2.Kesan : menyenangkan dan gila 😆😆
Maaf pak, saya baru sempat mengirimkan karena kendala kesibukan pak.

@ Yulinda: thanks Yulinda dah berkirim email..semoga kesibukan lebih mendekatkan pada pencapaian mimpi..tetep semangat dalam berjuang ya.
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved