HIPMIBPC BANYUMAS SUKSES MEWISUDA CALON WIRAUSAHAWAN BARU...

Sabtu, 04 Februari 20170 komentar

KETIKA HIPMI (HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA) BPC BANYUMAS  SUKSES MEWISUDA CALON WIRAUSAHAWAN BARU......

Setelah melalui proses intens selama 3 (tiga) bulan,  School of Business (SoB),  sebuah sekolah unik kreasi HIPMI BPC Banyumas,  sukses mewisuda angkatan I.  Program terbaru dari HIPMI BPC Banyumas ini mendapat apresiasi luar biasa.  110 orang peminat harus berjuang mendapat untuk bisa masuk ke dalam barisan siswa yang hanya berjumlah 55 orang. Mereka pun terpaksa ikut seleksi untuk memastikan bisa menjadi satu
diantara barisan siswa/i SoB.  Mereka berasal dari berbagai lapisan masyarakat, ada mahasiswa/i dari  Kampus di sekitar Purwokerto, ada pengangguran yang sedang ingin membuat usaha dan juga para pengusaha yang sengaja ingin meningkatkan kapasitas diri dalam urusan entrepreneurship skill.  Untuk angkatan I ini, peserta SoB ini tidak dipungut biaya alias gratis.
Materi pembelajaran terdiri dari; (i)  90% tentang pembangunan sikap, mental dan instuisi bisnis dan; (ii) 10% tentang tata kelola bisnis yang visioner. Tenaga pengajar
SoB ini berasal dari praktisi bisnis yang tergabung dalam organisasi HIPMII BPC Banyumas. Lewat ragam testimoni insan HIPMI yang berisi proses perjuangan mereka sejak awal hingga bisa eksis, peserta didik  diberi gambaran bagaimana terjun ke dunia bisnis memerlukan kesiapan mental dan ketajaman insting dalam beribisnis. Peserta didik juga dimotivasi untuk menjadi insan-insan yang berani memulai walau dari hal sederhana sekalipun, sabar dalam berproses dan belajar dari setiap dinamika perjalanan bisnis. Sementara itu, pada aspek tata kelola bisnis, segenap siswa/i SoB diajarkan bagaimana men-drive bisnis mulai dari level start up sampai dengan level eksis dan profitable.  Metode yang digunakan selama masa pembelajaran adalah adalah indoor dan out door. Disamping teori, seluruh siswa juga diajak berpraktek langsung di lapangan sehingga memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana bisnis sesungguhnya berjalan. Di penghujung masa pendidikan, seluruh siswa diberi tugas menyusun business plan yang diharapkan akan mereka jalankan pasca mengikuti serangkaian pendidikan di SoB HIPMI BPC Banyumas.

Dalam sambutan dan arahannya di acara wisuda SoB Angkatan I yang digelar Kamis Malam (02 Februari 2017) yang mengambil tempat di Cafe d’Saung Jalan Brigjend Encung Purwokerto,  Sandra Aris GP selaku Ketua HIPMI BPC Banyumas, menyampaikan ,”penyelenggaraan SoB sesungguhnya memiliki banyak tujuan, disatu sisi sebagai wujud kontribusi nyata HIPMI dalam menumbuhkan statistik jumlah wirausahawan baru khususnya di area Kabupaten Banyumas, disisi lain juga sebagai ajang menemukan bakat-bakat hebat dan ide-ide segar yang sangat mungkin untuk dijalankan. Bahkan, sesi presentasi business plan bukan saja mempresentasikan sebuah gagasan bisnis, tetapi juga sekaligus menawarkan kepada calon partner/investor yang tidak lain adalah para pengusaha di lingkungan Kabupatan Banyumas, khususnya para pelaku bisnis yang tergabung dalam HIPMI BPC Banyumas

Wisuda ini bukanlah akhir dari segalanya, tetapi merupakan titik awal merealisasikan mimpi besar untuk menjadi seorang wirausahawan sesungguhnya. Berakhirnya masa pembelajaran juga bermakna dimulainya pendampingan lulusan SoB oleh para tentor secara langsung. Jadi, mulai malam ini segenap peserta program berubah status dari siswa menjadi partner sejajar bagi para pengusaha”, Ungkap Dimas Gustaman, Selaku sekretaris umum Hipmi BPC Banyumas. Sementara itu, Uthe mewakili kepala sekolah SoB yang sedang umroh ke Mekkah menyampaikan, “wisuda bukanlah identik dengan terputusnya komuinikasi dan tali silaturrahmi, sebab kekuatan bisnis itu salah satunya adalah berjejaring secara luas. Oleh karena itu, beliau menyarankan untuk terus menghidupkan WAG(whatsapp group) yang merupakan sarana komunikasi strategis berbagai gagasan, sharing pengalaman dan media pecarian solusi cerdas dari ragam persoalan”.

Pada agenda sakral yang digelar di malam itu, juga ditetapkan 4 (empat) konsep business plan terbaik yang disusun oleh para siswa/i SoB.   angkatan I. 4 (empat) orang siswa SoB terpilih diminta mempresentasikan gagasannya di depan segenap insan Hipmi BPC Banyumas dan tamu undangan yang sengaja dihadirkan. Beberapa punggawa HIMPI Banyumas yang hadir malam itu pun melempar ragam pertanyaan kretaif nan kritis kepada masing-masing presentator guna memastikan kelayakan dan rasionalitas business plan tersebut di jalankan. Setelah melalui penilain obyektif, akhirnya  ditetapkan selaku siswa terbaik 1 sd 4 yang secara berurutan sebagai berikut; (i) Fandi dengan gagasannya produksi pakaian berbasis online; (ii) Iis dengan gagasan cerdasnya sandal cantik; (iii) Athoillah dengan idenya mengembangkan gula kelapa dan; (iv) Icha yang ingin memodernisasi manajemen bakmi yang sudah dikelola orang tuanya selama hampir 10 (sepuluh) tahun. Keempat pemenang tersebut diberikan reward dan khusus untuk 2 (dua) pemenang pertama (baca: Juara I dan juara II) diberikan hadiah tambahan berupa uang pembinaan yang diharapkan bisa mendukung realisasi ide-ide brlian yang sudah mereka presentasikan.  




 “Segenap siswa/i SoB sudah melalui serangkaian proses yang tidak mudah dan pasti melelahkan. Semoga mereka akan menjadi insan-insan berpengaruh dan ikut mewarnai dinamika geliat ekonomi di wilayah Banyumas”. Ungkap, Budi Arif Budiman, salah seorang mentor SoB yang kesehariannya menggeluti bisnis property sesaat setelah upacara wisuda selesai digelar.    
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved