MENGKRITISI EFEKTVITAS PEGELARAN AGENDA “TEMU USAHA”

Minggu, 27 November 20160 komentar

MENGKRITISI EFEKTVITAS PEGELARAN AGENDA “TEMU USAHA”

Hari ini senin. 28 nop 2016., BPMPP (Badan Penanaman Modal dan Pengurusan Perizinan) Kabupaten Banyumas menggelar satu kegiatan  “Peningkatan Koordinasi dan Kerjasama Instansi Pemerintah dengan Dunia Usaha”. Tema yang diambil adalah “Evaluasi dan tindaklanjut temu usaha lintas Stake holders tahun 2016 “. Evaluasi kali ini menyangkut tema, peserta, narasumber, model temu usaha dan nota kemitraaan usaha. Pertemuan ini mengambil tempat di Pendopo Wakil Bupati Banyumas.

Ada satu fakta menarik dari testimoni pelaku UMKM melalui Ketua Forum Komunikasi UMKM, Ibu Ning. Belia menyampaikan  bahwa sampai saat ini belum ada transaksi antar pelaku usaha pasca temu usaha. Artinya, LoI yang ditandatangani bersama Bupati Banyumas belum berjalan efektif.  Para calon partner masih kurang respon tiap kali umkm datang untuk menawarkaan kerjasama. Hal ini menunjukkan belum adanya klik/titik temu antar pelaku UMKM dengan para Pengusaha Besar.

Bu Erni, dalam kapasitasnya sebagai Kabag. Pemasaran ‎ BPMPP menyampaikan bahwa pemerintah tidak akan pernah menyerah untuk terus membangun sinergitas antara pelaku  UMKM. Peran Assosiasi juga perlu ditingkatkan melalui konsolidasi agar terjadi perkuatan di lingkungan internalnya. ‎Peningkatan kapasitas juga perlu dilakukan secara terencana sehingga meningkatkan kemampuan UMKM dalam mengembangkan jaringan dan kemitraan saling menguntungkan. ‎ Hal senada disampaikan oleh Pak Tasroh selaku staff bidang pemasaran yang bertindak sebagai moderator di acara kali ini. Beliau menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung percepatan pertumbuhan/pengembangan UMKM‎. Ragam pendekatan terus dilakukan dan dikembangkan sehingga terjadi akselerasi pertumbuhan UMKM.  
Menanggapi testimoni ketua UMKM itu, Om Dimas Gustamam mewakili Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) BPC Banyumas menyampaikan bahwa dalam tindaklanjut sebuah ‎ LoI  tersebut memerlukan persiapan yang matang dari kedua belah pihak, mulai dari kesiapan format kerjasama dan strategi. UMKM juga perlu menyiapkan profile usaha yang dijalankan sehingga lebih mudah untuk dikenal dan didalami. Beliau mengingatkan bahwa .transaksi tidak harus terjadi dipertemuan pertama.  Artinya, komunikasi yang intensif perlu dilakukan guna membangun atau mendatangkan kepercayaan. Om dimas juga memberi masukan kepada BPMPP untuk memastikan bahwa para pelaku usaha yang akan diharapkan menerima produk UMKM mengerti secara utuh tentang harapan Pemkab dan juga para pelaku UMKM terhadap mereka saat dihadirkan dalam temu usaha.


Muhammad arsad D, selaku Wakil Ketua Kadin, menyampaikan bahwa para pelaku UMKM perlu membangun percaya diri dan kebanggaan (pride). Orientasi yang dibangun adalah kemandirian dan komunikasi yang terjalin dengan pengusaha besar dalam situasi keseimbangan dan saling menghargai satu sama lain. Disamping itu, forum komunkasi juga perlu meng-intensifkan komunikasi di tingkatan internalnya sehingga lebih solid.  Beliau ber-ide bagaiamana kalau dalam rangka penguatan kelembagaan UMKM, perlu juga digagas untuk membentuk satu perusahaan yang dimiliki bersama para pelaku UMKM ( Badan hukum PT atau Koperasi) sehingga terbuka peluang bertindak lebih luas dan mendatangkan kemanfaatan yang lebih.  Dengan adanya perusahaan yang dimiliki bersama, maka bisa dilakukan distribusi peran antara pelaku UMKM dan Perusahaan tersebut. Intinya, antara perusahaan dan pelaku UMKM bersifat saling mendukung dan menguatkan.  ]


Dipenghujung acara terbentuk kesepakatan  antara Kadin Banyumas, Hipmi  BPC Banyumas dengan forum UMKM  untuk meningkatkan intensitas komunikasi sehingga mempermudah dalam penyerapan persoalan dan sekaligus cepat dalam menemukan solusi yang aplikatif. Berkaitan dengan peningkatan efektivitas pegelaran agenda temu usaha disepakati untuk memperbaiki content acara sehingga lebih memiliki daya dorong bagi pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Kabupaten Banyumas.   
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved