KETIKA IMJ-P MENG-UP GRADE DIRI

Minggu, 27 November 20160 komentar

KETIKA IMJ-P MENG-UP GRADE DIRI

Sabtu, 26 Nop 2016, Desa Sumbang. Dalam rangka meningkatkan kualitas oganisasinya, IMJ-P (Ikatan Mahasiswa Jambi-Purwokerto) menggelar satu Up-Grading pengurus. Organisasi beranggotakan mahasiswa/i yang berrasal dari Propinsi Jambi ini bermaksud meningkatkan dan memperluas makna organisasi, baik bagi segenap anggotanya maupun masyarakat pada umumnya dan khususnya kampung halaman. Oleh karena itu, melalaui pendidikan dan pelatihan ini diharapkan dapat tersusun berbagai rumusan, mulai yang berkaitan dengan tata laksana organisasi maupun program-program yang akan dijalankan.

Beberapa orang dari mereka adalah aktivitas di kampusnya masing-masing  di lingkungan kota Purwokerto. Namun demikian,  mengingat IMJ-P ini baru saja berdiri, maka diperlukan penyamaan persepsi guna me-rasionalkan ekspektasi setiap orang yang bergabung didalamnya. Dengan demikian, organisasi akan berjalan baik melalui partisipasi proporsional dari setiap yang terlibat.

Dalam organisasi, “semua orang harus merasa penting atau dipentingkan, tetapi tidak satupun boleh merasa lebih penting atau lebih dipentingkan”, ungkap Muhammad Arsad Dalimunte yang menjadi nara sumber di sore itu. “Organisasi harus difahami sebagai kumpulan orang yang memiliki latarbelakang dan karakter berbeda-beda. Atas hal itu, setiap orang diharapkan menjadi pribadi yang fleksible (tidak kaku) menerima setiap perbedaan pandangan dan pemikiran. Dengan demikian, soliditas akan membimbing pada kuatnya organisasi”, lanjut beliau dalam presentasinya. Sebagai catatan, “nilai tambah” adalah inspirasi membangun loyalitas setiap anggota. Untuk tujuan itu, perlu dirumuskan langkah-langkah strategis sehingga setiap orang merasakan nilai manfaat bergabung dalam organisasi ini. Langkah-langkah itu bisa berhubungan dengan hobby, study/perkuliahan anggotanya, kepedulian berwujud sumbangsih pemikiran terhadap kampung halaman, saling mendukung dan memotivasi dalam urusan studi dan keseharian sesama anak perantauan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, setiap anggota bisa menalar manfaat yang didapat melalaui IMJ-P ini.


Satu hal lagi, organisasi adalah tentang kerjasama dan bukan bekerja bersama-sama. Artinya, distribusi peran efektif selalu dijadikan cara untuk mencapai tujuan organisasi dimana setiap orang melakukan peran proporsionalnya yang berhubungan satu sama lain. “diam akan menjadi beban bagi yang bergerak”. 
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved