MAHASISWA/I PKPA DISEMANGATI "BERANI BERBEDA"

Rabu, 12 Oktober 20160 komentar

MAHASISWA/I PKPA DISEMANGATI "BERANI BERBEDA"

A.  Sekilas Perkuliahan

Tidak seperti biasanya, Kuliah motivasi bagi mahaswa/i PKPA (Praktek Kerja Profesi Apoteker)  digelar lebih pagi tepatnya jam 08.00 wib di ruang Diklit RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto tepatnya tanggal 11/10/2016. Angkatan ini jumlah peserta  lebih kurang 50 orang  mahasiswa/i yang berasal dari Kampus UII Yogya, USB, UAD STIFAR dan UMP (Universitas Mahasiswa Purwokerto).
 
Trust (kepercayaan) adalah hal yang paling bernilai dalam hidup”, demikian kalimat pembuka sang pemateri dalam memulai kuliah informal di pagi cerah ini. Trust lahir dari rekam jejak akumulasi hal-hal baik. Untuk itu, niat baik harus menjadi landasan dalam melakukan hal apapun dengan harapan akan berujung dengan baik pula. Setiap orang harus membangun komitmen untuk membangun jejak kebaikan  berkelanjutan sehingga berujung pada terbangunnya trust. “Berbeda” adalah salah satu tiket untuk menjadi pribadi yang marketable. Nilai-nilai beda bisa dibangun dan dilatihkan melalui membiasakan diri berfikir dengan cara yang tidak biasa. Berbeda harus dijadikan spirit hingga mendorong lahirnya kreativitas bernuansa inovatif.  Tidak ada yang berlangsung secara instan dan semua memerlukan kesabaran proses dan kemauan untuk terus belajar dari kesalahan. Berbuat untuk yang lebih baik harus menjadi komitmen sehingga nilai-nilai kemanfaatan gagasan akan mencapai titik optimal.   Sebab, pada “manfaat nyata” nilai-nilai beda itu akan diterima oleh masyarakat luas.

Pemateri juga menyampaikan tentang perlunya meningkatkan kapasitas yang berbasis pada 3 (tiga) hal, yaitu: pengetahuan, pengalaman dan sikap. Pengetahuan diperlukan untuk menjadi landasan tindakan. Sementara itu, kemauan melakukan tindakan nyata akan mendatangkan “pengalaman”. Sang pemateri  menandaskan bahwa pengalaman bersumber dari ke-pernah-an dan pengalaman juga merupakan sumber percaya diri yang efektif. Untuk itu, segenap peserta kuliah didorong untuk mengembangkan inisiatif  guna membentuk ke-pernah-an yang produktif. Juga disampaikan sikap penasaran adalah cerminan keingin-tahuan yang besar dan sering efektif menjadi inspirasi energi untuk bergerak melakukan banyak hal.


B.  1 (satu) Lembar Pemantik
Sebagai oleh-oleh dan juga pemantik, setiap mahasiswa/i diberi satu lembar berisi  tentang pensikapan kesempatan hidup yang disajikan Sang Khalik kepada manusia . Penyajian materi ini diharapkan bisa menjadi inspirasi dalam me-reposisi mindset tentang hidup dan kemudian terbangun semangat memperbaiki tindakan keseharian ke arah yang lebih baik dan produktif, bagi dirinya maupun dengan orang-orang sekitarnya. Hal ini sangat layak untuk diharapkan mengingat mereka adalah para siswa yang maha sehingga disebut Maha-Siswa. Artinya, pada diri mereka ada potensi dan talenta luar biasa.   


C. Pertanyaan dan Respon Peserta Kuliah

Sebagaimana cita-cita awal dari pegelaran kuliah informal ini, mahasiswa/i didorong untuk manusia yang lebih bijaksana dalam arti luas. Disamping itu, juga untuk menjajagi respon peserta guna untuk menakar apakah kuliah semacam ini perlu menjadi bagian dari kurikulum d fakultas atau jurusan farmasi dan juga profesi apoteker.   Untuk itu, peserta di berti pertanyaan tentang efektivitas materi kuliah semacam ini kaitannya dengan upaya peningkatan kapasitas para calon apotekek maupun calon farmasis. Apa reaksi kawan-kawan hebat yang terlibat disepanjang perkuliahan informal ini?. Berikut disaikan kepada segenap pembaca: 


NO
RESPON PESERTA & REAKSI PEMATERI
1
Fikri Destari , Profesi Apoteker UII. (fikridestari@gmail.com)
menurut saya, kuliah ini sangat penting. karena sukses itu tidak hanya melulu tinggi nilai akademisnya namun pembentukkan karakter dan EQ seseorang itu penting. satu kalimat yang masih membekas difikiran saya "tidak perlu menjadi begitu pintar, tapi pintarlah untuk mempekerjakan orang pintar". jujur saja saya lebih senang mendapatkan materi pembelajaran seperti ini, membangun karakter menciptkan pemikiran dan gagasan baru dan membangkitkan semangat untuk terus menjadi yang inovatif dan inspiratif. 
mungkin kalau diketik begini jadinya bakal panjang dan belibet pak. tapi saya sangat senang mendengarkan sharing bapak terkait materi yang bapak sampaikan, karena sampai saat ini saya masih terus berusaha untuk menanamkan didiri saya berpikir positif, yakin, dan terus berusaha. karena menurut saya kesukseskan itu datang dari keyakinan dan usaha yang kita lakukan. merubah mindset kita dari yang negatif menjadi positif, melihat dari sudut pandang yang berbeda dan tidak hanya dari satu sisi saja, menciptkan inovasi, dan tidak mudah menyerah.
semoga kelak saya dapat menjadi seseorang yang dapat ,menciptakan inovasi yang dapat bermanfaat untuk orang lain, dapat sukses dalam usaha yang ingin saya bangun, mungkin bisa seperti bapak menyebarkan motivasi dan energi positif untuk membangun karakter diri agar lebih percaya diri dan kuat. 
 @ fikri ; trims atas emailnya..anda orang pertama yang berkirim email, semoga ini indikasi kuat kalau semangat membuncah untuk segera memanfaatkan waktu untuk hal2 yang inspiratif. Semua berawal dari kecil dan ketekunan membawa pada perluasan. Hukum alam selalu mempertemukan yang baik dengan yang baikm Pada titik inilah alam menjadi akselerator tumbuhkembangnyaa karya2 itu..Sukses selalu dan semoga berkenan untuk senantiasa saling mendoakan....salam juang...
2
awangsw@gmail.com
Kuliah seperti ini penting untuk memotivosi agar para calon apoteker lebih percaya diri dan yakin terhadap tujuan akhir profesi yaitu untuk menjadi apoteker yang profesional, bertanggung jawab, serta meningkatkan kualitas sebagai seorang apoteker.
@ awang : thanks atas emailnya, respon awang menunjukkan semangat dan komitmen kuat dalam menumbuhkembangan profesionalisme profesionalisme khususnya sebagai calon apoteker. Semoga gairah membangun hal2 positif senantiasa tumbuh sehingga banyak manfaat yang hadir bagi diri sendiri dan bagi banyak orang,,,,Sukses selalu dan mohon berkenan saling mendoakan...
3
kuliah ini penting karena 
1.menginspirasi
2.membuka jalan pikiran 
3. lucu dan ga bikin bosann
pesan saya terus berkarya aja pak!! Horasss!!!!!
@ indah : trims atas email dan kesannya yang singkat padat tapi jelas...penggunaan kata lucu merupakan kesimpulan yang mengundang senyum...semoga bisa mengurangi ketegangan syaraf sehingga lebih enjoy dan membuka jalan fikran maupun gagasan-gagasan brilian..sukses selalu dan mohon berkenan saling mendo'akan..amin
4
Dari kuliah pada hari Selasa, 11 oktober 2016, membuat saya tersadar bahwa untuk menjadi sesuatu yang besar atau yang luar biasa tidak bisa menggunakan cara yang biasa-biasa saja. Suatu cita-cita harus dilandasi dengan keyakinan yang kuat untuk mencapainya. Keyakinan yang kuat akan berakibat positif terhadap cara berfikir dan tindakan apa yang akan diambil, kemudian akan menghasilkan hasil yang diinginkan. Suatu usaha tanpa keyakinan yang kuat akan memberikan hasil biasa-biasa saja seperti orang kebannyakan.
@ Anggoro : trims atas emailnya, semoga kesadaran baru menjadi inspirasi untuk berbuat lebih dalam semangat menciptakan perbedaa-perbedaan yang inspiratif. Hidup adalah perjuangan dan tak satupun manusia yang tahu tentang apa yang terjadi sedetik kemudian setelah ini. Namun demikian, bekal dari –Nya berupa waktu, energi, akal-fikiran dan alam seisinya perlu di mobilisasi secara cerdas sehingga terbentuk nalar logis tentang keberhasilan dan kebahagiaan. Sukses selalu dan terus bersemangat serta berkenan untuk saling mendo’akan..amin
5

Kuliah seperti ini penting dan perlu diadakan untuk menambah wawasan dan pola pikir generasi muda untuk menghadapi dunia nyata dengan pemikiriannya

@ iyan,,,trims atas email dan komentar singkatnya...sukses selalu dan selamat berjuang untuk membangun rekam jejak hidup yang meng-inspirasi......
6
Assalamualaikum pak.. Menurut sy kuliah ini penting, bsa lebih membuka rasa percaya diri. Stelah sy kuliah ini sy smkin yakin pada diri sy, sy yakin kalau sy pun pasti bisa tnpa mnghwtrkn apapun. Makasih pak..
@ Andiindah : trims atas emailnya..alhamdulillah kalau kuliah kemarin membuat dirimu lebih percaya diri dan meyakini sepenuhnya tanpa perlu memelihara kekhawatiran...ini modal yang baik dalam melanjutkan kehidupan dan menata masa depan yang lebih berpengharapan...sukses selalu dan semoga berkenan saling mendo'akan...salam juang..!!!!
7
menurut saya penting, karena membantu setiap orang agar mampu merubah pola pikir, supaya lebih berpikir positif dalam menangani suatu permasalah.
@ yoyo: trims atas emailnya, semoga perubahan pola fikir akan memandu menjalani hidup berikutnya dengan cara-cara terbarukan. Sukses selalu dan semangat always….salam juang..!!!
8
Menurut saya, kuliah ini sangat penting bagi mahasiswa farmasi khususnya, karena kami bisa belajar bidang lain selain ilmu farmasi, dimana dengan adanya kuliah ini saya lebih mengetahui bahwa kepercayaan itu dapat diperoleh dari akumulasi konsistensi hal-hal yang baik, kemudian saya juga mendapat ilmu baru bahwa jika ingin mendapatkan hasil yang baik, maka tanamkanlah keyakinan dalam hati bahwa saya bisa melakukannya dan mulai melakukan suatu usaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik, tentunya dibarengi dengan do'a kemudian tawakkaltu Alallah, serahkan kepada yg mengatur semuanya.
@ nining : trims atas emailnya, semoga konsistensi kebaikan terus membimbingmu pada tumbuhkembangnya ”kepercayaan” terhadapmu. Jadikan keyakinan sebagai awal-nya sehingga berujung pada hasil akhir yang menjadi tujuan sesungguhnya. Sukses selalu…dan selalu semangat…salam juang…
9
kuliah ini penting untuk membentuk moral apoteker dalam menjalankan praktek kefarmasian sesuai etika profesi dan tanggungjawabnya dalam penggunaan obat yang rasional berorientasi pada pasien.
@ Melly : thanks atas emailnya..semoga moral yang terbentuk akan menggirik praktek yang akan meningkatkan kenyamanan kepada pasien. Satu hal, tidak ada satupun manusia ingin sakit, tetapi tanpa disadari terkadang kebiasan-kebiasan manusia menggiring dirinya sendiri pada sakit....pada titik itulah diperlukan adanya pencerahan.....sukses selalu dan salam Juang...!! 
10
Assalamualikum , selamat malam Pak, ingat bapak saya selalu ingat harus berbaik sangka sama orng hehehe.. Kuliah wirausaha harus di jadi kan mata kuliah wajib pak, sedangkan di kampus saya mata kuliah tersebut masih pilihan,sehingga hanya sebagian kecil mahasiswa yg ikut..padahal mata kuliah ini sangat berguna bagi mahasiswa khusus nya profesi apoteker karena materi yg ada dlm kewirausahan mengajarkan bnyk hal diluar kemampuan basic apoteker itu sendiri contoh yg paling dasar bangun buat baik, smoga mata kuliah kewirausahan ini menjadi mata kuliah wajib sehingga bisa mencetak apoteker yg bukan hanya pintar dlm memperlakukan obat tp juga pintar dlm memperlakukan diri n sesama Jd balance , itu saja ya Pak, saya tidak pintar dlm merangkai kata2 hehe
@ Sari : trims atas email dan daya dukungnya terhadap pegelaran kuliah semacam ini, semoga akan menjadi mata kuliah wajib diberikutnya.Saya sepakat bahwa kewirausahan bukan sekedar putaran bisnis/uang, tetapi juga tentang kreativitas melahirkan karya, kearifan memperlakukan dan atau membahagiakan diri sendiri dan orang lain...sukses elalu ya dan mohon berkenan saling men-do'akan....trims dah selalu berbaik sangka...sebab berfikir positif itu menjadi awal energi positif...
11
Penting. Guna untuk membangun diri pribadi seseorang yg labil agar kembali bisa percaya pada diri sendiri akan kemampuannya, yakin pada dirinya bahwa bisa untuk lebih baik lagi dalam bertindak,sikap,pikir, dll.meskipun sudah sering untuk mendapatkan materi seperti ini, cuma memang ada jangka waktu tertentu untuk merenungkan diri kembali apakah sudah lebih baik atau awal setelah materi saja perubahanny, kemudian nanti akan kembali lagi seperti sebelumny.
@ Sri: thanks atas emailnya dan juga responnya..kelabilan adalah dinamika yang hampir pasti kala men-temakan semangat hidup. Kuliah2 bernada motivasi sering efektif menjadi media refresh dan juga membangunkan kesadaran. Namun demikian, motivator terbaik adalah diri sendiri. Untuk itu, kesadaran untuk menjaga stabilitas menjadi kunci untuk terus bersemangat. Semoga kuliah singkat kemarin menjadikan hidup lebih hidup......sukses selalu ya...semangat..!!!  
12
Penting, karena topik yang diangkat langka dan menarik yaitu tentang memaknai kesempatan hidup. Yang mana banyak orang yang hanya menjalani hidup tetapi tidak memaknai kesempatan hidup. Seringkali dari suatu ketidakyakinan dapat menghilangkan kesempatan-kesempatan emas, dan hal ini dapat dialami oleh siapa saja. Jadi ketika seseorang ingin melakukan perubahan atau meng-upgrade dirinya dimulai dari menanamkan keyakinan terlebih dahulu. Ketika sudah tertanam suatu keyakinan secara tidak langsung akan mempengaruhi pikiran kemudian terimplementasi dalam tindakan dan menciptakan hasil. Ketika ingin merubah suatu bangsa tetapi tidak mampu, maka mulailah dengan merubah diri sendiri. Konsep penting ini yang sering dilupakan orang, dan seringkali orang hanya berfokus untuk merubah hasil. Pada materi ini akan dibahas dimana timbulnya suatu hasil dimulai dari keyakinan, dengan keadaan yang sama tetapi keyakinan berbeda hasil akhirnya pun berbeda. Dari keyakinan yang tidak dikelola dengan baik bisa menimbulkan hasil yang tidak baik pula yang mana konsep ini perlu dipahami setiap orang, sehingga ketika sekali sudah tertanam keyakinan yang positif maka selanjutnya tindakan pun akan akan mengikuti keyakinan. Sehingga saya rasa lebih efektif ketika kita memahami bahwa akar dari hasil adalah menamakan keyakinan, sebagai contohnya seorang anak yang dituntut untuk terus belajar, akan memerlukan waktu yang banyak untuk mengingatkan belajar setiap hari. Tetapi berbeda ketika menanamkan keyakinan pada anak tersebut manfaat dan “mindset“ yang baik untuk belajar, maka seterusnya dia akan belajar dengan sendirinya.
@ Avivah : trims atas email dan responnya...semoga inspirasi dan energi yang tertemukan dalam perkuliahan kemarin menjadi pemantik akselerasi penciptaan rekam jejak hidup yang membanggakan dan mendatangkan kebahagiaan pada diri avivah dan juga banyak orang.  segeralah meng-intrepresatsi keyakinan dan semangat itu sehingga terbentuk capaian-capaian. mulailah dari hal sederhana yang mungkin dilakukan, sebab ber-angan2 saja hanya berujung pada rencana....sukses sealu dan semoga senantiasa bersemangat..amin..Salam Juang...............!!!
13
dyan_fc@ymail.com
kuliah ini sangat penting dapat membuat diri menerima kekurangan atau kelebihan diri sendiri
@ Dian : trims atas emailnya...semoga menjadi lebih mengenal diri sendiri dengan segenap potensi yang sangat mungkin untuk ditumbuhkembangkan menjadi capaian-capaian yang membanggakan dan membahagiakan tentunya..sukses selalu dan teruslah ber-semangat...............salam juang 
14
Dino Suharno - Universitas Setia Budi Surakarta
Menurut sy kuliah ini penting karena membuka wawasan kita bahwa kuliah itu tidak hanya sebatas membahas ilmu tentang bidang kuliah kita yang nantinya tidak 100% dipraktekkan dalam pekerjaan melainkan ada ilmu-ilmu yang lain yang sebenarny itu penting buat bekal mahasiswa. Seperti cara menjadi pemimpin bagaimana kita mengatur atau mengelola suatu hal, bagaimana cara kita bisa berkomunikasi dengan orang lain, bagaimana cara kita bisa bergaul dengan berbagai kalangan, dan hal-hal lain yang sering disepelekan di bangku kuliah. Padahal ilmu pengetahuan soal bidang ilmu kita saja tidak cukup untuk terjun langsung ke masyarakat, dikarenakan banyak hal-hal lain yang juga penting perlu kita pelajari untuk membangun diri kita jadi lebih baik.
@ Dino : trims atas email dan  responnya atas pegelaran kuliah kemarin.pendapata dino kian menguatkan bahwa pemberian kuliah semacam ini efektif bagi membentuk keyakinan, percaya diri  dan semangat untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang menarik. Smoga meng-inspirasi untuk terus mengembangkan karya walau memulainya dari hal-hal sederhana . Sukses selalu dan semoga senantiasa bersemangat..amin..Salam Juang   
15
Menurut sy, kuliah yg Bpak brikan kemarin itu penting karena dengan adanya kuliah ini saya lebih memaknai hidup ini seperti apa,, yakni dengan membngun kprcyaan dan kyakinan yg kuat maka segala ssuatunya akan dpt diraih dengan hsil yg lebih baik..
@ Nursainab : trims atas email dan responnya, semoha terbangun komitmen  menjadi pribadi yang memiliki trust yang terus tumbuh dan kembang. Dengan demikian, akan terbentuk modal besar yang bisa di dorong melahirkan hal-hal baik bagi diri sendiri dan juga orang-orang sekitar maupun lingkungan. Salam sukses dan semangat selalu..........
16
Menurut saya kuliah ini sangat  penting karena agar dalam melakukan sesuatu lebih yakin
Dan lebih berfikir positif agar tercapai hasil akhir yg diinginkan sesuai kemampuan kita,, terimakasih sudah berbagi ilmu sehingga lebih semangat,,,,
😃
@ naelur : terimakasih atas emailnya, semoga dengan "lebih semangat" akan meng-energi dalam mengejar mimpi. Semoga "kebahagiaan dan membahagiakan" akan hadir dalam perjalanan perjuangan..sukses selalu dan semangat always....   
17
Ika Widiyanti KA WIDIYANTI (ikawidiyanti596@gmail.com)
Setelah mengikuti kuliah kewirausahaan saya menjadi: 
1.      memiliki kemampuan untuk menciptakan, mengembangkan dan memanfaatkan potensi    saya sebagai seorang farmasis.
2.      Saya merasa yakin kalau saya bisa mencapai apa yang saya dicita-citakan.
3.      Saya menjadi percaya diri untuk menjadi pribadi yang profesional dalam menjalankan tugas sebagai farmasis, yang bisa melayani masyarakat luas.
4.      Semoga tindakan atau pekerjaan  yang saya lakukan nantinya akan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat pada umumnya.
5.      dan semoga pada akhirnya mencapai hasil yang memuaskan..amiinnn yaa robbal”allamiinn....
@ Ika : terima kasih atas email dan responnya. Seneng mengentahui kalau kuliah kemarin mendatangkan keyakinan dan semangat lebih  dalam mengejar cita-cita, baik dalam konteks farmasis maupun dalam konteks cinta-cita pribadi menyeluruh.   Semoga kesuksesan akan hadir sebagai hadiah dalam ketekunan dan kesabaran berproses. Tetap semangat ya....
18
Banyak manfaat positif yang dapat diambil dari kuliah semacam ini, seperti
·         Kita menjadi tau mulai darimana harus berbenah, apakah langsung merubah tindakan atau mulai dari merubah keyakinan,dsb.
·         Lebih memotivasi diri
·         Kuliah ini juga mengajarkan kita bagaimana pentingnya menjadi berbeda 'dalam hal yang positif', karena dengan berbeda itulah kadang orang akan lebih menginginkan kita selain dilihat dari skill.
@ krisitina: thanks atas email dan apresiasinya, semoga spirit melahikan "perbedaan" akan menjadi pemantik kreativitas yang berujung pada kehadiran karya2 inspiratif dan bahkan spektakuler. Salam juang dan tetep semangat........!
19
Sebenarnya penting kuliah kewirausahaan bagi profesi apoteker, tapi yg bpk sampaikan wkt itu lebih untuk memotivasi diri aja, tentang kewirausahaannya sya gk dpt. Dan awal kuliah yg bpk sampaikan sangat membosankan dan buat saya ngantuk, tpi lama2 apa yg bpk smpikan menarik juga, tapi selesai kuliah, saya tetap ngantuk jga.
@ Nurcahya : trims atas emailnya, semoga tidak sedang ngantuk saat berkirim email ke saya..he2. tetapi menarik untuk mencermati tiga keadaan yang anda alami sepanjang kuliah yaitu  ngantuk-tidak ngantuk-ngantuk lagi....ini tahapan yang unik dan lucu..he2...memang saya tidak menyentuh langsung persoalan kewirausahaan  diperkuliahan kemarin karena waktu yang terbatas. Saya focus pada pembangunan mindset atas kesempatan hidup....kalau hal ini sudah, baru enak mebicarakan kewirausahaan, sebab berwirausaha adalah salah satu dari ribuan peran yang bisa dilakukan disepanjang hidup ini..sukses Selalu ya.............salam Juang..
20
menurut saya penting ya.. karna banyak dari sebagian orang termasuk saya, hidup hanya untuk dijalani saja, semua ada yang mengatur, kenyataannya bukan seperti itu, memang benar Allah yang mengatur segala urusan dan posisi kita di dalam takdirnya, akan tetapi Allah juga memberi kesempatan bagaimana kita menjalani hidup tersebut, apakah dengan jalan yang baik atau sebaliknya. Jadi kuliah ini sedikit memberi dorongan, dari hal yang terkecil yaitu niat. Semua perilaku yang dilakukan dalam dunia ini tergantung bagaimana niat dan kita memaknainya. Jika niat kita baik dan memaknainya juga dengan baik insyaallah walaupun dkasih cobaan seberat apa, dampak ke diri kita juga baik.
@ Hani : thanks atas emailnya dan semoga tetep semangat dalam menumbuhkembangkan karya berbasis ”niat yang terjaga”. Insha Allah, konsistensi niat akan membawa pada daya dukung luar biasa dari orang2 tercinta maupun para teman dan sahabat yang memiliki frekeunsi yang sama. Sukses selalu ya...  


21
Penting,karena sangat bermanfaat utk moodboster mahasiswa sebelum melakukan pkpa.
@ widiah : trims atas email dan  responnya,,semoga menjadi penyemangat dalam menjalani PKPA dan juga bekal untuk kehidupan selanjutnya...tentang entrpreneur akan kita kupas khusus bila nanti ada pertemuan ke-2...semoga aja ya...
22
Penting, karena banyak motivasi-motivasi yang bermanfaat untuk saya dan dapat membangun semangat saya.
@ rose : trims dah berkirim email dan responnya, semoga bermakna sebagai bekal untuk menjalani PKPA dan juga kesehariannya..amin YRA....salam semangat..
23
Kegiatan seperti itu menurut saya sangat penting karena dapat memotivasi kita menjadi pribadi yang lebih baik, berpandangan positif untuk memaknai hidup. Dapat memicu diri sendiri untuk berani beda dari pada oranglain. 
 @ kelompok 1 : trims atas emailnya, semoga sukses diperjalanan PKPA nya....mulailah berlatih untuk membangun pemaknaan yang "unik dan berbeda" sehingga menjadi pemantik untuk menumbuhkembangkan kreativitas. salam sukses dan terus bersemangat.......
24
penting karena dapat membuka pemikiran baru yang lebih positif untuk menjalani peran sebagai apoteker yang lebih baik
@ Fa : trims atas emailnya, semoga keterbangunan dan keterjagaan "positif thinking" akan membimbing pada  langkah2 positif yang mendatangkan manfaat. amin. Salam Juang................!!!!!!!!!!!! 
25
Menurut saya, kuliah semacam ini (tentang kewirausahaan dan memaknai hidup) sangat penting bagi mahasiswa Farmasi. Berwirausaha dibidang farmasi bukan melulu masalah profit atau keuntungan semata, melainkan ada sisi kemanusiaan yang juga harus dikedepankan. Pelayanan kefarmasian yang berfokus pada keselamatan pasien harus diutamakan, tetapi juga tidak mengesampingkan urusan bisnis demi kelancaran operasional sebuah Apotek. Kuliah semacam ini juga bisa menjadi motivasi tersendiri bagi mahasiswa, khususnya bagi saya sendiri, saya merasa harus banyak memperbaiki diri lagi untuk menjadi pribadi yang menginspiratif. Selalu berfikir positif untuk menciptakan tindakan yang baik, dan akhirnya memberikan hasil akhir yang positif juga untuk saya. 
@ Nurul : trims atas email dan responnya, semoga terbangun dan terjaga niat untuk menjadi pribadi inspiratif dalam arti seluas2nya. Salam sukses dan mari saling mendo’akan.....................Salam Juang...!!!
26
 Iya, menurut saya kuliah ini penting karena sangat membantu saya untuk lebih mudah dalam menjalani hidup karena slalu berfikiran positif dalam menjalanin apapun dan lebih memaknai apapun yang saya lakukan dalam setiap saatnya.
@ tri utami : thanks atas email dan responnya. Semoga bisa menjadi bekal tambahan dalam menjalani PKPA dan juga sesudahnya kala Tri sudah resmi sebagai seorang Apoteker. Sukses selalu dan semangat........!!!!  
27
Menurut anda apakah kuliah ini penting bagi praktek mahasiswa apoteker?
Menurut saya penting. Seperti yang telah bapak terangkan bahwa dalam meraih kesuksesan salah satu yang dibutuhkan adalah 'pengalaman'. Tentu saja pengalaman, kepernahan, experience itu tidak hanya yang telah terjadi pada diri sendiri, tetapi juga dari yang pernah dialami oleh orang lain, termasuk pengalaman yang bapak miliki. Memang kuliah ini tidak memberikan pengalaman tentang praktek kefarmarmasian sesuai bidang yang kami miliki, namun kuliah ini dapat mengevaluasi, menunjukkan, mengarahkan cara/jalan/ways bagi kami bagaimana menjadi seorang yang sukses dalam praktek kefarmasian atau dimanapun kami nanti bekerja. Dengan ini saya ucapkan terima kasih kepada bapak dan pihak-pihak lainnya yang terlibat dalam pengalaman baik saya ini.
@ Zee : trims atas email dan  responnya, semoga efektif bagi peningkatan kapasitas walau tidak secara specific meneyentuh tentang praktek kefarmasian…sukses selalu dan tetep semangat………….!!!!!!!!! 
28
I think this lecturer is important for pharmacy because as a pharmacist when we have pharmacy store we must manage by ourself so like 8 starts pharmacit as manager, like you say yesterday , we re not drive by an enterpreuner that just need a money not patient safety. Patient safety is our goal. I am so sorry if my english is not good ,  because I still try to learn english 😀😀
 @ dian : dengan terbatas kucoba menterjemahkan email dian  yang punya persoalan serius dengan "nasionalisme". Untung saja tak sampai harus membuka "google translate"..masih bisa memahami walau terbata2 yang amat sangat..maklum, sy hanya anak kampung dan terlalu mencintai bahasa Indonesia. But...saya suka perbedaan dan senantasa menghormati apapun cara yang dilakukan untuk menjadi berbeda...ha2.. saya sangat suka ketika farmasi dipandang sebagai "persoalan kemanuasiaan" ketimbang persoalan obat atau bahkan margin. Ketika ini tentang kemanusiaan, inspirasi menjadi tidak terbatas untuk mengembangkan spiritnya. 
Anyway....thanks for everything..(saya jadi ikut keracunan belajar pakai bahasa inggris nih...)......Salam Juang....!!!
29
Maaf bapak telat kirim lupa pak..maklum faktor usia hhehee
Jawaban tanggapan kemarin penting atau tidak?
Perkuliahan seperti kemarin sangat penting karena dapat memotivasi diri dan menjadi modal kita menjadi lebih yakin dan paham-paham bahwa semua berawal dari keyakinan. Lebih memantapkan hati lagi. Dan membuat saya lebih berpikir positiv mengurangi pkiran negatif.
@ Rossie Ochie : thanks dah berusaha keras mengirim walau diluar range waktu yang sudah ditentukan. Namun, ketika "faktor usia" sebagai penyebabnya, rasa empati dan kemanusiaan sy memuncak sehingga membalas email ini...he2
tapi..trims atas apresiasi dan responnya...semoga efektif menjadi modal strategis dalam mengakselerasi kapasitas dan warna masa depan........amin 
30
 Jawab : menurut saya di butuhkan karn kita harus anarkis dalam melakukan sesuatu hal, selama ini kita hanya mendapatkan logistik dalam ruang lingkup yang sempit seperti ilmu farmasi karena persoalan waktu yang memang semua mahasiswa farmasi hanya bergelut di dunia itu.. olehnya itu kita membutuhkan logistik baru atau keluar dari zona kita untuk bisa memandang dunia lain.. logika tanpa logistik membuat kita anarkis, olehnya itu kiya membutuhkan logika dan logistik yang pas atau cukup biar tidak anarkis.
@ Loleng Achwan : He2..caramu berbahasa mengingatkanku saat muda dulu yang dengan lantang menyuarakan apapun yang diyakini. Tapi sangat keren, saya mendapati ”energi dan mimpi besar’ ada dalam setiap kata yang kamu pilih. Pertanyaan menariknya adalah ”apakah kobaran itu akan tetap menyala di titik finisnya ataukan dibiarkan mati sebelum sempet menyinari sekelilinngnya”..ini persoalan pilihan..walau hidup sering tak menyediakan pilihan....Salam Juang...!!! 
31
Menurut  saya, pembekalan yang disampaikan oleh bapak penting, karena dapat menambah motivasi diri saya untuk semakin yakin dan apapun yang terjadi, hal itu tumbuh dari pikiran sehingga untuk mencapai keyakinan maka mulai dari pembekalan yang bapak sampaikan saya mencoba untuk selalu stay positive thinking 😃
 @ Asyrof : trims dah berkirim email dan selamat bertemu "unforgotable moment", semoga semakin mendatangkan semangat untuk melakukan banyak hal dikesempatan hidup yang disajikan Sang Khalik. Sukses selalu dan jangan lupa bahagia....!!!
32
Menurut saya kuliah ini penting, karena sesekali bahkan harusnya seringkali kita berfikir out of the box, lihat dr sisi lain, bkn dr sisi org2 pd umumnya, contoh : peluang, jika sudah ada peluang tp tdk punya keyakinan, jd percuma saja.
@ Silvi : email darimu terkirim jam 11.57,,,,tergolong terlambat...ntah ini sebuah kesengajaan atau bagian dari budaya hidup...tapi saya memilih memaknaianya sebagai cara Silvy untuk menjadi "berbeda"...Kalau ini dikatakan "pembangkangan" atas waktu, mungkin pembangkangan ini indikasi kuat kalau dalam diri Silvi ada potensi wirausaha...he2.. Thankas atas emailnya, semoga komunikasi dan interaksi produktif tidak berhenti sampai disini...sukses selalu untuk kita semua dan selamat berjuang menjadi pribadi-pribadi inspiratif....salam Juang.......!!!
33
Menurut sy, kuliah kemarin yang diberikan bapak kpd kami Apoteker Muda sangat bermanfaat. Memberikan inspirasi dan motivasi kpd kami. Semoga kedepannya ada kuliah seperti ini lagi. terima kasih
@ Rya : trims atas emailnya...juga respon positifnya atas pegelaran kuliah ini. Semoga menjadi tambahan spirit dalam menjalani hari2 berikutnya..semoga tergerak untuk melakukan hal2 hebat walau memulainya dari hal sederhana sekalipun..sukses selalu dan mari sang mendo'akan ...........  Salam Juang..!!
34
Miftahul Elma <elmaelma2010@yahoo.com>:
Maaf sblmnya pak email ini sy kirim ulang setelah baru sadar kalau sy salah alamat email. menurut saya keluiah seperti kemarin penting sebagai motivasi juga untuk kita yg insyallah memiliki keinginan untuk sukses. apa yg bapak berikan merubah meanset menjalani hidup menuju sukses, aminnnn 
@ elma :he2.... saldo stock maaf saya masih banyak, sehingga kesalahan penulisan email adress tak mengiinspirasi amarah maupun rasa kecewa. Walau akibat hal ini, saya harus merevisi "rekapitulasi" dan me-re post nya di blog. Namun hikmahnya adalah semakin banyak pahala yang di dapat...insha Allah...Trims atas email dan repon positifnya..semoga hal ini menjadi inspirasi untuk terus meningkatkan kapasitas diri dalam arti luas. Amin.







Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved