KETIKA PARA CALON APOTEKER MENCARI JAWAB “HOW TO SALE YOUR SELF?”

Sabtu, 01 Oktober 20161komentar

KETIKA PARA CALON APOTEKER
MENCARI JAWAB “HOW TO SALE YOUR SELF?”

A. Pembuka

Peningkatan kapasitas SDM menjadi satu kebutuhan yang prosesnya pasti melalui berbagai tahapan berkesinambungan. Dalam tujuan itu, kelompok mahasiswa PKPA (Praktek Kerja Profesi Apoteker)  yang sedang ber-praktek di RSMS diberikan satu materi tambahan berupa kuliah informal yang dikemas dalam diskusi motivasi dan sharing session. Mereka berasal  dari beberapa kampus, yaitu:  UII Yogyakarta, UAD Yogyakarta .STIFAR Searang, USB dan UMS Solo

Sesi ini mencoba meng-integrasikan spirit horizontal dan vertikal yang berujung pada semangat untuk menjadi pribadi produktif dalam arti luas. Segenap mahasiswa didorong memperluas makna diri melalui karya-karya multi makna baik bagi dirinya sendiri dalam proses kemandirian diri, maupun bagi lingkungan sekitarnya berupa lahirnya harapan-harapan baru. Disisi lalin, spirit ke-Tuhanan juga  dijadikan sebagai landasan untuk bergerak dan menata setiap langkah. Sesekali joke terlontar memecah suasana agar konsentrasi kembali fresh untuk menerima suntikan materi berikutnya. Penyelenggaraan diskusi ini mengambil tempat di Aula Diklit RSUD Prof.Dr.Margono Soekarjo Purwokerto.

Sebagai insan-insan yang berkesempatan mengenyam pendidikan sampai ke tingkat perguruan tinggi, mereka digugah untuk mewujudkan rasa syukur ke dalam sikap dan tindakan yang lebih bijaksana. Mereka didorong menjadi bagian dari soluasi atas setiap keresahan yang dirasakan dan atau sedang dialami masyarakat, mulai dari hal-hal yang berkaitan langsung dengan profesi apoteker dan kelilmuan farmasi, sampai dengan hal lainnya sepanjang mendatangkan multyplier effect dalam arti positif. Dengan demikian, kehadiran insan-insan berpendidikan tinggi akan memberi warna yang memproduski kebaikan-kebaikan baru dikeseharian masyarakat. Menjadi mahasiswa bukanlah hanya sekedar untuk mendapatkan satu lembar ijazah atau gelar saja, juga bukan jembatan untuk memperoleh ijab-sah, tetapi pada setiap mahasiwa ada tanggungjawab moral menghadirkan nilai-nilai baru yang membawa masyarakat dati satu titik ke titik yang lebih baik”., demikian ditegaskan oleh M.Arsad Dalimunte yang berkesempatan berada  diperhelatan diskusi informal ini.


B. Materi Pemantik

C. Peta Reaksi
Dipenghujung pertemuan, peserta diberi soal untuk memetakan persepsi dan tingkat urgensi materi semacam ini diselenggarakan bagi mahasiswa farmasi dan atau mahasiswa profesi Apoteker. Pendapat-pendapat dari segenap peserta direkap dengan harapan bisa memperkuat hypotesis bahwa memberikan “mata kuliah kewirausahaan dan pembangunan karakter”  menjadi penting dan perlu menjadi kurikulum yang diajarkan. Pada akhirnya , para farmasis maupun apoteker  menjadi insan-insan yang secara sadar akan mengambil tanggungjawab senantiasa baik dalam mengembangkan profesi maupun keilmuannya. Hal ini menjadi cita-cita besar beberapa Apoteker senior khususnya di lingkungan RSMS (RSUD Prof Dr.Margono Soekarjo) Purwokerto yang antara lain Bapak Drs Deni Henandar, Apt, Ibu Ida Nur Farida, Apt, Ibu Aris Apt  dan Bapak Drs. Budi Raharjo, Apt,Sp.FRS.

Jawaban para peserta kuliah disampaikan melalui email dalam kurun waktu 1x24 Jam sejak kuliah usai digelar. Akumulasi jawaban mereka disajikan berikut ini :

REKAPITULASI RESPON MAHASIWA & RESPON NARSUM
NO 
JAWABAN
01
"aginasti.priyawan@gmail.com" <aginasti.priyawan@gmail.com> menulis:

Menurut saya penting , karna dapat menambah kualitas dan kapasitas wawasan sebagai seorang apoteker.
@ Agniasti : thanks atas responnya, semoga hidup akan menjadi lebih berpengharapan melalui perintisan karya-karya walau memulai dari hal sederhana sekalipun...sukses selalu...
2
Agung Hidayatullah syarif <agung.gemlite@gmail.com> menulis:

Menurut saya kuliahnya penting dan bermanfaat untuk profesi apoteker guna meningkatkan kepercayaan diri seorang apoteker dalam menghadapapi dunia kerja dan lebih bijak dlam memaknai kehidupan.
@ Agung : thanks atas respon dan daya dukunnya..semoga sukses selalu dengan kepercayaan diri yang terus tumbuh..amin..
3
patrick dhimas <patrickdhimas@gmail.com> menulis:

Sangat penting untuk membangun kapasitas diri seorang apoteker karna ilmu begini sangat super penting untuk pembekalan motivasi,,
 @ Patrick : thanks atas apresiasi dan menjadi bagian dari perhelatan sharig session...semoga terus bersemangat untuk menjadi apoteker yang super....amin..
4
erniehalimatushadyah@rocketmail.com

Menurut saya materi seperti ini sangat baik untuk membangun karakter dan menyadarkan diri akan pentingnya mengenalkan diri sendiri. Tidak banyak orang yang sadar bagaimana membentuk diri yg berkualitas dan berkuantitas, dan tidak jarang ketika byk mahasiswa setelah lulus justru tidak tahu bagaimana iya akan melanjutkan kehidupan di dunia pekerjaan. Persaingan setiap hari semakin bertambah hanya orng2 yang berkarakter dpt melakukan suatu perubahan. Materi how to sell your self? Mampu mengajarkan kami para apoteker muda untuk lebih memiliki karakter lebih mampu memperkenalan profesi kami kemasyarakat khususnya, serta memberika  motivasi untuk selalu meningkatkan rasa percaya diri. 
@Ernie : thanks atas apresiasinya.isi email ernie menandalan kalau ernie betul2 menyimak plus menghayati proses kuliah kemarin. Semoga bisa meng-inspirasi energi untuk terus meningkatkan kapasitas diri dan sekaligus mengembangkan karya2 berdimensi kemandirian dan juga perluasan makna bagi banyaak orang...amin...
5
rahmad aprianto (rahmadaprianto92@gmail.com)

Menurut pendapat saya perlu, karena dengan adanya perkulihan seperti membuka pemahaman dan cara padang apoteker dalam menjalin kerjasama dalam bekerja dan memberikan optimisme bagi apoteker muda.
@ rahmad: thanks atas apresiasinya dan pendapat Panjenengan akan menguatkan hypotesis bahwa hal ini perlu demi menjadikan para apoteker menjadi lebih "marketable".
6

Kuliah seperti ini sangat bermanfaat dan berpengaruh terhadap perkembangan apoteker ke depannya.Dimna dlam kuliah ini kami(calon apoteker) di ajak untuk merubah paradigama tentang ke Apa-an dan ke bagaimna-an seorang apoteker itu sebenarnya dan apoteker di tuntut untuk bukan hanya memiliki ke cerdasan intelektual melainkan harus memiliki 3 kecerdasan baik kecerdasan intelektual,emosional maupun spiritual.
@ Andi : thanks atas responnya dan seneng mendengar reason yang dikemukakakan dimana didalamnya terdapat kedan kuat untuk terus mengembangkan paradigma ke arah yang lebih baik. semoga sukses selalu...amin...
7
 Menurut saya kuliah seperti ini penting untuk seorang apoteker karena bisa meningkatkan motivasi untuk para apoteker baru yang akan memasuki dunia kerja, sehingga bisa meningkatkan kualitas kerja.
@ Nurul Wahid : thanks atas email dan apresiasinya, semoga menguatkan alasan betapa pentingnya kuliah semacam ini digelar khususnya di kalangan farmasis dan atau apoteker. Sukses selalu ya...
8

Penting karena dapat meningkatkan kualitas kerja profesi apoteker agar lebih profesional.
@ M Rosyid..: trims atas daya dukungnya terhadap gagasan memasukkan mata kuliah ini ke dalam kurikulum, semoga ini memperkuat dan sekaligus mempertinggi peluang sukses..amin..
9

Penting untuk memicu pemikiran yg mungkin masih terkubur, dan memicu pemikiran yg berbeda untuk menciptakan nilai tambah bagi apoteker..
@ Hermawan : trims atas emailnya...semoga terus bergairan melahirkan nilai beda yang selanjutnya mendatangkan nilai tambah bagi diri....sukses selalu ya..
10

Perlu, karena untuk menambah nilai plus bagi setiap individu sebagai calon apoteker yang kompeten, sebagai tuntutan agar terciptanya generasi apoteker yg lebih baik dari sebelumnya.
@ susanti..thanks atas daya dukung dan perkenannya menjadi bagian dari perhelatan kuliah informal ini, semoga menginspirasi energi untuk terus berkarya...amin 
11

Menurut saya penting karena dapat memotivasi kami sebagai apoteker dalam memasuki dunia kerja dan mengingatkan kami makna hidup sesungguhnya, percuma saja kita terlalu banyak terori tapi kita tidak tau tujuan dasar hidup yang sebenarnya.
@ Irna : makasih ya atas responnya...semoga menginspirasi dalam menemukan makna-makna hidup yang selanjutnya berpengaruh pada semangat untuk terus memperluas makna diri bagi sesama...amin...
12

Penting untuk selalu membentuk semangat dan motivasi yg memberikan keyakinan positif dari pemikiran mahasiswa. Sehingga mahasiswa selalu merefresh semangatnya.
@ Resta : trims emailnya..teruslah memompa semangat yang berujung pada lahirnya karya2 bermakna bagi sesama...ingat diluar sana masih banyak yang masih memerlukan jawaban atas persoalan yang tengah membelit...saatnya anda mengambil inisiatif...salam sukses dan mari saling mendoakan...amin
13
perlu adanya kuliah seperti ini untuk membuka pikiran mahasiswa bahwa kita bisa dan memliki daya jual tinggi.. terkadang mahasiswa sudah takut dahulu untuk bertindak, jika tidak ada pemicu tidak ada api, tidak ada O2 api tidak bisa berkobar..
@ Tionalfa : trims atas emailnya..betul sekali bahwa sesungguhnya semua orang bernilai jual tinggi sepanjang dilakukan dengan cara-cara yang smart..mari berjuang untuk itu sehingga lebih besar peluang membahagiakan orang-orang sekitar....sukses selalu ya....
14

perlu, karena menurut saya ilmu pengetahuan itu tidak harus selalu berupa teori tertulis, ilmu seperti ini dibutuhkan supaya kita lebih 'open mind' dalam menghadapi segala sesuatu.
@Unik: he2...unik baru saja mengaplikasikan "do'a yang tidak egois"..itu keren...open mind adalah tiket untuk lebih berkembang sebab belajar bisa dari apapun, siapapun dan kapan pun...sukses selalu ya... 
15

Perlu, karena seorang apoteker juga perlu meningkatkan kualitas dan kapasitas diri, salah satunya dgn appearance, perfomance, dan self confidence yg baik.
@ Lola : trims atas email dan respect-nya atas pegelaran kulia kemarin..semoga bisa meningkatkan kapasitas yang membuka peluang menciptakan kemandirian dan juga kebermanfaatan bagi lainnya, khususnya orang2 yang disayangi...amin
16

Perlu, untuk meningkatkan kepercayaan diri apoteker dalam mengemban tanggung jawab sebagai apoteker. 
@ Ayu : trims atas email dan daya dukungnya..semoga menjadi apoteker yang multi makna bermodalkan keyakinan tinggi..sukses selalu ya......
17

Perlu Krn Menurut sya penting juga untuk menumbuhkan rasa percaya diri seseorang, serta meluruskan niat seseorang agar menjadi baik dan benar karena sesuai hadis nabi innamal a'malu binniyat WA innama likullimri.in ma na nawa.
@ Khanif : thanks atas apresiasi dan daya dukungnya..semoga terbangun percaya diri untuk terus menjalankan kesempatan hidup yang disajikan ALlah SWT, khususnya berkaitan dengan profesi...sukses selalu ya..
18

Perlu untuk menambah kepercayaan diri apoteker dan merubah mindset cara berpikir kedepan
@ Niko : thanks atas apresiasinya dan semoga efektif menumbuhkembangkan percaya diri dan mindset yang inspiratif. 
19

menurut saya perlu diadakan kuliah tentang how to sell yourself bagi mahasiswa apoteker karena bagi apoteker kuliah tersebut bisa menambah pengetahuan tentang diri pribadi untuk menambah kepercayaan diri sehingga untuk menghadapi dunia kerja yang semakin keras tuntutannya apoteker perlu kepercayaan yang tinggi yang besar untuk bekerja agar tercapai tujuan kinerja saran bagi perkuliaan perlu diadakan praktek bicara dan cara cara untuk meningkatkan kepercayaan diiri...
@ Fachruddin : trims atas responnya...juga sarannya yang baik sehingga pegelaran kuliah sejenis diwaktu mendatang akan mengalami peningkatan efektivitas, khususnya bagi segenap mahasiswa/i PKPA.  sukses selalu dan terus berkarya.........
20

Perlu untuk meningkatkan kualitas seorang apoteker
@ sabrina : trims atas emailnya...semoga mendatangkan manfaat dan berguna untuk langkah-langkah sabrina ke depan..sukses selalu ya....
21

Menurut saya kuliah seperti ini penting, karena termasuk salah satu motivasi supaya kami para calon apoteker lebih percaya diri dan lebih yakin terhadap tujuan akhir profesi kami yaitu menjadi apoteker yang profesional dan bertanggung jawab. 
@ Febby : trims atas emailnya dan daya dukungnya atas pegelaran kuliah semacam ini. trims juga atas sarannya sehingga lebih atractif dan menghibur walau tidak mengurangi efektivitas. Sukses selalu ya...semangat....


C.  Sisi kegembiraan tersendiri

Tak dinyana berita menggembirakan datang dari salah satu peserta sehari setelah perhelatan perkuliahan. Melalui email, beliau mengabarkan baru saja menghadap ketua jurusan di kampusnya yang mengabarkan kalau beliau  memperoleh nilai tertinggi. Selamat dan semoga hal ini sebagai modal awal untuk berkiprah ke depan, baik dalam membangun kemandirian maupun memperluas kebermaknaan. Amin Ya Robbal ’Alamin.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

5 Oktober 2016 02.24

Maksih atas ilmunya pak dan Sukses selalu juga ,semoga bahagia dunia dan akhirat...

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved