BKPM: WORKSHOP PEMETAAN POTENSI dan PELUANG INVESTASI DAERAH TAHUN ANGGARAN 2016

Rabu, 11 Mei 20160 komentar



WORKSHOP BKPM
PEMETAAN POTENSI dan PELUANG INVESTASI DAERAH TAHUN ANGGARAN 2016
Hotel Aston, Purwokerto,11 Mei 2016

Keberlangsungan Workshop
Dalam sambutannya, Ibu Tianur mewakili BKPM RI  menyampaikan bahwa BKPM RI sedang concen mem-fasilitasi BKPM dalam mengembangkan potensi investasi di seluruh Indonesia. Untuk tahun anggaran 2016, ada 7 (tujuh) kabupaten kota di Indonesia yang dipilih dan salah satunya adalah Kabupaten Banyumas.  Sampai dengan triwulan I, angka investasi PMA yang masuk ke Indonesia berjumlah lebih kurang 150 Triliun. Pemerintah RI juga men-targetkan kenaikan investasi ditargetkan sebesar 15%  per tahun. Untuk itu, segala upaya dilakukan guna peningkatan kondusifitas iklim investasi, termasuk dalam hal penyederhaan perizinan investasi seperti izin prinsip, Akte Pendirian, NPWP, TDP, APTK, informasi blocking tanah (memudahkan dalam meng-akses informasi tanah yang layak untuk ber-investasi) dan lain sebagainya. Ada lima prioritas investasi untuk tahun 2015-2019 yaitu: (i) infrastruktur (ex: listrik pelabuhan,dsb); (ii)  pertanian (jagung, penggemukan sapi dsb); (iii)  industri padat karya (firniture, tekstil dsb); (iv) industri hilirisasi dan; (v)  maritim.

Sementara itu, Pak Azis selaku kepada BPMPP dan sekaligus mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas menyampaikan terima kasih dan merasa bersyukur Kabupaten Banyumas menjadi salah satu dari 7 (tujuh) Kabupaten/Kota yang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan workshop potensi daerah.   Hal ini akan sangat membantu Banyumas memetakan potensi dan sekaligus mempromosikan kepada para investor.  Beliau menegaskan bahwa BPMPP Banyumas sangat fokus dalam hal investasi dan selalu mencari upaya-upaya kreatif bagaimana investasi masuk ke Banyumas sehingga meingkatkan laju tumbuh perekonomian masyarakat Banyumas. Banyak investor yang bertanya tentang detail potensi daerah Banyumas, namun BPMPP masih terbatas dalam menyampaikan informasi karena belum detailnya data seputar informasi potensi dan peluang. Oleh karena itu, melalui pegelaran workshop ini diharapkan akan melengkapi data yang ada sehingga memperbesar peluang Banyumas kemasukan investasi yang lebih banyak. Sebagai informasi tambahan bahwa di 2016 Kabupaten Banyumas akan melakukan revisi tata ruang sehingga lebih ramah terhadap investasi. Adanya potensi kendala dari tata ruang yang sudah ada saat ini mejadi salah satu bahan evaluasi dalam perubahan tata ruang nanti. 

Dalam paparan prresentasinya, Bung Panjaitan selaku konsultan investasi menekankan bahwa kondisi politik, karakteristik tenaga kerja, iklim masyarakat (situasi dan kondisi) merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan sebuah investasi. Beberapa yang jadi hambatan investasi antara lain; lahan, infrastruktur, ekses otonomi daerah, energi dan pembiayaan.  

Berkaitan dengan kegiatan workshop ini, beliau menjelaskan faktor-faktor  yang melatarbelakangi kegiatan ini, antara lain:
1.      Investasi dan penanaman modal merupakan salah satu faktor kunci pembangunan ekonomi.  
2.   RPJMN menekankan perlunya Peningkatan daya saing perekonomian perlu diarahkan pada peningkatan infrastruktur, ketersediaan enerji, dan peningkatan iklim investasi dan iklim usaha, serta tata kelola birokrasi yang lebih efisien

Sementara itu,  workshop ini bertujuan untuk :
1.  Menyediakan data dan informasi potensi dan peluang investasi daerah
2. Menyediakan data dan informasi tentang ketersediaan lahan, ketersediaan sarana prasarana, peluang pasar, kawasan industri, kawasan berikat danlain sbagainya.
3.      Kebijakan pemerintah terkait informasi daerah.
4.      Penyediaan infrmasi bagi publik khususnya bagi calon investor.

Untuk tujuan itu maka tim konsultan melakukan langkah-langkah pengumpulan data, wrokshop di pusat dan daerah; penyusunan buku potensi, penyusunan peta wilayah investasi.

Tersedianya peta potensi dan peluang investasi yang terpadu menjadi output dari kegiatan ini. Output dari tahapan penyusunan potensi daerah ini menarik untuk ditunggu sehingga diperoleh informasi detail yang menggambarkan potensi dan peluang investasi di seluruh wilayah Indonesia.  

Wakil Bupati Hadir Di tengah Diskusi Sedang Berlangsung

Ditengah diskusi sedang berlangsung, Wakil Bupati Banyumas, dr.Budi hadir ke tengah-tengah peserta sekitar jam 11-an setelah menghadiri agenda "penanaman bersama" di salah satu desa di wilayah Banyumas. Dalam sambutan dan arahannya, dr. Budi menyampaikan beberapa pesan dan harapan kepada nara sumber dan segenap peserta workshop  untuk :
  1. Berharap hasil workshop ini mendatangkan manfaat dan nilai tambah bagi Pemkab Banyumas, dunia usaha dan khususnya masyarakat Banyumas berpotensi menjadi lebih sejahtera.  
    2.      Berharap hasil  workshop ini  memberikan daya dukung bagi tumbuhnya minat para investor untuk berinvestasi di wilayah Banyumas.
    3.      Peningkatan investasi akan linier dengan kemampuan Pemkab dalam mengembangkan infrastruktur yang pada akhirnya bisa mensejahterakan masyarakat banyumas.
    4.      Dalam 10-20 tahun kemudian, wakil bupati meyakini kab.banyumas akan terus tumbuh dan berkembang seperti Yogyakarta.  

Beliau juga sempat berpormosi seputar potensi Banyumas yang antara lain :

1.      Berdasarkan posisi kewilayahan, Banyumas itu kota transit yang membuat wilayah ini sangat potensial bagi pengembangan investasi di berbagai sektor. 
2.      Disamping potensi pertanian, tambang, batik, bandol, kerajinan payung banyumas dan lain sebagainya,  Banyumas juga merupakan destinasi wisata dengan berbagai obyek menarik berikut keberagaman makanan khasnya. 

Dipenghujung sambutannya, beliau menegaskan bahwa Pemkab Banyumas terus berbenah diri untuk menyajikan pelayanan terbaik dalam urusan investasi sehingga investor termotivasi semakin mengembangkan aktivitasnya di wilayah banyumas. Akhirnya, beliau berharap “peta potensi wilayah banyumas” dapat segera tersusun sehingga menjadi "bahan yang sangat baik dan menarik" untuk mempromosikan Banyumas ke segenap stake holder khususnya calon investor, baik lokal, nasional maupun asing.
 
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved