MENATA KEYAKINAN dan OPTIMISTIK BERSAMA MAHASIWA/I PKPA (PRAKTEK KERJA PROFESI APOTEKER)

Minggu, 20 Maret 20160 komentar



MENATA KEYAKINAN dan OPTIMISTIK
BERSAMA MAHASIWA/I PKPA (PRAKTEK KERJA PROFESI APOTEKER)
A. Pengantar

Bertempat di ruang Diklit RSUD Prof.Dr.Margono Soekarjo, kelas motivasi digelar bagi segenap mahasiswa/i PKPA pada hari Sabtu, 19 Maret 2016. Kali ini, kelas motivasi berpenghuni sekitar 50-an yang beberasal dari kampus UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto), UGM (Universitas Gajah Mada) Yogyakarta, STIFAR (Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi) Semarang, UAD (Universitas Ahmad Dahlan) Yogyakarta, UII (Universitas Islam Indonesia) Yogyakarta dan USB (Universitas Setya Budi).



Sebagaimana judul tulisan ini, materi diarahkan untuk membentuk kemandirian melalui penataan keyakinan dan pembangunan optimistik. Isu kemandirian menjadi penting bagi profesi Apoteker mengingat profesi ini memungkinkan mereka untuk menyelenggarakan aktivitas mandiri khususnya di bidang kefarmasian. 



Kelas berlangsung santai dan tak jarang diselingi dengan humor sekedar untuk memecah suasana. Sesekali, mereka diajak ikut berfikir atau menjawab pertanyaan ringan sehingga fokus dan efektivitas materi teteptersampaikan. 

Dinamika materi membawa suasana beragam. Terkadang peserta menunjukkan wajah optimistik dan tak jarang menegaskan perasaan bersalah atas ragam peluang kebaikan yang terlewatkan oleh karena kurang tepat dalam me-manage waktu. Kala terlihat peserta mulai lelah, tawa pun dimantik untuk me-refresh energi dan focus kembali.





Ada beberapa hal yang menjadi pokok fikiran yang tersampaikan dalam sesi motivasi kali ini yang antara lain sebagaimana dijelaskan berikut ini :

1.   Lima langkah dalam menjalani hidup, yaitu ; (a) niat baik; (ii) bangun mimpi besar; (iii) Optimalkan energi, bakat, waktu dan energi; (iv) berdo’a tidak egois dan; (v) pasrah dalam arti menerima hasil akhir dengan ikhlas yang diikuti dengan  semangat memperbaiki diri untuk hasil yang lebih baik.

2. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik disarankan melakukan 4 (empat) yang berpangkal dari keyakinan yang kuat. Keyakinan kuat mempengaruhi pola fikir dan kemudian mempengaruhi tindakan dan menentukan hasil akhir yang akan diperoleh

3.   Beberapa kalimatbernada spirit sempat mengemuka, antara lain :

  • Kemiskinan merupakan dampak dari kebelumsepurnaan iman.
  • Sering ketidakmajuan berawal dari in-konsistensi kemauan dan kesabaran berproses.
  • Dalam kalimat “Tuhan seperti prasangka hamba-Nya” terdapat mantik “Hamba seperti apa yang pantas prasangkanya diikuti Tuhan”.
  •  Tidak ada pelaut tangguh dari air yang tenang. Oleh karena itu, ragam ombak kehidupan merupakan faktor penting dalam membentuk ketangguhan mentalitas juang. 
  • Semua orang ingin sukses tetapi sebagian dari mereka tidak benar-benar menginginkan kesuksesan itu datang. Hal ini terlihat dari tidak relevannya antara mimpi yang ingin diraih dengan langkah-langkah yang ditempuh dikeseharian.



B. Rekapitulasi Persepsi dan Apresiasi

Ujung dari pegelaran kuliah tambahan bagi segenap peserta PKPA ini adalah terbentuknya paradigma pentingnya mata kuliah sikap mental mandiri dan kewirausahaan diajarkan pada mahasiswa farmasi dan juga mahasiswa/i profesi apoteker.  Hal ini menjadi urgent mengingat profesi Apoteker menuntut adanya kemadirian berfikir dan juga bertindak.    

untuk mendapatkan suara dan persepsi mereka, dipenghujung kuliah diberikan 2 (dua) pertanyaan yang dijawab via email dalam durasi waktu 1x24 Jam, pertanyaan yang satu tentang respon terhadap  pegelaran kuliah semacam ini dan yang kedua tentang apa saja yang ingin mereka sampaikan. 

Namun demikian, karena pertanyaan yang kedua lebih bersifat pribadi, maka tidak disajikan dalam tulisan kali ini. 



RAGAM REAKSI DAN CELOTEH ANAK PKPA
NO
Ragam Reaksi dan Celoteh

  1.  
Chery, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
1.      Kuliah seperti ini menurutku sangat penting baik untuk calon apoteker ataupun untuk berbagai profesi lainnya. Karena di bangku kuliah tidak diberi kuliah semacam ini, padahal masih banyak mahasiswa yang bimbang setelah lulus mau kemana, kerja apa, dimana dan bagaimana untuk meraih pekerjaan yang sesuai keinginan. Dengan adanya kuliah motivasi ini diharapkan dapat membuka pola pikir mahasiswa untuk memiliki pemikiran yang lebih luas dalam meraih kesuksesan kedepan, memberikan semangat baru dalam melangkah menuju menjadi yang lebih baik, membuat mahasiswa untuk menciptakan strategi-strategi dalam meraih kesuksesan seperti yang diharapkan dan membuat mahasiswa untuk menjadi manusia yang lebih baik, tidak hanya untuk diri sendiri akan tetapi juga berguna untuk orang lain. Kuliah seperti ini perlu diberikan kepada mahasiswa PKPA berikutnya, bahkan untuk semua orang agar dapat memicu semangat hidup dalam meraih kesuksesan apapun profesinya dan berapapun usianya.
2.      Setelah mengikuti kuliah ini, saya memiliki semangat baru, terbukanya pola pikir yang lebih luas, dan kepercayaan diri menjadi meningkat untuk meraih impian, yaitu kesuksesan. Kesuksesan yang nantinya dapat berguna untuk diri sendiri dan untuk oranglain......!!! Kemajuan akan tercapai apabila ada kemauan dan tindakan. Tindakan akan tercapai apabila ada semangat.
@ Caherry : seneng mendapati chery menjadi bersemangat..semoga hal ini akan memberi efek lipatan energi dalam menatap dan menjalani hidup diberikutnya. semoga chery sukses membentuk  rekam jejak kebaikan hidup yang bisa dikenang dan menginspirasi banyak orang. Salam Sukses...!!!!!!    

  1.  
02. Ari Rahmawati, S.Farm. ari.rahma93@gmail.com
Sangat penting karena materi yang Bapak Arsyad sampaikan memberikan keyakinan bagi profesi apoteker untuk mampu menjadi profesi yang mandiri dengan meningkatkan kapasitas diri. Selain itu, injeksi motivasi dan beragam inspirasi dari Bapak mampu meningkatkan kepercayaan diri serta tekad untuk meraih impian dengan konsep ibadah, dimana niat baik akan berbuah kemanfaatan dan kesuksesan yang diperoleh patut disyukuri dengan berbagi, dengan begitu sukses yang diperoleh tidak hanya dirasakan secara pribadi tetapi menjadi manfaat bagi orang lain.
@ Ari Ari Rahmawati, S.Farm. 
terima kasih atas apresiasinya dan saya seneng cara ari berkalimat dimana sarat pesen begitu dalam. Saya mendapati ari penuh semangat untuk terus berkembang. Teruslah berjuang dan optimalkan waktu yang dititipkan Tuhan, sebab kesempatan untuk berbuat tak pernah kita tahu kapan dicukupkan. Sukses selalu dan teruslah melakukan segala hal berdasar niat baik dan keikhlasan yang terjaga, sebab kebaikan akan berbuah kebaikan pula. Mari saling mendoakan. 

  1.  
Ita : zeptyana@gmail.com
Syarat kesuksesan tidak melulu ngomongin soal IPK dan bangku kuliah. Materi semacam ini, katakan saja bagi saya ini adalah sebuah“materi dari orang jahat, untuk orang jahat” ya memang benar, orang jatat yang selalu berusaha memperbaiki diri dan memantaskan diri untuk menjadi lebih baik. Dari beliaulah tujuan hidup (selain untuk mati) dapat mulai saya tanamkan untuk menjadi sesorang yang “katanya” bisa disebut dengan istilah sukses. Saya menyebut beliau “bapak jahat”, Pak M. Arsad Dalimunte sebagai pemateri yang menurut saya mempunyai segudang ide-ide gila yang membuat saya berpikir lebih “oh begini toh hidup itu harus dijalani”. Semua pertanyaan terkait “What, Who, How, When, Where” tentang sukses menjadi Apoteker terus terngiang-ngiang dibenak saya. Dan semua pertanyaan itu sedikit demi sedikit terjawab ketika beliau mentransferkan ilmu jahatnya untuk mem-mahasiswakan atau mem-apotekerkan kami. Seperti kata beliau Apoteker adalah profesi yang mandiri. Beliau ingin kami yang notabene kelak ada yang bekerja sebagai APA (Apoteker Penanggungjawab Apotek) diposisikan sejajar dengan PSA, bukan malah sebaliknya diposisikan dibawah PSA. Menjadi sukses tidak harus meminta, itulah istilah yang beliau sampaikan apabila kelak kami sebagai apoteker hanya akan bekerja di suatu perusahaan atau instansi negara yang menggaji atas pekerjaan kami. Tapi beliau juga mengajarkan bagaimana ketika kita dapat bekerja mandiri berawal dari niat baik untuk membangun mimpi, untuk melaksanakannya bukan hanya dengan tenaga tetapi juga dengan pikiran, akal, bakat, dan ide seiring dengan kekuatan doa hingga mempasarahkan segala yang sudah kita lakukan kepada sang Pencipta untuk menjadi Apoteker mandiri yang sukses.
@ Ita : thanks dah merespon dan apresiasi terhadap pegelaran kuliah singkat. Ita sukses membuat mata saya berkaca-kaca dengan kalimatmu. Ita pinter memantik emosi saya lewat tulisan yang dikirimkan. Oke..berkomitmen belajar menjadi baik dan sabar dalam berproses akan membawa pada capaian-capaian yang akan terus meluas dan lebih memakna. Semoga ita sukses dalam penjagaan Tuhan...amin.

  1.  
04.  NILAIINDRAWATI nilaindrawati2901@gmail.com
menurut saya penting,motivasi sangat  penting, karena dengan adanya motivasi akan menciptakan pola pikir yang sebenarnya, dengan adanya motivasi kita menjadi lebih ingin mewujudkan apa yang kita inginkan (bergerak maju).
@ Nila
terima kasih email dan responnya, seneng kalau kuliah kemarin bisa mencerahkan dan  mendatangkan semangat baru untuk melakukan hal2 yang mendatangkan capaian-capaian baru dalam hidup. Semoga segera bergerak maju,s ebab penundaan bermakna penyia2an kesempatan untuk melakukan kebaikan...

  1.  
dari awal diumumkan akan diadakan kuliah motivasi saya sudah ingin ikut. setelah ikut saya benar-benar merasa termotivasi. ini serius pak. dari kuliah ini saya mendapat sebuah pelajaran bahwa yang harus saya lakukan nanti sebagai seorang apoteker ketika bekerja di apotek saya tidak boleh meminta-minta. saya harus dibayar sesuai dengan kapasitas saya sendiri.
@ Annisa..
thanks dah ber-email dan alhamdulillah bisa memotivasi anisa. Semoga hal ini akan menjadi sumber energi baru untuk melakukan hal-hal baik dikemudian hari, khususnya dalam membentuk rekam jejak kebaikan yang menginspirasi orang lain. SUkses selalu dan semangat..!!!

  1.  
menurutku sih materi ini asik-asik sj sih, g masalah bila materi ini diberikan k calon apoteker karena dengan adnya materi ini seorang calon apoteker dapat menentukan pilihannya dalam memaknai hidupnya sendiri
@ Edi Zunaedi : thanks atas email dan daya dukungnya, semoga bisa menambah gairah untuk percaya diri dalam menentukan pilihan diantara opsi-opsi yang terbuka. Sukses selalu....semangat..!!!!!!!!!!

  1.  
niaauliafebrianty@yahoo.co.id
Penting, sebagai motivasi bagi para calon apoteker setelah lulus nanti dalam memanagement bisnis apotek, selain itu kita juga tahu tips-tips dalam membangun bisnis selain bisnis perapotekan.
@ nia : thanks atas responnya..semoga pendapat nia akan memperkuat kesimpulan bahwa mata kuliah motivasi dan entrpreneurship memang perlu diajarkan pada program profesi apoteker dan juga farmasi.

  1.  
Penting banget, karena ada gambaran dan sangat memotivasi besok setelah lulus dari profesi apoteker kita kerjanya bisa flexible nggak harus kerja jadi PNS tapi bisa berwirausaha buka apotek atau usaha yg lainnya.
@ nelita sang pengagum pelangi : thanks atas emailnya dan berharap kuliah kemarin bisa menjadi satu pemantik untuk lebih mencintai kemandirian yang tidak hanya akan membuat diri tidak bergantung, tetapi juga berpeluang melahirkan harapan bagi orang lain. sukses selalu dan teruslah bersemangat untuk mengarungi jalan hidup yang tak terpetakan. Semoga niat baik yang terjaga akan bertemu kebaikan...amin

  1.  
Menurut saya, kegiatan sper sangat bermanfaat bagi para mahasiswa pkpa dalam menumbuhkan percaya diri dan keyakinan mahasiswa pkpa. Kegiatan seper ini diharapkan dapat memovasi mahasiswa pkpa dalam menjalani hidup mandiri. Tidak semua orang memiliki sifat kepercayaan diri yang kuat, padahal dalam dirinya sendiri sebenarnya  tersimpan potensi potensi yang dapat menjadikan dirinya berkembang. Tapi masalahnya kita dak bisa memunculkan potensi yang ada dalam diri kita, kita dak mengenali apa kelebihan-kelebihan dan keunikan2 yang dak dimiliki oleh orang lain. Maka dari itu dengan  adanya kegiatan pemberian semacam movasi seper ini diharapkan dapat memicu dan menginspirasi para mahasiswa pkpa dalam memunculkan potensi2, dan ide2 cemerlangnya sehingga kepercayaan dan keyakinan akan kemampuannya menjadi kuat. Jadi menurut saya kedepannya kegiatan seperi ini perlu diadakan kembali.
@ Asep : thanks atas emailnya dan berpandangan sebuah kemandirian penting dan percaya diri perlu ditumbuhkan merupakan modal awal yang baik untuk bertemu potensi diri. Semua tergantung niat dan kemauan. Lihatlah betapa kemauan telah mendorong orang untuk melakukan sesuatu dan kemudian perjalanan membimbingnya pada gagasan-gagasan baru. Tak mudah mengenal diri dan potensi, tetapi memperhatikan kebiasaan dan apa yang disuka sering menuntun seseorang menemukan diri dan potensi yang ada padanya. Teruslah mencoba dan renungkanlah mana yang menjadi chemistry dan kemudian ingin terus ditekuni.Mencoba yang berulang akan membawa pada percaya diri yang terus tumbuh. Selamat mencoba.....!

  1.  
jujur, aku tidak yakin ini akan memotivasi ku pak, karena lihat penampilan bapak. tapi setelah mengamati dari awal sampai akhir, ternyata saya salah menilai. Ilmu itu bisa didapat dari mana saja, dan dari siapa saja. “Lihatlah apa yang dikatakanjangan lihat siapa yang mengatakan". hehe 
jadi aku simpulkan, aku termotivasi dengan kuliah kemarin pak. Untuk menjadi seorang apoteker itu tidak cukup hanya gelar saja, tapi harus punya kapasitas juga sebagai seorang apoteker. Jujur pak, aku awalnya tidak pernah terpikir kalau harus berurusan dengan yang namanya obat-obatan. tapi ini mungkin takdir ku, sudah jalannya seperti ini. tinggal bagaimana aku melanjutkan, dan berusaha untuk mencapai kapasitas itu, yaitu dengan belajar dengan tekun, dan mempunyai keyakinan yang kuat kalo semua itu bisa ku capai.
makasih pak kuliahnya sangat bermanfaat, suatu saat nanti aku bisa bangun apotek sendiri...In Sha Allah...
@ Teni : thanks atas email yang diawali dengan kejujuran yang mengundang senyum diakhirnya. Saya percaya takdir walau pasrah bukanlah pilihan bijak. Hidup menawarkan banyak pilihan dan keberanian untuk memilih menjadi pintu masuk untuk melakukan sesuatu dengan senang hati tanpa menunggu dipaksa keadaan. Teruslah berproses dengan sabar hingga kapasitas itu akan tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu dan atau seiring munculnya kesadaran dan atau kemauan mengakselerasi tumbunya kapasitas itu.   Semoga teni bertemu sukses dan tetep semangat...amin !!!

  1.  
debby farmasi <debbyfarmasi@yahoo.co.id> menulis:
materi motivasi sangat penting. karena materi motivasi dapat menambah atau membuka wawasan para calon apoteker bahwa profesi apoteker adalah profesi mandiri dalam pelayanan kesehatan dan membuka pemikiran para calon apoteker bahwa seorang apoteker tidak selalu harus menjadi seorang pegawai dan bergantung pada PSA.  terima kasih Pak atas materi motivasinya sangat membantu dan bermanfaat untuk kami para calon apoteker. lewat materi bapak saya termotivasi untuk bisa menjadi apoteker mandiri dan sukses yang bisa mendirikan apotek untuk meningkatkan pelayan kesehatan dimasyrakat. doakan ya pak.
@ Debby yang ingin menjadi apoteker mandiri. trims dah beremail dan seneng mendapati kian kuatnya semangatDebby untuk menjadi pribadi mandiri, semoga mimpi Debby bertemu jawab indah dan itu artinya akan melahirkan kemandirian dan juga harapan hidup bagi orang lain. Sukses selalu dan mari saling mendoakan agar kita berkesempatan melakukan hal2 yang meng-inspirasi. Salam semangat dan selamat berjuang untuk sebentuk mimpi.....!!!!!!

  1.  
Putri Windiantari <putriwindiantari92@gmail.com> menulis:
Terimakasih pak untuk motivasi yang diberikan Menurut saya sangat penting materi ini karena bisa memberikan motivasi dan inspirasi hidup untuk kedepanya. Dari materi yang bapak kemarin berikan , saya menjadi mengerti akan arti kehidupan . Bahwa hidup tidaklah untuk uang  tetapi untuk memaknai kehidupan yang lebih berarti .
@ Putri : trims atas responnya. Semoga tambahan pemahaman hidup menjadi motivasi dan sumber energi baru untuk memaknai hidup tidak sebatas mengumpulkan materi yang berpotensi menimpa diri sendiri dan klelep sesek didalamnya. Semoga Putri akan sukses dalam menterjemahkan kesempatan hidup kedalam hal-hal yang penuh arti bagi sesama. Salam juang...!!!

  1.  
lejar duanti <lejarduanti18@gmail.com> menulis:
Materi motivasi seperti ini sangat penting karena dapat membuka pola pikir bagi calon apoteker untuk melihat dunia secara luas. Bahwa sebagai apoteker kita tidak hanya dapat bekerja di apotek atau rumah sakit namun juga dapat membangun mimpi apapun itu asalkan diniatkan dengan baik dan bersungguh-sungguh. Jika bisa acara seperti ini diadakan secara rutin agar dapat membimbing calon-calon apoteker untuk merancang masa depan yang lebih baik.
@ Lejar : thanks atas emailnya dan semoga mendorong laju gagasan untuk melakukan banyak hal sebagai cara membentuk rekam jejak yang layak untuk dikenang.

  1.  
Eka Rosiana <ekarosiana1@gmail.com> menulis:
Nama saya eka rosiana pak, saya dr farmasi UAD yogyakarta, materi yg bapak berikan sangat menarik dan memotivasi sekali untuk kami yg seperti telur baru di erami induknya, disaat memecah menjadi penuh semangat untuk dapat berkarya dan menghadapi dunia kerja.. tapi nyali kami kecil pak, sulit untuk keluar dari zona nyaman ini, sedikit yg saya tau anak farmasi terhimpit ekonomi dan dewasa dengan keadaan sehingga bisa terpaksa berkarya.. yg saya tau anak farmasi berpikirnya yg keras dan terbiasa ditekan, dengan tugas dan materi kuliah yg cukup sulit, jd terbiasa dibikin pusing dengan bahan yg ada didepan mata.. bukan mencari sesuatu atau memunculkan sesuatu.. nah menurut bapak dr mungkin kelebihan anak farmasi dlm berfikir keras terhadap apa yg disajikan bisa di belokkan menjadi sesuatu yg menghasilkan/ karya bagaimnaa?? 
@ eka : thanks dah beremail...saya tidak sedang mengerami telur, sebab kalian ada insan Tuhan berjenis manusia..he2. Tetapi itu perumpamaan menarik ditengah kepenatan fikir atas ragam tugas yang menyesakkan. Percayalah..Tuhan itu maha adil dan tak ada satupun yang terlewatkan oleh-Nya untuk diapresiasi. Kemauan untuk memunculka sesuatu itu perlu dibangun sebagai pemantik lahirnya gagasan/ide. Satu hal, ide bisa lahir dari manapun dan kapanpun. Namun kelahiran ide perlu penyengajaan diri membangun kemauan ber-ide.Kemauan tanpa disadari membimbing konsentrasi dan pada akhirnye bertemu dengan kemauan itu sendiri..selamat mencoba...!!

  1.  
Dari: Andine <nonneandine@yahoo.co.id>
Bagi saya seorang calon apoteker, materi itu penting. Dngan materi kita bisa bangun usaha sendiri, buka usaha apotek misalnya, atau buka usaha lain yang sesuai dg passion kita. Dengan materi kita bisa menunjang penampilan kita yang memang , kebutuhan kita, kebutuhan orang disekeliling kita.. Dengan materi kita bisa memberi, sebisa mungkin berbagi dan tidak merepotkan orang lain. Materi memang bukan segalanya, tapi tidak dipungkiri materi penting untuk kehidupan kita.
@ Andine : thanks atas emailnya dan juga kejujurannya kalau kuliah kemarin melahirkan semangat baru untuk menjejakkan kebaikan2 baru dalam hidup. Semoga sukses selalu dan tetep semangat....!!

  1.  
NONAME (nama dan email tidak dicantumkan atas permintaan sendiri)
Menurut saya sih pembelajaran/materi seperti ini sgt penting, bukn cuma buat mahasiswa profesi apoteker saja sih, tapi untuk mahasiswa jurusan lainnya jg yg setipe dgn Profesi Apoteker jg pasti membantu. Karena dengan sya mendaptkan ilmu yg seperti ini jelas menmbah wawasn sya untuk nantinya saat saya lulus pendidikn profesi dan dpat sdikit memberi gmbaran apa yg harus sya lkukan dan terpikirkn rencna yg dpat dilkukan. Secara pribadi saya berhrap kelak akan ada materi seperti ini di dlm pembelajarn pendidikn apoteker (pendidikn yg lain jg) agar kami sebagai seorang profesi apoteker dapat lebih mandiri lagi dlm dunia pekerjaan dan menyambut MEA, sehingga kita bukn hanya ada sebagai pekerja2 dr pra pemilik modal sja tp jg dpt bekerja untuk dri sendiri/mandiri dan bahkan dapat membuat lowongan pekerjaan bagi teman sejawat lain (D3,S1,SMF) dan masyrakt yg lain yg membutuhkn.
2. Untuk mewujudkan keinginan seperti ini (dijadikan sebuah Materi pembeljaran Apt) pasti dibutuhkan perjuangan dan semangat yg berapi-api dan kemauan yg besr. pasti jg bxak rintangn yg dtg menghdang bukn dr faktor eksternal sj, tpi jg faktor internal yaitu dr tmn2/org2 profesi kita sendri/Universitas. sehingga saya sangat berharap hal seperti ini bukan hanya dijadikan wacana semata, dan hal ini dpat dijadikan suatu fakta dn realita untuk dapt mendorong para profesi apoteker keluar dari zona nyamanx sendiri  yg dikarenakn ketidaktahuan yg mendsar serta kurangx platihan dan pengalaman di dunia kerja. Mungkin yg bahkan pasti jawaban saya ini terlalu panjang lebar dan berbelit2. tetapi saya  menginginkan sesuatu yg terbaik untk profesi sya dan temn2 sya. saya jg masih sagt bingung bagaimn cr menerpkan Profesi mandiri ini serta masih tidk tahu thapan2 apa sj yg harus dilkukn untuk mencapai Profesi Mandiri ini. mungkin alangkah baiknya andaisaja ada fasilitas2 yg di berikan misx seminar atau ctatan yg menggambarkan jelas suatu teknik/cra agar hal ini dpat terwujud (Atau Mungkin sya yg belum tau yah pak). Yah intinya sih sya mendambakan hal ini (Profesi Mandiri untk Apt) dapat ter realitakan.
@ No Name : thanks atas email dan semangat pembelaan yang tinggi terhadap dunia pendidikan. Semoga pendapat njenengan akan memberi satu tambahan keyakinan bagi para perancang pendidikan dan juga pengambil keputusan untuk memasukkan kuliah motivasi dan kewirusahaan dalam kurikulum. Dengan demikian, lulusan akan lebih siap untuk menjalankan profesinya secara mandiri. Kalaupun berpartner dengan PSA, didalamnya terdapat satu apresiasi dan otonomi berkarya. Sukses selalu dan tetep semangat untuk berjuang...!!!! 

  1.  
ragil kurniawati <alhamdulillah63@gmail.com> 
Menurut saya materi pembekalan dr bapak pnting bagi saya karena dapat sebagai motivasi  dan menjadi bekal dalam menjalani usaha ke depan dan menjadi pebisnis yang sukses serta menjadi pribadi yang tangguh.
@ ragil : thanks atas emailnya, semoga pertemuan singkat di ruang kuliah kemarin bisa memberi satu tambahan semangat dan energi untuk membangun karya dan masa depan. SUkses Selalu...

  1.  
Arini Dwi Winarti <arinidwiwinarti@gmail.com> menulis:
Sangat bermanfaat karena dapat memberikan sudut pandang baru dan
motivasi kepada calon Apoteker dalam menjalani perannya dalam
kehidupan setelah lulus nanti. Terima kasih pak
@ Arini : thanks atas emailnya dan semoga keyakinan dan semangat menjadi pemandu Arini dihari-hari berikutnya.  teruslah memperjuangkan apa yang menjadi keyakinan, sbab mimpi tanpa aksi hanyalah illusi. Salam juang dan mari saling mendoakan....!!!!

  1.  
sukma sasmita68 <sukma.sasmita68@gmail.com> menulis:
Menurut pendapat saya pemberian kuliah motivasi tentang enterpreneursip sangat penting agar apoteker2 muda dapat menciptakan lapangan kerja sendiri (berwiraswasta) dan kita lebih mandiri dalam mengeksplor kemampuan kita  berwirausaha dalam bidang kefarmasian, misalnya membangun apotek yg mempunyai misi sosial, konsep yg unik, supaya profesi apoteker lebih dikenal dan dapat berkontribusi secara aktif memajukan bidang kesehatan. 
@ Sukma : thanks atas emailnya semoga sukma memperoleh tambahan energi untuk terus bergerak membentuk kemandirian dan sekaligus kepedulian terhadap sesama. Tak ada perjuangan yang mudah, tetapi keyakinan kuat dan pelibatan Tuhan dalam menggapai cita2 akan membimbing pada capaian yang layak untuk dikenang...sukses selalu ya dan mohon berkenan untuk saling mendoakan..amin.  

  1.  
Bagi saya sebagai calon apoteker sangat penting pak, karena bapak telah mengingatkan saya kembali tujuan utama bukan hanya mencari keuntungan pribadi, tetapi kita sebagai calon apoteker juga harus mencari hakikat kenapa kita ingin menjadi apoteker, untuk apa kita menjadi apoteker, dan untuk siapa kita bekerja menjadi apoteker. Dan hal yang lebih penting bahwa dengan adanya materi motivasi membuat saya sadar bahwa ada tanggung jawab besar yang akan saya pikul sebagai apoteker dikemudian hari. Berupaya memantaskan diri untuk berbicara secara profesional dihadapan pasien dan relasi seperti staf farmasi lain, dokter ataupun perawat merupakan tantangan besar yang harus dijalani. Semoga kita sebagai calon apoteker dapat menjalankan amanah secara benar.
@ Windi : thank atas emailnya...kesadaran akan hakekat dan tangggungjawab besar atas profesi adalah sebuah kebijaksanaan yang patut diapresiasi. Semoga kuliah singkat kemarin menjadi inspirasi untuk lebih berenergi dalam menterjemahkan tanggungjawab besar itu kedalam tindakan2 bijak yang edukatif dan motivasional.Amin..

  1.  
Materi motivasi kemarin menurut saya sangat penting bagi kami calon apoteker karena dapat membuka mindset kami untuk dapat melakukan pekerjaan kami kelak tidak hanya sekedar untuk mengejar materi, tetapi juga nilai dan kebermaknaan hidup untuk kami. Dari cerita-cerita motivasi yg bapak sampaikan sangat membuka mindset kami dan mampu memotivasi kami unyuk menjadi manusia yang lebih bernilai dan lebih baik lagi.
@ Halimah : thanks atas emailnya dan berharap kuliah kemarin bisa menjadi suplemen permanen agar tetep berenergi memperjuangkan cita-cita. Amin..SUkses selalu..

  1.  
pembekalan motivasi seperti ini penting bagi calon apoteker, bila perlu dapat diberikan saat awal pebelajaran apoteker. Sepertinya para calon apoteker perlu dimotivasi agar mereka mendapat kepercayaan untuk dapat membawa profesi mereka ke dalam lingkungan mereka.
@Rosari boru tanjung : thanks atas email dan apresiainya. Saya berharap materi sederhana lemarin bisa menjadi pemantik untuk terus bersemangat mewujudkan cita-cita..amin.

  1.  
Menurut saya kuliah seperti ini sangat penting bagi kami generasi muda, dimana kuliah ini sangat memotivasi generasi muda untuk bermimpi dan mewujudkan mimpi mencapai sebuah kesuksesan. Kuliah ini dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan terutama dengan merubah pola pikir para generasi muda yang selama ini hanya berminat sebagai pencari kerja. Terutama calon apoteker banyak yang memilih menjadi seorang pekerja baik apotik maupun rumah sakit (salah satunya saya). Padahal salah satu dari 9 stars pharmachist adalah  Entrepreneur, dimana Seorang Farmasi/apoteker diharapkan terjun menjadi wirausaha dalam mengembangkan kemandirian serta membantu mensejahterakan masyarakat. Kebanyakan para calon apoteker enggan berwirausaha karena faktor modal. Dalam berwirausaha memang membutuhkan modal namun yang paling penting  dalam berwirausaha adalah tekad, semangat pantang menyerah serta kemaun untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan merubah keterbatasan menjadi Peluang.
@ Nelwati..thanks atas emailnya dan tampaknya nelwati dah memahami betul apa itu kewirausahaan. optimalkan segala potensi dan jangan mengeluh atas keterbatasan. Seorang wirausahawan/ti itu adalah pejuang yang mau berkorban apa saja demi apa yang dia yakini. Semoga perjuangan Nelwati bertemu jalan yang membawa pada kesuksesan..amin.

  1.  
jujur untuk saya pribadi materi dari bapak sangat penting bagi apotker, dengan adanya materi motivasi ini dapat memicu lonjakan energy bagi kami, sebagai bahan bakar pemicu semangat untuk menjadi insan yang lebih baik.
seperti apa yang bapak katakana bahwa kita tidak mungkin mengerjakan semua pekerjaan sendiri, kita dapat menyerahakan pekerjaan kepada ahlinya, dan kita tidak perlu secara langsung mengerjakannya ... begitu juga bagi kami para anak muda (penerus bangsa.red). kita dapat belajar dari pengalaman-pengalaman bapak dimana tidak mungkin kami untuk mendapatkanya secara langsung .. kami dapat mengambil hikmah dari apa yang bapak share ke kami .. semoga dengan apa yang bapak sampaikan kami, dapat memotivasi kami menjadi insan yang lebih baik .. mungkin untuk kedepan, materi motivasi seperti ini dapat diberikan pada saat awal masuk sebelum pkpa dimulai. sebagai bekal, sebagai pemicu semangat belajar, sebagai inspirasi bagi kami apoteker muda.
@ Puji Atmoko : thanks atas respon dan apresiasianya, semoga "menjadi insan yang lebih baik dan lebih bermakna" menjadi tekad yang terus berkobar dalam alam fikir dan juga alam tindak. Saya suka penggunaan kalimat "penerus bangsa", dalam kalimat itu terdapat spirit nasionalisme dan kepedulian tinggi terhadap masa depan bangsa ini. Kutitipkan warna bangsa ini pada kalian..he2. SUkses selalu untuk kita semua dan teruslah berjuang...........!!!!

  1.  
Penting banget. Apoteker masa depan mau ga mau jadi profesi yg ‘beda’ dibanding apoteker generasi dulu. Beda apanya? Lebih percaya diri, mandiri, kreatif, dan lebih-lebih lainnya. Selain itu, materi ini bisa untuk refreshing dari kegiatan PKPA di rumah sakit. Saran saya, di akhir materi mahasiswa diminta untuk membuat/ melakukan sesuatu setelah materi. Misal, membuat rencana setelah lulus yg dibuat secara kreatif. Tujuannya agar mahasiswa lebih terperinci ingin seperti apa masa depannya. Atau latihan membuat proposal kerja yg ‘menjual’. Adanya sesuatu yg dibuat akan membuat mahasiswa lebih inget pada materi yg disampaikan Pak Arsyad. Terima kasih. Salam sukses.
@ Fauziyah yang ingin menjadi apoteker tak biasa: trims atas respon positifnya dan terima kasih juga telah menjadi barisan pendengar, pemerhati dan sekaligus pengamat yang baik. Thanks juga masukannya yang keren dan semoga ini menjadi tambahan materi yang akan disampaikan pada sesi PKPA generasi berikutnya. Semoga kuliah kemarin bisa memberikan satu inspirasi untuk melakukan lompatan cara sehingga berpeluang pada hasil yang tidak biasa...sukses selalu dan tetep bersemangat...

  1.  
Materi ini penting bagi kami calon Apoteker muda, untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Dengan ini kami dapat menghargai dan memahami seberapa pentingnya profesi kami sebagai calon Apoteker muda. Dengan materi ini juga dapat memotivasi kami untuk menjadi Apoteker yang mandiri, sehingga kami sebagai Apoteker dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta membuka peluang kerja di bidang kefarmasian. Materi ini juga dapat mengembangkan kemampuan kami dalam bersosialisasi dengan lingkungan dan masyarakat sehingga masyarakat dapat mengenali kami yang berprofesi sebagai Apoteker serta dapat menjalin hubungan baik dengan semua orang dari semua kalangan. Pokoknya kami sebagai calon Apoteker muda dpt menjadi pribadi yang percaya diri, inovativ serta mudah bersosialisasi dengan baik guna membangun wawasan serta relasi untuk menjadikan kami sebagai pribadi yang mandiri dalam profesi kami sebagai Apoteker.
@ Swastika : trims atas emailnya dan semoga mimpimu tentang profesi apoteker akan mewujud secara sempurna sehingga senyum meliputi hari2mu..(kok jadi puitis sih)..ha2.  Dalam kalimat2mu terkandung semangat luar biasa mengibarkan panji-panji profesi. Itu awal yang baik dan konsistensi akan membawamu pada capaian-capaian yang luar biasa. SUkses selalu dan semangat......!!!

  1.  
Materi semacam ini saya rasa sangat penting untuk para calon apoteker karena benar-benar membuka pemikiran bahwa profesi apoteker adalah profesi yang mandiri. Saat ikut kuliah motivasi ini, saya sangat merasa termotivasi ingin meningkatkan kapasitas diri, dan juga menjalani hidup dengan cara yang luar biasa seperti yang Pak Arsad sarankan. Materi ini menggugah semangat para calon apoteker untuk lebih percaya diri terhdap kompetensi yang dimilikinya, karena apoteker adalah profesi yang mulia.
@ no name : sebuah pemilihan nama email adress yang baik dan cerdas tanpa mengurangi substansi. Alhamdulillah, saya seneng membaca bagaimana dirimu begitu bersemangat. Artinya, akan ada satu karya lahir dari anak bangsa sepertimu. sukses selalu dan tetep semangat...!!! (klarifikasi email sesudah direspon..he2)

  1.  
Menurut saya acara sperti ini sangat perlu untuk farmasi karna anak farmasi kurang percaya diri dengan kemampuannya termasuk saya..calon2 farmasis perlu untuk d motivasi agar lbih percaya diri dan bisa bkerja sama dengan tenaga kesehatan lain maupun dalam masyarakat umum..mngkin bagi calon farmasis memang yg pertama kali terbayang setelah lulus adalah nnti bekerja dmana? Pdahal mereka dpat menciptakan lapangan kerja..itulah yg kurang dri para calon farmasis..untuk itu calon farmasis harus d beri pencerahan..banyak hal yg d dpat dri acara sperti ini..yang pasti apapun yang kita lakukan, apapun pekerjaan kita nantinya harus selalu dengan niat baik..niat membantu dan mengabdi..karna dengan niat yg baik insyaAllah hasilnya jga baik
@ laliy : thanks atas email dan daya dukungnya terhadap aktivitas kuliah semacam ini. Semoga bisa menambah percaya diri dan membuka mindset tentang apa yang kemudian dilakukan pasca kelulusan. Semoga semangat juang akan membimbing pada energi tidak terbatas untuk keyakinan tentang mimpi. SUkses selalu dan smeangat......... 

  1.  
Menurutku materi semacam itu penting untuk kami, sehingga dapat mengubah pola pikir dan menumbuhkan keyakinan untuk sukses di masa depan . Penting juga sebagai mata kuliah profesi apoteker namun tanpa diujiankan. 😁😊
@ reny sang penghindar ujian : thanks atas respon dan reaksi positifnya terhadap pegelaran kuliah kemarin. semoga mnginspirasi energi untuk menjadi lebih baik dan lebih bersemangat dalam melangkah...amin

  1.  
sangat penting.. apalagi untuk membantu kita dalam membuka usaha baru dan membuka jalan pikiran kita supaya tidak merasa takut lagi untuk gagal
@ Ade lestari : thanks atas emailnya dan respon positif yang menguatkan kuliah semacam ini penting dan bernilai guna. sukses selalu.......!!!!
hanifahipeh934@gmail.com
Menurut Saya penting dan lebih ke butuh karena selain mendapat materi saya malah mendapat bonus juga berupa dapat mendengarkan cerita pengalaman menarik dari bapak.
@ Hanifah : jawaban emailnya keren..singkat padat...dan kreatif. saya suka kegilaan dan anda baru saja membuat saya terpingkal2..sukses selalu dan semoga berhasil mewarnai dunia dengan kreativitasmu....

  1.  
Materi ini penting bagi kami yang calon apoteker muda,untuk membuka pemikiran bagi kami untuk melihat ke nyataan yang ada, membangun kepercayaan hingga menumbuhkan citra dan skkap yang sepatutnya harus di bangun. Meningkatkan skill  dalam bersosialisasi, mandiri,cakap,dan pd.
@ Vicky : namamu mengingatkanku tentang seorang artis ..tetapi sepertinya karaktermu menunjukkan perbedaan yang nyata. Thanks atas daya dukungnya terhadap pegelaran kuliah ini dan semoga meng-energi dalam melakukan langkah2 berikutnya..amin

  1.  
Sangat penting sekali motivasi seperti ini bagi calon apoteker yang akan bersaing  di dunia bisnis perapotekan, sehingga dapat menambah rasa percaya diri yang tinggi. 
@ Boris : thanks atas emailnya dan semoga bertemu makna yang lebih menyemangati dari kuliah singkat kemarin. Tuhan memberkati kita..amin

  1.  
laksmyanggun@gmail.com
Kalau pakai skala dari 1-10, saya menilai 8. Jadi menurut saya cukup penting seorang calon apoteker mendapatkan materi semacam ini, karena seorang apoteker hendaknya memiliki pengetahuan yang luas, nggak cuma ilmu yang didapat di kampus saja. Perlu menambah wawasan dari luar kampus dan mengambil hikmah dari peristiwa dan pengalaman orang lain.
@ Anggun yang pelupa : semoga kelupaanmu bukan karena faktor usia..ha2. Thanks atas nilai 8 nya, semoga Tuhan pun sependapat sehingga kebaikan melimpahi hidup kita. sukses selalu dan teteap bersemangat....


 
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved