BERITA MENGAGUMKAN DARI PEGELARAN LOMBA KRENOVA BANYUMAS Bagian 02

Senin, 22 Februari 20160 komentar



 BERITA MENGAGUMKAN DARI PEGELARAN LOMBA KRENOVA BANYUMAS 
 Bagian 02
I. Prolog
Pada bagian 2 (dua) ini, penulis menyampaikan hal-hal yang berkaiatan dengan persoalan penjurian, daftar para pemenang dan juga sekilas tentang beberapa kreasi dan inovasi yang tampil di ajang Pestival Krenova Banyumas tahun 2016. Selanjutnya, 10 orang terbaik pada kategori umum akan menjadi delegasi Kabupaten Banyumas di tingkat Propinsi. 
 
II.  Penjurian
Disamping sebagai media untuk menggarairahkan berkarya di lingkungan masyarakat, mensosialisasikan dan mengkampanyekan kreasi dan inovasi genuine kepada masyarakat, ajang ini juga melakukan penilaian peserta terbaik yang terdiri dari 2 (dua) kategori yaitu; (1) kategori umum yang berisi kreasi dan inovasi yang bersifat umum dan; (ii)  kategori khusus berupa aplikasi IT. Sementara itu, pola penilaian menggunakan 2 (dua) cara, yaitu; (i) melakukan kunjungan dan komunikasi di Stand seluruh peserta dan; (ii) meminta peserta untuk mempresentasikan di hadapan juri. Hasil kombinasi kedua metode ini kemudian mejadi dasar untuk menentukan pemenang.

Satu hal yang menjadi catatan, untuk 10 (spuluh besar) kategori umum otomatis akan menjadi Duta Kabupaten Banyumas untuk lomba Krenova Tingkat Provinsi.  Sementara itu, untuk urutan juara 1 (satu) sampai dengan 3 (tiga) diberikan hadiah yang sudah disiapkan oleh panitia.  Ada beberapa Dalam sambutan perwakilan dewa juri, 
Para Pemenang
Kategori Umum

Dewan juri merupakan gabungan dari berbagai unsur, yaitu; Kemenristek RI, Litbang Pemprov Jawa Tengah, Kadin Banyumas, Perguruan Tinggi di Banyumas, Praktisi dan Profesional IT dan Unsur Masyarakat. Setelah Dewan Juri meneyelesaikan tugasnya dengan cermat dan obyektif,   akhirnya ditetapkan para pemenang Festival Krenova untuk tahun 2016 ini sebagai berikut:

A.  Kategori Khusus Umum
Untuk kategori umum, secara berututan disajikan para juara untuk kategori umum, yaitu :
  1. Pupuk organik cair Limbah Taioka, karya Wakam, Cihonje, Gumelar
  2. Traktor Mini Multi Fungsi, karya Slamet Priyanto, Karangduren Sokaraja
  3. Save Your Helmet, karya Siswo Winoto, Pabuwaran, Purwokerto Utara
  4. Pembangkit Hydrogen, karya Sugiyono, Arcawinangun, Purwokerto Timur
  5. Alusi, karya Yuris Syarifuddin, Purwokerto
  6. Mesin Pakan Ikan Otomatis, karya siswa SMK Tujuh Lima-2 Purwokerto
  7. Mesin CNC (Modifikasi), karya Roid, Wiradadi, Sokaraja
  8. Batik Gradasi, karya siswa/i SMAN1 Sokaraja
  9. Mesin Pemecah kedelai, Karya Dasirin, SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang
  10. Kerajinan Patung Dari Kertas Bekas, Karya Sukarman, Karanggayam, Lumbir

B.  Kategori Aplikasi
Untuk kategori Khusus, secara berututan disajikan para juara untuk kategori khusus, yaitu :
  1. Aplikasi B-Dokter, karya Nur Arifin Akbar, Saudagaran Purwokerto
  2. Aplikasi Keprok (keluhan dan proyek), Karya Iqbaluddin Syam Had, Grendeng, Purwokerto Utara
  3. Aplikasi “Siikpik (Sistem Informasi Inventarisasi Kebutuhan Penangan Infrastruktur Kelurahan), karya Shafa’ Rizky Fandestika, Sumampir, Purwokerto Utara


III.  Sekilas Mengenal Beberapa Kreasi dan Inovasi di Krenova 2016  
Berikut disajikan sekilas tentang beberapa kreasi dan inovasi yang tampil di ajang Pertival Krenova 2015, yaitu :

01. Traktor Mini Multi Fungsi
Karya Pak Slamet ini menggunakan barang2 afkiran/barang bekas dibengkel.beliau adalah seorang petani yang kesulitan mencari tenaga2 muda yang mau turun ke lahan pertanian. Kondisi ini menginspirasi beliau untuk membuat sebuah trakstor mini, yang berfungsi untuk meratakan tanah, meniangi rumput dan mengurug tanah.penggunaan ini juga menghemat biaya.alat ini lebih simpel, bisa dipakai dilahan basah atau kering, bisa menelusup di sela2 tanaman. 

02.  POC (Pupuk Organik Cair)
POC ini ditemukan oleh Pak Watam, seorang petani Cihonje, kecamatan Gumelar. Bisa untuk pupuk agar tanaman hijau. bisa menyembuhkan penyakit daun. Sudah dijual satu botol Rp 30.000,00. Menekuni ini  sejak 2007 dan mulai menjualnnya bulan Mei 2015 sesudah mendapat kepercayaan dari masyarakat. Sampai detik ini punya konsumen 47 orang petani. Beliau menjual produknya antara Rp 30.000,oo sd Rp 45.000,oo. Berkat temuan ini, cabai tidak pernah rontok. Saat ini beliau terus mengembangkan penelitian versi beliau ke arah pengendalian ulat.  Untuk mendukung validitas penelitian, beliau memiliki catatan-catatan yang terdokumentasi dalam tulisan. Sebuah temuan yang luar biasa.

03. Save Your Helmet
Alat pengaman helm ini ditemukan oleh siswo winoto, seorang warga desa pabuaran, Purwokerto Utara. Ide ini terinspirasi oleh banyaknya helm yang hilang, khususnya saat parkir. Beliau membuat trep dipengikat yang terbuat dari rangkaian logam beberapa jenis yang susah di potong oleh gunting, tang atau pisau. Temuan ini tampak menjadi jawaban dari banyaknya persoalan helm yang hilang.

04. Mesin Pemecah Kedelai
Ide dasar bayu seorang siswa SMK ini berdasarkan keinginananya agar proses pemecah kedelai itu tidak lagi dengan diinjek-injek. Atas hal itu, dia membentuk satu mesin pemecah kedelai pada tahun 2010. Dengan mesin ini, pemecahan kedelai lebih cepat dan lebih efisien.

05. Pembangkit Hydrogen
Mengapa didunia ini unsur yang terbanyak adala Hydrogen?. Pertanyaan ini mendatangkan keyakinan Bapak Sugiyono bahwa Hydrogen mendatangkan manfaat bagi kehidupan. Beliaupun kemudian tertarik melakukan penelitian secara otodidak. Beliau menciptakan alat pembuat air minum yang sehat. Dalam kapasitas yang lebih besar, bisa dipasang pada kendaraan sehingga lebih irit,tenaga lebih besar dan mengurangi emisi gas buang. Dalam kapasitas lebih besar lagi, Hydrogen ini bisa di fungsikan untuk membuang kerak di kendaraan. 

06. Mesin Pakan Ikan Otomatis
Dimas, siswa SMK 75-2 Purwokerto terinspirasi dari saat melihat banyaknya orang yang memberi makan ikan baik di kolam maupun di aquarium. Atas hal ini, kemudian teride untuk membuat satu alat pakan ikan otomatis yang bisa disetting dengan timer.Disamping itu, mesin ini juga akan mengeluarkan palet secara tomatis dengan kiriman SMS dari berbagai nomor.

07.  Alusi
Ridwanto seorang marketer satu produk bernama alusi yang berfungsi sebagai plesteranbangunan. Alusi ini di ditemukan oleh bos nya yang bernama Pak Yulius putera asli purwokerto. Alusi ini sudah diterapkan dibeberapa perumahan yang kebetulan juga bagian dari bisnis yang mereka geluti.  

08.  Batik Gradasi
Siswa/i SMAN 1 Sokaraja ini memproduksi batik inovasi yang disebut dengan batik gradasi. Batik ini merupakan kembangkan inovasi tanpa meninggalkan ciri khas batik Purwokerto. Produksi batik biasanya memakai teknik celup, tetapi batik jenis ini menggunakan teknis penyemprotan dengan bantuan kompressor. Dari sisi teknologi, hampir tidak ada hal baru dari pembuatan batk ini. Namun demikian, secara marketing gradasi ini mencerminkan keingian pasar dari segmen anak muda.

09. Mesin CNC
Mesin ini ditemukan oleh Mas Roif warga Wiradadi. Yang beda dari umumnya adalah mesin ini gabungan dari CNC, sehingga powernya lebih besar dan tempat menjadi lebih simpel. Produk ini juga menjadi lebih murah karena menggabungkan tiga fungsi menjadi satu. Proses penemuan produk ini dilakukan selaam 2 (dua) tahun. Mesin CNC ini pun tidak menggunakan kimia.  





Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved