Road to Kopma Unhas Makassar.... Bagian 02 (terakhir)

Rabu, 23 Desember 20150 komentar

 Road to Kopma Unhas Makassar.... Bagian 02 (terakhir)
21-22 Desember 2015

A.  Menebar Semangat Bermula

Sesampai di bandara Hasanuddin Makassar dan langsung menghubungi panitia. Mereka bilang sedang dalam perjalanan menuju bandara dan sebentar lagi sampai. Aku pun memanfaatkan sela waktu untuk berkawan dengan sebatang rokok di smoking area yang tersedia di pojok bandara. Tak lama kemudian, panitia penjemputan datang dan langsung membawaku ke tempat diskusi informal pertama. Sebenarnya, tujuan utama ke Makassar adalah mengisi acara seminar nasional esok hari (22 Desember 2015), tetapi sejak pmenyanggupi undangan mereka, sudah kutekankan melalui Mas Doni (pengurus Kopindo/koperasip emuda Indonesia) agar segenap pengurus Kopma Unhas memaksimalkan kedatanganku  sehingga nilai kemanfaatannya maksimal. Saat panitia mau menawakan untuk makan malam, aku langsung sahut agar langsung ke ruang diskusi aja sebab  kebetulan tadi sudah makan di pesawat. Kehadiranku di sekretariat Kopma Unhas yang berada di PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) disambut para punggawa Kopma Unhas dan juga 2 (dua) orang pengurus Kopindo Wilayah Makassar. Diskusi berlangsung hangat. Diwali dengan menebar semangat berjuang untuk karya monumentasl, kemudian diskusi menjurus pada pembahasan formula “dapur umum” sebagai gagasan rasional  yang memungkinkan dijalankan oleh Kopma dalam membangun keberdayaan diri dalam arti kemandirian berbasis kolektif. Akhirnya, diskusi dicukupkan di jam 01.30 Wib dan disepakati untuk dilanjutkan pasca seminar keesokan harinya.     

B. Jalannya Seminar 

Seminar nasional ini mengambil tema “stop dreaming  & start your business with cooperation”. Panitia menghadirkan 3 (tiga) narasumber, yaitu: (i) Owner MJH/Makassar Jeans House (Bapak Sidik Pradikma Laksana); (ii) founder koperasi Agroniaga (Bapak Asdar Marzuki) dan; (iii) Kopindo (cq. M.Arsad Dalimunte). 2 (dua) nara sumber pertama concern memberikan testimoni seputar jejak juang mereka dalam membangun karya yang sangat meng-inspirasi. Sedangkan narasumber yang ke-3 concern pada pembentukan semangat juang peserta menata sikap dan mental dalam mengelola koperasi dan juga menumbuhkembangkan spirit dan jiwa kewirausahaan.

Jalannya seminar begitu exciting. Kedua testimoni berkisah tentang bagaimanana mereka mewujudkan mimpi dengan semangat juang yang tidak pernah padam dan tidak pernah menyerah pada setiap kendala dan hambatan. Secara singkat, narasumber pertama sukses mendirikan perusahaan  memproduksi jeans dengan pola custom (sesuai keinginan konsumen) dan satu-satunya di Makassar. Saat ini, beliau sukses dengan beberapa outlet untuk wilayah Makassar dan berencana mengembangkan ke beberapa kota. Testimoni Narasumber II juga tak kalah dimana kerja keras dan cerdas mereka berujung dengan penghargaan presiden sebagai UMKM terbaik dalam hal ekspor rumput laut. Sementara itu, nara sumber ke-3 membakar semangat audience dan menegaskan bahwa semua tergantung keyakinan, kemauan dan kesabaran berproses. Mereka bisa seperti apa yang mereka fikirkan bila setiap mimpi diikuti work hard, work smart, kreativitas yang terus dikembangkan  dan pelibatan Tuhan dalam setiap langkah dan upaya.

Segenap audience terbakar semangatnya dan acungan tangan pertanda ingin bertanya pun terlihat seperti tak sabar menunggu kesempatan dari Sang Moderator. Sayangnya, waktu yang terbatas membuat pegelaran seminar nasional ini harus dicukupkan dan beberapa penanya harus sabar karena belum berkesempatan menyampaikan tanya atau fikiran kreatifnya.


Gallery Prosesi dan Apresiasi

Materi Narasumber Ke-3






Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved