KRENOVA...KOMUNITAS KEREN PENGGUGAH SANG PEMBEDA

Sabtu, 21 November 20150 komentar



KRENOVA...KOMUNITAS KEREN PENGGUGAH SANG PEMBEDA 

Istilah Krenova  merupakan singkatan dari kreatif dan inovatif yang sesuai dengan mimpi kelahirannya. Krenova adalah sebuah komunitas yang mengapresiasi setiap inisiasi yang kreatif dan inovatif dari setiap warga Banyumas. Komunitas ini mencoba meng-inventarisir setiap kreasi unik dan genuine yang kemudian menghimpunnya ke dalam satu ruang bernama krenova. 

Dikekinian zaman di era industri kreatif sedang digalakkan, kehadiran krenova akan menjadi alternatif strategis nan keren bagi segala bentuk kreasi dan inovasi , sebab krenova akan mengkampanyekan setiap karya khususnya yang  memiliki nilai signifikansi terhadap akselerasi dinamika di kehidupan masyarakat.  Bahkan, bukan tidak mungkin kalau kemudian penghimpunan dan pen-siaran karya-karya orisinil anak bangsa  dikembangkan ke dalam skala industri yang kemudian mendatangkan kesejahteraan bagi sang creator dan sekaligus menciptakan multiplier effect bagi perubahan masyarakat, baik secara ekonomi maupun karakter masyarakat kearah yang lebih baik, lebih praktis, lebih efisien dan lebih produktif tentunya.  Bisa dibayangkan bila satu temuan bisa menjadi tool perubahan cara masyarakkat dalam bertani maka akan menciptakan lompatan yang tidak terfikirkan siapapun sebelumnya. Juga terbersit khayal ketika satu temuan berhasil menciptakan efisiensi dalam arti luas yang membuat masyarakat menjadi merasa lebih mudah dalam banyak hal.  


Kreanova ingin mengundang para creator untuk lebih termantik dan menjadikan kreatif dan inovatif sebagai budaya hidup. Kreanova akan mempersonifikasikan dirinya sebagai media efektif bagi penyebarluasa virus kreatif. Kreanova ingin membangunkan semangat dan percaya diri bagi setiap orang untuk menuangkan gagasannya sesederhana apapun itu. Intinya, kreanova mencoba mengapresiasi dan men-support setiap inisiasi sepanjang meng-indikasikan kreativitas atau inovasi yang disertai semangat yang terjaga untuk menciptakan kebaikan-kebaikan baru.

Dalam mimpi jauhnya, Kreanova akan membimbing setiap karya agar bisa sampai memiliki HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) atas setiap kreasi dan sekaligus mencoba meng-koneksikan pada kanal-kanal yang tepat, baik dalam tujuan  memperluas kebermaknaan diri sang kreator di kehidupan masyarakat, maupun dalam  mendorongnya menjadi industri kreatif lewat berjejaring dalam lingkar mutual partnership. 


Sebenarnya, Istilah Kreanova berawal dan dipopulerkan oleh Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Hanya saja, sampai detik ini baru ter-implementasi dalam skala event-event  temporal. Realitas ini kemudian mendorong sekelompok orang-orang kreatif Banyumas untuk mengembangkan kreanova ke dalam ruang yang sustain dan going concern. Para punggawa Kreanova  sangat meyakini di setiap sudut terdapat anak bangsa yang punya gagasan atau temuan unik yang bermuasal dari bakat-bakat terpendam.  Oleh karena itu, lewat Krenova akan terpola ekosistem kreatif yang memacu adreanlie kreatif dan menjadikan sebagai gaya hidup yang menyenangkan.  Kala hal ini mewujud menjadi komunitas yang intens dan ter-maintens dengan baik, maka peran kreanova akan penting sebagai pintu akselerasi industri kreatif yang kemanfaatannya melebihi batas-batas kewilayahan.

sumber gambar : tribunnews
Untuk keyakinan dan mimpi besar itu, kelompok kreatif ini mencoba berkolaborasi produktif dengan Pemkab (Pemerintah Kabupaten) dalam rangka  satu idealisme kuat menciptakan "kanal-kanal" bagi bakat-bakat  unik dan genuine. Inspirasi-inspirasi solutif dari krenova diharapkan menjadi jawab atas ragam pertanyaan dan kegelisahan  yang melanda akud di benak banyak anggota masyarakat. Trend kemitraan yang solutif antara pemkab dan masyarakat kreatif semacam ini layak dikembangkan. Setidaknya, kehadiran Krenova bisa mendorong budaya masyarakat dari sekedar ekspose kekritisan atas ragam situasi  menjadi budaya konstruktif dimana setiap pecermatan atas masalah disemangati untuk menciptakan solusi terbaik. 

Semoga Krenova semakin keren dan berkibar sebab bila itu terjadi maka dipastikan  serangkaian temuan kreatif dan atau inovatif akan merubah perwajahan dinamika dan kehidupan masyarakat. 

Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved