OLEH-OLEH DARI RAPIMPROV KADIN JATENG 2015

Senin, 26 Oktober 20150 komentar



Rapat Pimpinan Provinsi Kadin Jateng 2015

Rapimprov (Rapat Pimpinan Provinsi) Kadin Jateng Tahun 2015 kali ini mengambil tema "Sinergitas dunia usaha dan pemerintah menuju kondisi perekonomian yang lebih baik" yang pelakananaannya di Hotel Patrajasa, Semarang, 26 oktober 2015. Secara umum, disamping agenda ini melaporkan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Kadin Jateng di tahun  2015, agenda ini juga membahas program kerja kadin Jateng untuk tahun 2016. Disamping itu, juga dimaksudkan menyerap aspirasi dan informasi dari segenap anggota Kadin Jateng, khususnya yang berisikan pemikiran dan gagasan yang mendorong laju
pertumbuhan  dunia usaha di Propinsi Jawa Tengah. Rapimprov ini juga menjadi bagian dari persiapan Kadin Jateng dalam mengikuti Munas Kadin Indonesia yang akan digelar  di Bandung pada Bulan november nanti. Oleh karena itu, disamping menyerap informasi, ide dan gagasan untuk pengembangan kadin Jateng, agenda ini juga dimaksimalkan menerima masukan-masukan yang sekiranya layak dimasukkan ke dalam Munas Kadin Indonesia nanti.


Dalam pidatonya, Ketua Umum Kadin Jateng, Bung Kukrit menyatakan bahwa saat
ini profesi pengusaha adalah profesi paling berat diantara profesi lainnya. Ekonomi yang lagi dawn, daya beli  masyarakat yang sedang melemah dan kredit perbankan yang begitu ketat menjadi faktor-faktor yang membuat pengusaha merasakan beban luar biasa. Paket-paket ekonomi yang dikeluarkan pemerintah pun masih bersifat long term dan  belum ada  stimulus instan yang langsung menyentuh atau mendorong geliat dunia usaha. Pada situasi  semacam ini, tidak adanya PHK dan bisa Survive merupakan hal terbaik yang diharapkan bisa dilakukan para pelaku usaha. Disisi lain yang perlu menjadi perhatian adalah kian
dekatnya pemberlakuan MEA  dimana pilihan yang tersedia adalah harus siap dan segera mengambil langkah-langkah strategis dan taktis yang jitu. Beliau berharap para pelaku usaha tetap bersemangat dan terus mengembangkan kreativitas dalam mempertahankan dan menumbuhkembangkan usahanya.

Sebagai bagian dari upaya untuk ikut mendorong kemajuan dunia usaha, Kadin Jateng mengajak para pelaku usaha melakukan distribusi peran efektif dimana Kadin yang menyiapkan kapal dan pancing nya, sedangkan para pelaku usaha yang
mencari ikannya. Salah satu upaya terbaru yang dilakukan Kadin Jateng adalah beroperasionalnya E-Commerce dengan identitas getasean.com , diharapkan bisa dimaksimalkan oleh segenap pelaku usaha untuk perluasan market dan pertumbuhan omzet. Penerbitan E-Commerce (getasean.com ini  merupakan hasil kerjasama antara Singapure, Malaysia dan Kadin Jawa Tengah. Untuk optimalisasi E-Commerce (getasean.com ) tersebut,  Kadin Jateng juga sedang melakukan negosisasi agar semua transaksi yang berhasil dilakukan oleh pelaku usaha lewat E-Commerce bisa di fasilitasi oleh Bank Jateng.  Disamping itu, Kadin Jateng adalah satu-satunya Kadin di Indonesia yang secara kontinue menyelenggarakan “business sharing” secara rutin dengan mendatangkan nara sumber berkelas nasional. 

Kaitannya dengan eksistensi organisasi Kadin, beliau menjelaskan bahwa melalui ragam kegiatan produktif, Edu-Kadin  Jateng berhasil menjadi aktivitas organisasi yang mendatangkan income dan bisa membantu pembiayaan kesekretariatan Kadin Jateng. Demikian pula expo-expo yang dilaksanakan oleh kesekretariatan juga berhasil mendatangkan income yang sangat tidak sedikit. Atas dasar pengalaman itu, beliau berharap Kadin-Kadin Daerah juga mengembangkan edu-kadin. Kadin Daerah cukup menyiapkan infra-struktur berupa gedung, sedangkan untuk isinya seperti Hardware, software, promosi dan hal-hal yang diperlukan akan di support langsung Kading Jateng. 


Sementara itu, Wakil Ketua Kadin Pusat dalam sambutannya menegaskan  bahwa Kadin merupakan satu-satunya organisasi yang mengayomi dunia usaha sehingga Kadin harus bisa membantu mencarikan solusi atas setiap persoalan-persoalan yang dihadapi oleh pelaku usaha. Kadin juga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan penyerapan lapangan kerja yang akan menekan‎ angka pengangguran. Dipenghujung sambutannya, beliau berharap  pemerintah melakukan upaya-upaya terbaik dalam menstabilkan nilai rupiah, sebab hal ini berpengaruh significant terhadap kondisi perekonomian nasional.

Dalam sambutan dan arahanGubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar menyemangati segenap peserta Rapimprov Kadin Jawa Tengah. Beliau menegaskan bahwa De-regulasi dan De-birokrasi yang dicanangkan Presiden sudah ditindaklanjuti dengan sangat serius‎ oleh Pemprov. Beliau sangat ingin para pelaku usaha di Jateng benar-benar tangguh dan kuat dalam menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan usaha.   
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved