Halal Bi Halal Ala HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Banyumas

Sabtu, 25 Juli 20150 komentar



Halal Bi Halal Ala Pengusaha Muda Banyumas







Sabtu, 25 Juli 2015, Hipmi Banyumas menggelar agenda Halal Bi Halal dalam rangka perayaan Idul fitri 1436 H. Konsep pelaksanaannya mengambil tempat yang tak biasa, yaitu alam terbuka di Bumper ( Bumi Perkemahan) Lokawisata Baturrraden, Kab.Banyumas. Kalau biasanya Hipmi bermain single, kali ini masing-masing peserta juga  membawa angota keluarga dengan harapan akan saling mengenal dan lebih memperat antara satu keluarga dengan keluarga lainnya. Namanya juga kumpulan pengusaha muda, maka hampir bisa dipastikan mayoritas putera/i dari para pengusaha ini masih tergolong masih dibawah 12 (dua belas tahunan) tahunan. Sepertinya, ide pemilihan alam terbuka ini sangat brilian sebab anak-anak bebas berekspresi dengan cara seusia mereka dan di sisi lain para bapak dan ibunya pun bisa mengikuti serangkaian acara yang sudah di rancang panitia sedemikian rupa.



Seperti biasanya, saban kali para pengusaha muda ini berkumpul, suasana selalu hangat, akrab dan kocak. Setiap orang hampir dipastikan menghadirkan  celetukan atau humor cerdas dan tak jarang membuat sakit perut. Guyonan cerdas saling bersahut menegaskan bahwa Hipmi memang berpenghuni orang-orang produktif yang  keatif, gila dan berkarakter unik. 



Satu catatan penting tersampaikan pada sesi kultum (kuliah tujuh menit) yang disampaikan kyai dadakan. Beliau
menekankan bahwa insan-insan yang terhimpun dalam kumpulan pengusaha muda ini merupakan orang-orang pilihan Tuhan. Bagaimana tidak, dipundak segenap pengusaha muda ini banyak hamba Tuhan yang menggantungkan hidupnya. Dengan kata lain, ratusan dan bahkan ribuan karyawan/ti bergantung pada semangat para pengusaha ini untuk mempertahankan dan menumbuhkembangkan usaha yang ditangani walau ragam hambatan dan kendala mewarnai perjalananannya. Dalam dimensi yang lebih luas, tidak berlebihan untuk berkesimpulan bahwa geliat ekonomi Banyumas sangat dipengaruhi oleh kegigihan
para pengusaha muda ini menjalankan usahanya masing-masing. Singkat kata, meriahnya lebaran idul fitiri kali ini juga tidak lepas dari imbas buah karya kawan-kawan pengusaha muda dari berbagai sektor usaha.



Dalam agenda urun rembug, terjelaskan penguatan gagasan pendirian sebuah perusahaan berbentuk PT (Perseroan Terbatas) yang akan dimiliki oleh segenap pengusaha muda yang terhimpun dalam organisasi Hipmi. Keberadaan PT ini diharapkan bisa berfungsi sebagai pemersatu dan perekat persatuan sepanjang waktu para penduduk Hipmi. Disamping itu, adanya aktivitas produktif yang going concern (baca : terus menerus) semacam ini akan memperkuat peran Hipmi sebagai lembaga pengkaderan bagi peningkatan kualitas dan juga kuantitas pengusaha. Dalam suasana santai dan eksplorasi gagasan ini juga dibahas tindaklanjut pembentukan Hipmi Kampus yang beberapa waktu lalu sudah di prolog melalui agenda Hipmi Road Show To campus. Hipmi kampus dinilai perlu digalakkan dengan maksud kian tumbuhnya semangat berwirausaha khususnya di generasimuda nan unggul yang kesehariannya bermukim dikampus dengan status mahasiswa/i. Sebagai awalan pembentukan, di Bulan September nanti Hipmi akan bekerjasama dengan BEM Unsoed menggelar satu semiloka kewairausahaan. 



Akhirnya, agenda Halal Bi Halal ini ditutup dengan pendokumentasian momen dengan foto bersama yang dilanjutkan dengan salaman idul fitri saling bermaaf-maafan antara satu dengan lainnya.



Dipenghujung saat masing-masing mulai meninggalkan lokasi pegelaran acara, terinspirasi  untuk membentuk semacam Hipmi Junior saat  melihat tingkah lucu, nakal nan kreatif  dari putera/i segenap anggota dan pengurus Hipmi yang hadir di agenda ini. 

Setidaknya kaderisasi Hipmi telah dimulai sejak dini saat mereka sendiri belum mengerti arti dan makna serta bagaimana uang bekerja sesungguhnya.....  



Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved