"BETTER BANYUMAS" SEBAGAI SEBUAH IDENTITAS

Senin, 25 Mei 20150 komentar



BETTER BANYUMAS”  

  

Proses panjang penyusunan konsep city branding telah menghasilkan satu rumusan logo dan tagline yang berbunyi "Better Banyumas". Kalimat ini dipilih dan diyakini memiliki roh dan spirit yang bisa membangkitkan semangat segenap stake holder  untuk menjadikan Banyumas lebih baik dan pada akhirnya Banyumas dijadikan sebagai pilihan dalam konteks multy purpose, seperti tujuan investasi, pariwisata dan lain sebagainya. 

Dari acara “urun rembug” yang diselenggarakan di Pendopo Sipanji, dijelaskan oleh salah satu panitia penyusun bahwa penggunaan "better" yang merupakan kosa kata bahasa inggris bagian dari penegasan dan komitmen  Banyumas untuk Go International, khususnya dalam menyambut kehadiran MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Forum urun rembug ini sendiri dihadiri oleh Bupati dan beberapa pejabat penting Kab. Banyumas, legislatif, akademisi, pelaku dunia usaha, budayawan, temen-temen muda kreatif, para pakar IT dan lain sebagainya.



Atas ketersusunan city branding ini, sebagai lanjutan akan dilakukan  sosialisasi dan massifikasi city branding ke semua lini sehingga semangat yang ada pada “Better Banyumas” akan menjadi sumber energi dan kreasi untuk membuat Banyumas lebih baik. Pembumian roh atau spirit city branding ini menjadi sangat penting agar bisa memberikan kontribusi optimal bagi pertumbuhan laju pembangunan banyumas secara menyeluruh ke arah yang lebih baik.



Sebagaimana biasanya atas setiap hal baru, kehadiran city branding ini pun mendapat tanggapan beragam. Ada yang langsung
mendukung secara penuh, ada yang  konfirmasi maksud dan tujuan di susunnya city branding dan ada juga yang bertanya filosopi tagline dan logo Better Banyumas. Ada lagi yang sempat menilai proses ketersusunannya menggunakan pola top dawn sehingga dikhawatirkan kurang mendapat apresiasi masyarakat. Mereka berpendapatan bahwa  bahwa di kekinian masyarakat  Banyumas sangat respect dan apresiate terhadap aksi-aksi dimana masyarakat dilibatkan dalam. Ada pula yang meminta langkah-langkah  lanjutan yang konstruktif dan konsisten dengan roh atau semangat yang melekat pada istilah "better banyumas". Bahkan ada yang agak keberatan dengan penggunaan kosa kata bahasa asing dalam tagline city branding tersebut.


Setelah melalui diskusi gayeng dan suasana cair, akhirnya terbangun komitmen untuk bersama-sama mensukseskan city branding ini ke dalam content yang benar-benar mampu menyemangati akselerasi pembangunan Banyumas dalam arti luas. Dengan demikian, kehadiran city branding memberikan dampak significant  bagi terbangunnya kehidupan masyarakat yang lebih baik, terselenggaranya pelayanan publik yang baik dimana terbangun suasana keterlibatan para pejabat publik dalam suasana kebathinan masyarakat.   


Better Banyumas....Better....


Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved