REKAPITULASI JAWABAN PERTANYAAN SAMA DI 2 (DUA) AGENDA BERBEDA

Selasa, 15 Mei 20122komentar



I.  PENGANTAR
Dalam rangka pengayaan gagasan dalam membangun KOPMA yang mengakar, pertanyaan yang sama saya ajukan dalam 2 (dua) pada Forum yang berbeda, yaitu forum yang di ikuti oleh kawan-kawan aktivis KOPMA di Lingkungan Yogyakarta dan kawan-kawan aktivis KOPMA di  Lingkungan Jawa Tengah dengan detail agenda sebagai berikut :    
  1. Dalam forum Up-Grading Bagi Segenap Pengurus & Pengawas Kopma Se-DIY yang dilaksanakan pada tanggaL 28 April 2012, di Kaliurang Yogyakarta, segenap peserta yang berjumlah lebih kurang 48 orang  bersepakat untuk menyusun strategi pembangunan koperasi mahasiswa, khususnya bidang organisasi dan kelembagaan. Agenda ini  di prakarsai oleh segenap mantan aktivis KOPMA yang tergabung dalam organisasi JOKER (Jogja Keren)
  2. Dalam forum Sarasehan KOPMA Se-Jawa Tengah yang merupakan rangkaian dari acara peringatan hari ulang tahun (HUT) KOPMA STAIN Purwokerto, tepatnya awal Mei 2012.

Setelah mendapat pencerahan dari  Sdr.Muhammad Arsad Dalimunte, seluruh peserta di ajak berkomitmen untuk menyusun jawaban atas beberrapa pertanyaan di bawah ini :
  1. Apa hubungan antara cita-cita pribadi aktivis KOPMA  dengan KOPMA?. Pertanyaan ini dimaksudkan untuk mendapati korelasi antara perjuangan pribadi aktivis (selaku mahasiswa) dan KOPMA sebagai organisasi. Tertemukannya jawab ini dimaksudkan agar terbentuknya kesadaran dan terbangunnya loyalitas aktivis dalam mengembangkan kopmanya masing-masing. Dengan demikian, segenap aktivis menyadari bahwa mereka dalam situasi ”sekali mendayung dua pulau terlampaui”. 
  2. Langkah-langkah membangun iklim koperasi yang meng-anggota (mengakar). Hal ini dimulai dari langkah-langkah mengenalkan kopma kepada calon anggota, menggiring mereka menjadi anggota dan kemudian membuat mereka loyal dan berkontribusi positif  bagi akselerasi  pertumbuhan dan perkembangan kopma.

Semua peserta di beri waktu 1 (satu) minggu untuk memberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu. Jawaban bisa diberikan dalam bentuk pemikiran perorangan, maupun hasil diskusi kelompok (sesuai dengan kopma nya masing-masing).

Setelah email-email berisi jawaban-jawaban para peserta datang, kemudian dilakukan rekapitulasi menyeluruh dan kemudian di kirimkan kembali ke semua peserta.  Dengan demikian, semua peserta akan mendapat ”ragam pemikiran”  dan memperkaya gagasan dalam membangun KOPMA sebagai koperasi  yang mengakar.

Semoga hal ini menginspirasi spirit dan memperkaya gagasan segenap aktivis KOPMA, khususnya di lingkungan Yogyakarta dan Jawa Tengah.  Aminn


III.  REKAPITULASI JAWABAN DARI KAWAN-KAWAN AKTIVIS KOPMA SE-DIY

1    Nama : Ariska Hidayat
dari    : Kopma STTA

Hubungan Kopma dan Cita-cita anda?
 
hubangan kopma dengan cita-cita saya klo secara langsung tidak ada. cita-cita saya adalah ingin menjadi developer game dan ingin mempunyai studio game dan skaligus menjadi software house. tapi secara tidak langsung itu sangat berperan dalam kelangsungan kopma. fungsi dari software house adalah bertugas untuk menganalisa sebuah sistem instansi (bisa koprasi) dengan menggunakan rumusan dan medote tertentu supaya operasional koperasi/instansi lebih mudah dan kemudian hasil akhir dari analisa adalah sebuah software. dan biasanya software tersebut dilengkapi fitur2 untuk memudahkan untuk menganalisa sehingga pengguna bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. dan tentunya fitur2 tersebut sesuai dengan kebutuhan kopma tersebut. bukan hanya itu, studio game atau juga bisa menghasilkan produk2 seperti CD pembelajaran interaktif, game pendidikan, simulasi, dan lain2. produk tersebut bisa dijual di kopma atau di web kopma. dan yang terakhir yang paling penting adalah bisa bertambahnya relasi sehingga bisa memudahkan saya untuk memperkenalkan produk2 saya. ^_^

langkah-langkah yang akan ambil supaya organisasi bisa mengakar

Mengenalkan kopma kepada Calon Anggota.  
·         kompa membuat borsur uang berisi tetang apa itu kopma, kenapa harus ada kompa, dan bagainana cara kerja kopma. dan tentunya brosur tersebut dibagikan gratis. 
·         membuat web kopma. yang berfungsi untuk menampung semua informasi dari kopma.
·         membuat mading kopma. yang berisi tentang informasi terbaru dari kopma.
·         menimal setiap 3 bulan membuat acara / event besar.
·         membuat papan kebahagiaan. berisi tentang foto2 kegiatan kopma.
·         mengiklankan kopma lewat radio, seminar2 dll.
·         bisa melalui aplikasi game destop atau mobile kopma yang disebarkan gratis tujuan untuk memperkenalkan kompa.

Menggiring Menjadi Anggota Kopma
·         cara pendaftaran menjadi anggota kopma dipermudah. bisa dengan melalui sms, email, datang kekantor kopma, atau dengan membeli salah satu produk kopma. 
·         kita harus bisa mengubah citra pandangan mahasiswa bahawa kopma itu hal yang paling menyenangkan. kita - bisa menambah fasilitas yang ada diruangan kopma. seperti hospotan gratis, nonton tv gratis, tempat yang nyaman, dan klo bisa ada sebuah papan kopma yang berisi tentang keberasilan kopma dan akfitivitas2 apa saja yang dilakukan kopma.



Membangun Loyalitas Anggota
Owner
-          menjaga kekonsistensi tujuan.
-          rapat rutin dilakukan tidak harus di kopma. tetapi bisa dilakukan di salah satu kos pengurus. menjaga agar supaya tidak bosan. 
-          menjalin hubungan kerjasama dengan koprasi lain atau perusahaan lain.
-          menjaga soldaritas kebersamaan.
-          membuat program2 yang menarik.
-          Setiap bulan harus ada target minimal yang harus diperoleh kopma.
-          ada saksi jika tidak mengikuti rapat lebih dari 3 kali.
-          setiap pelantikan kopma harus ada sumpah janji.
-          usaha kopma meliputi semua element usaha dan tidak cuma jual beli sembako.
-          setiap sebulan/ 2 bulan sekali ada refesing bareng. bisa kepantai atau ke kaliurang guna untuk menambah keakraban dan untuk menghilangkan jenuh.
-          adanya rasa tanggung jawab bersama untuk membesarkan kopma.

customer
-          diusahakan setiap anggota membeli produk di kopma.
-          jangan terlalu mengkekang anggota untuk memberi produk kopma. tp diberi kelonggaran untuk membeli dimana saja dia suka. maksimal 1 minggu sekali.
-          memberi layanan sms gratis baik berupa daftar harga murah, motivasi kepada costumer.
-          banyak diskon atau hadiah menarik jika membeli di kopma.
-          menjaga komunikasi dengan customer jangan cuma pas dia membeli poduk aja.  

controller
-          lebih bijak dan bertindak.
-          jangan mendahulukan ego daripada kepentingan bersama.
-          selalu menjaga komunikasi yang baik dengan owner
-          selalu hadir pas rapat kopma.
-          jangan terlalu dominasi tentang kebijakan kopma.
-          selalu memberi informasi atau kritik saat kebijakan kopma yang mingkin tidak terlalu baik.




2.  Dari Mustika Wardani anggota KOPMA BIOGAMMA
Hubungan antara cita-cita dan KOPMA
Saya bercita-cita menjadi sarjana dan pengusaha yang sukses. Yang saya tahu saat ini adalah jika ingin menjadi pengusaha yang sukses maka kita harus pintar memenegemen waktu, komunikatif dan pintar melobi serta dapat bekerjasama secara tim. Korelasi cita-cita saya dengan KOPMa adalah saya berharap ketika saya masuk organisasi KOPMA maka saya mendapatkan semua yang saya butuhkan sebagai faktor pendukung untuk menunjang cita-cita dan membantu mengaplikasikan ilmu yang didapat saat kuliah.



Langkah-langkah yang akan dilakukan untuk menciptakan organisasi Kopma  yang mengakar

Langkah-langkah untuk mewujudkan kondisi yang mengakar pada KOPMA maka hal pertama yang akan saya lakukan adalah mempublikasikan KOPMA didalam kampus secara khusus dan ke Universitas secara luas sekaligus mempromosikan keuntungan sebagai anggota KOPMA. Sering-sering menceritakan dan menyebut-nyebut KOPMA saat berbincang dengan teman maupun masyarakat. Memperluas publikasi via online dengan menbuat facebook, twitter, blog dan website tentang KOPMA jika belum ada, jika sudah ada mengusahakan agar tetap aktif. Menyebarkan brosur-brosur dan menginformasikan semua prestasi KOPMA di semua tempat yang sering di lalui oaring dengan tujuan untuk menarik perhatian orang dan agar ada kemauan untuk bergabung dengan KOPMA. Untuk anggota yang sudah bergabung saya ingin jika mereka dapat bekerja secara professional dan mengesampingkan permasalahan pribadi, intinya mengetahui situasi dan kondisinya. Apapun masalah yang sedang dihadapi agar diceritakan pada agnggota KOPMA lainnya agar dapat diberikan solusi yang terbaik, baikitu masalah tentang KOPMa maupunonKOPMa yang nantinya dapat mempengaruhi ginerja anggota.

Cara untuk meningkatkan kuantitas Anggota
Mengenalkan dan menggiring
  • Mengenalkan KOPMA seluas-luasnya, dengan cara menceritakan keunggulan KOPMA pada mahasiswa kampus Biologi secara khusus dan masyarakat sekitar secara luas.
  • Merekrut calon anggota KOPMA dengan cara merekrut oramg-orang terdekat dan memberikan sugesti agar mereka juga merekrut calon-calon anggota KOPMA yang lain.
  • Merekrut calon anggota KOPMA dengan memberikan “iming-iming” atau banyak keuntungan untuk para calon anggota. Merekrut orang yang bukan mahasiswa untuk menjadi calon anggota KOPMA dengan pengecualian mereka tidak meemiliki hak suara namun memilki hak-hak lain yang sama dengan anggota KOPMA lainnya.
  • Merekrut calon amggota dengan melakukan pertunjukan yang aneh-aneh sehingga menarik perhatian banyak orang dan juga memanfatkan jabatan sebagai asisten dosen untuk merekrut calon anggota.

Menjaga kualitas anggota kopma
Usaha yang akan saya lakukan untuk menjaga kekompakan antar anggota KOPMA adalah menjaga hubungan agar tetap baikdan menjaga konsistensi komunikasi. Mengadakan banyak kegiatan yang mengikutsertakan semua anggota KOPMA dan melakukan outbound bersama yang melatih kekompakan dan kerja sama antar anggota.

3. NURJANAH  KOPMA BIOGAMMA
Hubungan kopma dengan cita-cita saya
Cita-cita saya adalah yang pertama adalah menjadi entrepreneur, dan di kopma saya mendapatkan ilmu yang berhubungan dengan itu, sepertihalnya pemasaran, entrepreneurship, manajemen ,cara berkomunikasi dengan oranglain, dan kepemimpinan, cita-cita saya yang kedua adalah menjadi peneliti, korelasi dengan kopma adalah dikopma saya mendapat ilmu manajemen, yaitu pengaturan minimal mengatur diri sendiri dan waktu, yang kedua saya mendapatkan ilmu kepemimpinan yang sangat penting untuk penelitian, minimal memimpin untuk diri sendiri, sehingga kopma adalah salah satu jembatan hidup saya untuk mendapatkan cita-cita yang saya inginkan.

Langkah yang akan diambil untuk membangun kondisi mengakar
Dengan cara mengedepankan kebersamaan dikopma missal dengan sering sharing di kopma, sering makan bareng selain itu dengan cara menanamkan tentang banyak hal yang akan didapat di kopma, dan menekankan bahwa kopma itu adalah kita, kebersamaan, dan bukan hanya aku sebagai individu.

Cara untuk mengenalkan kopma
  • Temple pengumuman di Toilet “yang gak ikut kopma gak pinter”
  • Menempelkan selebaran di parkiran, mushola, dekanat,
  • Meletakkan selebaran ditempat duduk
  • Memberi diskon pada orang yang berbelanja dikopma
  • Mempengaruhi adek angkatan dengan cara kita menjadi asisten praktikum
  • Pengurus aktif jadi asisten dan ip >3
  • Online FB, twitter
  • Makan bersama with kopma, diskon
  • Mengadakan seminar wirausaha

Cara agar menggiring masuk kopma dan tidak keluar
  • Sering mengadakan kegiatan bersama
  • Outbound bareng, jalan-jalan bareng, sharing bareng tentang kopma, kunjungan ke panti asuhan bareng,


4.  Arumia Wahyu Kartika Rani, dkk (KOPMA FE UTY)
Hubungan cita-cita dengan kopma 
Berada di kopma menjadi pengalaman yang berharga selama saya menempuh pendidikan di bangku kuliah. Apalagi sebagai pengurus yang memberikan banyak warna selama menjadi mahasiswa di FE UTY. Di kopmalah, ilmu akuntansi yang saya tempuh dapat saya realisasikan. Akan banyak tantangan dan masalah yang sebelumnya belum pernah ku temui. Disinilah kedewasaan saya menjadi semakin diuji. Saat ini belum bisa kutemukan cita-cita yang benar-benar aku inginkan. Tapi kopma sangat memberiku dorongan untuk cita-citaku saat ini. Seorang Akuntan….

Langkah2  yang harus diambil agar kuantitas anggota koperasi tetap terjaga dengan prisnsip sukarela dan terbuka.

 Bagaimana mengenalkan kopma agar menarik?
  • Untuk mengenalkan kopma supaya menarik salah satunya tentu saja berawal dari kami selaku pengurus kopma. Kopma itu kami, dan kamilah kopma itu. Apapun yang kami lakukan di kopma, itu akan membawa nama kopma, entah itu baik maupun buruk. Kami selaku pengurus kopma hendaknya bisa mencerminkan rasa kebanggaan terhadap kopma. Ketika rasa kebanggaan itu sudah tercermin dalam pengurus dan dapat dilihat oleh orang lain, itu akan menjadi nilai lebih tersendiri bagi kopma tersebut. Kopma (Koperasi Mahasiswa) tetaplah koperasi. Dan di dalam koperasi tidak akan lepas dari prinsip-prinsip dan asas koperasi yang sudah ada. Untuk itulah sebagai kopma kita tidak boleh melupakan prinsip-prinsip dan asas tersebut, karena itulah pedoman berjalannya kopma. Besarkanlah Kopma maka kamu akan besar di dalamnya.
  • Selenggarakan kegiatan-kegiatan yang menarik dan up to date, tetapi tetap mengandung hal-hal perkoperasian sehingga mahasiswa yang lain tertarik untuk ikut terjun di dalamnya.
  • Jangan perlihatkan diskriminasi yang jelas terhadap anggota, karena akan membuat anggota merasa tidak nyaman di kopma. Dalam koperasi Rapat Anggota Tahunan menjadi pihak yang paling berwewenang dalam hasil rapat tersebut. Untuk itu, partisipasi dari anggota harus dipertahankan dan dipupuk agar lebih berkembang. Dari kenyamanan anggota tersebut kita juga bisa membuat kopma lebih menarik.

 Bagaimana agar dapar menggiring orang-orang masuk ke dalam anggota kopma?
  • Memahami karakter yang dinamis dan inovatif sehingga terpancing untuk masuk ke dalam kopma.
  • Menciptakan kopma sebagai gaya hidup mahasiswa.
  • Adakanlah kegiatan yang menarik perhatian dan up to date yang tetap berlandaskan pada perkoperasian.
  • Ciptakan suasana yang harmonis dan menyenangkan di dalam pengurus kopma pada khususnya dan dalam kopma pada umumnya.

Bagaimana memelihara kualitas anggota kopma ?
·         Owner                      : Bersama-sama dengan pengurus tetap menjalankan kewajibannya sebagai anggota kopma yaitu membayar Simpanan.
·         Customer                : Memberikan pelayanan yang baik terhadap pembeli. Terapkan 5S, yaitu Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun.
·         Controller               : Jalin hubungan yang baik dengan anggota sehingga partisipasi anggota tetap terjaga.



5.  Sarii Janee Jolly Sebellas

Email : sariijaneejolly@rocketmail.com
Facebook : sarii janee jolly sebellas


Hubungan Cita* dengan Kopma

Mengapa harus kopma . ?
Cita* saya adalah menjadi  pengusaha . dibanding pengusaha itu mempunya harapan masa depan yang cerah , pengusaha juga adalah seseorang yang mandiri dan berkreatifitas tinggi dengan program yang terstruktur rapi . saya , ingin mendaki dari awal dan dari bawah kemampuan berwirausaha saya . setidaknya dengan masuk dalam organisasi kopma saya belajar menstruktur diri saya , teman dan perusahaan saya , belajar tanggung jawab . kini karna saya seorang yang akan menjadi bidan dengan arti saya menjual jasa (pengusaha jasa kesehatan) , maka dari itu saya juga perlu bekal dalam memprofokatori (secara positif) orang lain agar mampu membangun diri yang dapat menjaga kesehatan dirinya . kewirausahan ini juga menjadi bekal untuk saya agar mampu bersaing dan memahami situasi sekitar agar saya mampu bertahan hidup dengan baik dan mampu bangun ketika saya dalam keterpurukan .
Intinya saya masuk kopma agar saya dapat melihat perkembangan cara* bersosialisasi dengan mendapatkan sebuah timbal balik ( keuntungan ) , dan bersaing dalam bidang kewirausahaan yg seharunya menjadi bekal kesuksesan saya .

mengenalkan KOPMA dan Menggiring Untuk Menjadi Anggota 
untuk yang pertama kita harus mengenalkan dulu apa itu kopma , tidak lupa kita selipkan embel-embel keberhasilan yang akan didapat oleh siapapun yang ikut serta kopma , dg kata lain yang kita ceritakan diawal adalah yang baik-baik saja dulu , setelah kita memupuk tinggi tinggi tentang keistimewaan kopma dan membuat orang-orang yang mendengar merasa penasaran dan tertarik baru pelan-pelan kita menyampaikan titik bengek kendala-kendala , tentunya kita harus membantu mereka melalui nya diawal akan mereka tidak buru-buru menyerah . 

Meningkatkan Kualitas Anggota
1.       kopma adalah suatu organisasi (usaha) yg pasti menguntungkan scara materil , sosial, dan pengetahuan . 
2.       kopma menarik , karna kita selalu punya tantangan baru , yang gak ngebosenin .
3.       kopma adalah struktur hidup masa depan kita , agar mampu mengolah keuangan kita . 
4.       kopma mengajarkan kita agar pintar berinvestasi dan mengatur keuangan .
5.       beri alasan yang masuk akal dan membuat mereka tidak berkutik dan tertarik sehingga mereka ikut serta dikopma .
6.       jangan lupa jelaskan cara-cara berkopma yang benar pada mereka . 
7.       lalu buat suatu tanda ikatan mereka dengan kopma , misalnya surat pernyataan atau sertifikat berkopma .
1.       5. masih banyak lagi , maka dari itu gabung kopma , minimal partifasi dalam kegiatan kopma . :)

tapi sebelum terlalu yakin untuk promosi kebajikan dari kopma , yang paling penting adalah kestrukturan kopma yang baik dan benar dulu , yang pertama kepempimpinan yang berdaulat dan harus lurus dengan fungsi utamanya yaitu mempengaruhi anggota-anggotanya agar mau mengikuti tujuan dan perintahnya agar satu visi dan misi tapi tetep gak otoriter. yang kedua , manejement yang benar , melakuakan sesuatu untuk orang lain agar terlihat kegunaannya. ketiga menempatkan anggota diposisi sesuai kemapuan dan minatnya agar maksimal . keempat kewirausahaan yaitu menciptakan sesuatu yang baru dan layak jual , lalu yang terakhir bagaimana pemasaran yang menarik agar setiap orang yang membutuhkan bahkan yang tadinya tidak membutuhkan jadi tertarik . 
kopma akan berkualitas jika orang-orang atau penggeraknya juga berkualitas , loyal , denga dukungan dan partisifasi penuh dari Owner(pemilik), Customer (Pelanggan) dan Controlled (cara mengendalikannya).

okee , seginilah yang dapat saya utara kan dulu jika ada yang tidak sesuai atau bukan lah jawaban yang diinginkan , silahkan hubungi saya lagi . 
terima kasih banyak . 


6. 
Koperasi Mahasiswa UMY
Gd. Musthafa Kemal Pasha (Gd. Student Center) Lantai 1 no 18
Jl. Lingkar Selatan, Tamantirto, Kasihan, Bantul 55183

Telp : 02749430838
follow us on : @kopmaumy

Hubungan antara KOPMA dengan Cita-cita saya:
Manfaat yang di dapat ketika bergabung dengan KOPMA sangatlah banyak, salah satunya dapat mendidik anggota dalam proses usaha/bisnis. Seperti organisasi lainnya, yang membedakan hanyalah unit bisnis yang dikelola oleh KOPMA. Sehingga anggota memperoleh pengetahuan bisnis selama menjadi anggota dan selain itu, anggota KOPMA juga dapat berpartisipasi dalam mengembangkan bisnis yang sedang/akan dikelola oleh KOPMA. Nilai lebih yang akan didapatkan oleh setiap anggota ketika menjadi anggota KOPMA, karena pada umumnya, perkumpulan/organisasi yang lainya hanya sebatas organisasi dimana mereka tidak mempunyai unit usaha/bisnis. Sehingga mereka tidak merasakan bagaimana pengelolaan bisnis agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu profit yang tinggi. Dapat disimpulkan bahwa menjadi anggota KOPMA dapat melatih/belajar untuk menjadi seorang enterpreneur atau pelaku bisnis.
Sedangkan cita-cita saya adalah menjadi seorang yang sukses, yang dapat membangun usaha bisnis ataupun seorang yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya dan orang lain. Layaknya seorang enterpreneur yang mampu mengembangkan kreatifitas dan kemampuan yang dimiliki, saya pun menginginkanya. Menjadi pelaku bisnis, selain dapat mengelola aktivitas bisnis juga harus dapat mengelola aktivitas manajemen. Sehingga proses bisnis yang sedang dikelola dapat berjalan dengan baik dan memberikan profit.
Jadi, antara KOPMA dangan cita-cita saya mempunyai keterkaitan. Dimana KOPMA dapat membantu saya mengembangkan kemampuan/skills dalam berbisnis sebelum pada akhirnya saya menjadi seorang enterpreneur/ pelaku bisnis yang sebenarnya.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai Organisasi Mengakar

Kuantitas Anggota
·               Memberikan discount bagi anggota untuk setiap unit bisnis KOPMA
·               Memahami karakter mahasiswa: KOPMA menjadi fasilitator dan memberikan rangkaian kreativitas untuk mahasiswa dalam berekspresi
·               Memanfaatkan simpul-simpul masa: KOPMA mengundang tokoh/pemimpin dari setiap organisasi untuk menjadi pembicara dalam diskusi yang dilakukan oleh KOPMA.
·               Pendekatan bakat mahasiswa: dapat melakukan kerjasama dengan tim jurnalistik, dll.
·               Menyampaikan manfaat yang dapat dirasakan secara langsung/tidak langsung ketika menjadi Anggota KOPMA
·               Mengenalkan KOPMA melalui media cetak seperti brosur, poster yang dipasang disetiap papan informasi dan melalui media elektronik
·               Mengajak & memotivasi mahasiswa untuk bergabung menjadi anggota KOPMA dengan kesadaran mereka
·               Ketika terdapat calon anggota, maka calon anggota harus membuat surat pernyataan terlebih dahulu sebelum menjadi anggota KOPMA
·               Menyediakan kebutuhan-kebutuhan mahasiswa, seperti menyediakan bank soal-soal ujian yang hanya dapat diperoleh bagi anggota KOPMA


Kualitas Anggota
·               Memberikan pemahaman tentang koperasi yang benar, dengan demikian akan memunculkan spirit yang besar bagi anggota
·               Mengadakan pelatihan (edukasi)
·               Mengaktifkan forum anggota sehingga anggota dapat melakukan diskusi bersama



7.  KOPMA UPN (IKA ARDIYANTI)

APA HUBUNGANNYA CITA-CITA ANDA DENGAN KOPMA?
 Pertama cita-cita saya adalah menjadi seorang pengusaha, dimana saya dapat membuka/membuat usaha milik saya sendiri, jadi hubungan kopma dengan cita-cita saya yaitu dalam kopma  saya belajar bagaimana cara berbisnis, mengembangkan bisnis, menentukan bisnis, melihat peluang-peluang yang akan menunjang bisnis tersebut, diajarkan untuk saling bekerja sama dalam mencapai tujuan yang sama, dsb. Serta dalam kopma saya bisa mengimplementasikan ilmu yang sedang saya pelajari tentang bisnis.

BAGAIMANA CARA MEMPERKENALKAN KOPMA AGAR MENARIK?
  • Mengadakan event-event yang mengatas namakan kopma itu sendiri, seperti membuat event 3 on 3 basket, futsal dll
  • Kopma harus selalu terlihat aktif dalam segala hal
  • Memperbanyak relasi dalam membuka/mengembangjan bisnis kopma itu sendiri sehingga akan tercipa keuntungan-keuntungan yang banyak jika ikut bergabung dalam kopma
  • Mempublish mengenai kopma itu sendiri dengan cara membuat stand dan menyebarkan famplet  yang menarik mengenai kopma dan keuntungan-keuntungan dalam kopma
  • Kopma dapat membuat bazar atau baksos sambil memperkenalkan apa si kopma itu, dan apa saja yang ada dibelakang kopma itu.


8.  Nama             : Ria Nopi Anti, dkk (KOPMA FE UTY)

Apa hubungan cita-cita Anda dengan kopma ?
 Hubungan cita-cita saya dengan kopma adalah kalau ita di kopma itu apa yang kita pelajari di dalam ruang kelas kuliah bisa dipraktekkan di kopma. Hal ini sesuai dengan jargon Kopma FE UTY yaitu The Real Activity, selain itu pengalaman di kopma juga memberikan kita bekal untuk bermasyarakat, berkecimpung dalam dunia kerja dan mungkin suatu saat dapat mendirikan koperasi.

Langkah  yang harus diambil agar kuantitas anggota koperasi tetap terjaga dengan prisnsip sukarela dan terbuka.

Bagaimana mengenalkan kopma agar menarik?
  • Untuk mengenalkan kopma supaya menarik salah satunya tentu saja berawal dari kami selaku pengurus kopma. Kopma itu kami, dan kamilah kopma itu. Apapun yang kami lakukan di kopma, itu akan membawa nama kopma, entah itu baik maupun buruk. Kami selaku pengurus kopma hendaknya bisa mencerminkan rasa kebanggaan terhadap kopma. Ketika rasa kebanggaan itu sudah tercermin dalam pengurus dan dapat dilihat oleh orang lain, itu akan menjadi nilai lebih tersendiri bagi kopma tersebut. Kopma (Koperasi Mahasiswa) tetaplah koperasi. Dan di dalam koperasi tidak akan lepas dari prinsip-prinsip dan asas koperasi yang sudah ada. Untuk itulah sebagai kopma kita tidak boleh melupakan prinsip-prinsip dan asas tersebut, karena itulah pedoman berjalannya kopma. Besarkanlah Kopma maka kamu akan besar di dalamnya.
  • Selenggarakan kegiatan-kegiatan yang menarik dan up to date, tetapi tetap mengandung hal-hal perkoperasian sehingga mahasiswa yang lain tertarik untuk ikut terjun di dalamnya.
  • Jangan perlihatkan diskriminasi yang jelas terhadap anggota, karena akan membuat anggota merasa tidak nyaman di kopma. Dalam koperasi Rapat Anggota Tahunan menjadi pihak yang paling berwewenang dalam hasil rapat tersebut. Untuk itu, partisipasi dari anggota harus dipertahankan dan dipupuk agar lebih berkembang. Dari kenyamanan anggota tersebut kita juga bisa membuat kopma lebih menarik.

Bagaimana agar dapar menggiring orang-orang masuk ke dalam anggota kopma?
§         Memahami karakter yang dinamis dan inovatif sehingga terpancing untuk masuk ke dalam kopma.
§         Menciptakan kopma sebagai gaya hidup mahasiswa.
§         Adakanlah kegiatan yang menarik perhatian dan up to date yang tetap berlandaskan pada perkoperasian.
§         Ciptakan suasana yang harmonis dan menyenangkan di dalam pengurus kopma pada khususnya dan dalam kopma pada umumnya.

Bagaimana memelihara kualitas anggota kopma ?
·         Owner                  : - Bersama-sama dengan pengurus tetap menjalankan kewajibannya sebagai anggota kopma yaitu membayar Simpanan.
·         Customer            : - Memberikan pelayanan yang baik terhadap pembeli. Terapkan 5S, yaitu Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun.
·         Controller           : - Jalin hubungan yang baik dengan anggota sehingga partisipasi anggota tetap terjaga.




9.  nur daningsih (nung) dari KOPMA STAIN PEKALONGAN
nung_daningsih@yahoo.com

Hubungan antara cita-cita saya dengan kopma
saya memiliki cita2 sebagai enterpreneur yang dimana saya belum tahu ilmu yang diharuskan untuk dapat menjadi         entrepreneur sukses. kopma sendiri memberi saya pandangan bagaimana dalam membangun suatu usaha dan bisnis
jujur saya belum tahu apa itu kopma saat SMA,ini adalah pengalaman pertama saya dalam koperasi,koperasi hidup dan hidup berkoperasi.

organisasi ------>mengakar
Meningkatkan Kuantitas Anggota
mengenalkan KOPMA:
  • dengan promosi saat TASKA/OSPEK
  • menunjukan hasil2 uhasa2 yang telah dikelola
     
 menggiring  menjadi anggota KOPMA:
  • dengan pelatihan dasar seperti PDKK
  • dengan pelatihan menengah seperti DIKMEN
  • dengan pelatihan lanjutan seperti magang2 di suatu tempat usaha
  • melakukan temu rutin seminggu sekali guna mempererat kebersamaan antar anggota

Meningkatan kualitas-loyal-partisipasi :
  • owner         : menjaga nama baik kopma
  • customer     : membeli barang yang ada diusaha, membuat komitmen dalam diri sendiri untuk mnjadi pembeli setia.
  • controler    : melakukan evaluasi setiap bulan terhadap anggota dan cara kerjanya.

#maaf sebelumya ,karena saya telat dalam mengirim tugas ini. walaupun telat saya tetap mempunyai ambisi untuk memajukan kopma di kampus saya. BRAVO!



10.  Koperasi Mahasiswa UMY
Gd. Musthafa Kemal Pasha (Gd. Student Center) Lantai 1 no 18
Jl. Lingkar Selatan, Tamantirto, Kasihan, Bantul 55183

Telp : 02749430838
follow us on : @kopmaumy

Hubungan antara KOPMA dengan Cita-cita saya:
Manfaat yang di dapat ketika bergabung dengan KOPMA sangatlah banyak, salah satunya dapat mendidik anggota dalam proses usaha/bisnis. Seperti organisasi lainnya, yang membedakan hanyalah unit bisnis yang dikelola oleh KOPMA. Sehingga anggota memperoleh pengetahuan bisnis selama menjadi anggota dan selain itu, anggota KOPMA juga dapat berpartisipasi dalam mengembangkan bisnis yang sedang/akan dikelola oleh KOPMA. Nilai lebih yang akan didapatkan oleh setiap anggota ketika menjadi anggota KOPMA, karena pada umumnya, perkumpulan/organisasi yang lainya hanya sebatas organisasi dimana mereka tidak mempunyai unit usaha/bisnis. Sehingga mereka tidak merasakan bagaimana pengelolaan bisnis agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu profit yang tinggi. Dapat disimpulkan bahwa menjadi anggota KOPMA dapat melatih/belajar untuk menjadi seorang enterpreneur atau pelaku bisnis.
Sedangkan cita-cita saya adalah menjadi seorang yang sukses, yang dapat membangun usaha bisnis ataupun seorang yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya dan orang lain. Layaknya seorang enterpreneur yang mampu mengembangkan kreatifitas dan kemampuan yang dimiliki, saya pun menginginkanya. Menjadi pelaku bisnis, selain dapat mengelola aktivitas bisnis juga harus dapat mengelola aktivitas manajemen. Sehingga proses bisnis yang sedang dikelola dapat berjalan dengan baik dan memberikan profit.
Jadi, antara KOPMA dangan cita-cita saya mempunyai keterkaitan. Dimana KOPMA dapat membantu saya mengembangkan kemampuan/skills dalam berbisnis sebelum pada akhirnya saya menjadi seorang enterpreneur/ pelaku bisnis yang sebenarnya.


Langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai Organisasi Mengakar
a.         Kuantitas Anggota
1.       Memberikan discount bagi anggota untuk setiap unit bisnis KOPMA
2.       Memahami karakter mahasiswa: KOPMA menjadi fasilitator dan memberikan rangkaian kreativitas untuk mahasiswa dalam berekspresi
3.       Memanfaatkan simpul-simpul masa: KOPMA mengundang tokoh/pemimpin dari setiap organisasi untuk menjadi pembicara dalam diskusi yang dilakukan oleh KOPMA.
4.       Pendekatan bakat mahasiswa: dapat melakukan kerjasama dengan tim jurnalistik, dll.
5.       Menyampaikan manfaat yang dapat dirasakan secara langsung/tidak langsung ketika menjadi Anggota KOPMA
6.       Mengenalkan KOPMA melalui media cetak seperti brosur, poster yang dipasang disetiap papan informasi dan melalui media elektronik
7.       Mengajak & memotivasi mahasiswa untuk bergabung menjadi anggota KOPMA dengan kesadaran mereka
8.       Ketika terdapat calon anggota, maka calon anggota harus membuat surat pernyataan terlebih dahulu sebelum menjadi anggota KOPMA
9.       Menyediakan kebutuhan-kebutuhan mahasiswa, seperti menyediakan bank soal-soal ujian yang hanya dapat diperoleh bagi anggota KOPMA
1
b.      Kualitas Anggota
1.       Memberikan pemahaman tentang koperasi yang benar, dengan demikian akan memunculkan spirit yang besar bagi anggota
2.       Mengadakan pelatihan (edukasi)
3.       Mengaktifkan forum anggota sehingga anggota dapat melakukan diskusi bersama


11. KOPMA UNY

1. Ali Jufri
2. Budi Santosa
3. Anggun Fitriana Dewi
4. Dewi Rachmawati
5. Septiana Purnaningsih
6. Uun Noviasih

1.       KORELASI KOPMA DENGAN CITA-CITA,
Saya tidak pernah membayangkan kelak berprofesi sebagai apa, menurut saya seluruh pekerjaan baik adanya. Beberapa hal yang ingin saya capai adalah membantu dan membahagiakan orang lain. Di Kopma UNY saya dapatkan ilmu dan pengalaman yang sangat banyak dan tidak pernah saya pikirkan sebelumnya. Nilai-nilai sederhana yang muncul dalam aktivitas sehari-hari dalam pelaksanaan organisasi dan usaha Kopma UNY.  Kopma UNY turut berpengaruh dalam membentuk karakter saya. Menjadi bekal di dunia dan akhirat. Terimakasih Kopma,,Bravo Kopma!!

2.       LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT ORGANISASI KOPERASI YANG MENGAKAR
a.       Mengenalkan Kopma pada calon anggota
-          Mengenalkan Kopma melalui Display UKM pada ospek mahasiswa baru.
-          Membuat media publikasi sebanyak-banyaknya (cetak maupun elektronik) dan di sebarkan ke seluruh elemen masyarakat.
-          Membuka pendaftaran keanggotaan Kopma seluas-luasnya dan sepanjang tahun kepada masyarakat.
-          Memperkenalkan Kopma melalui words to mouth atas segala fasilitas dan keuntungan bergabung dengan Kopma.
-          Menyebarluaskan prestasi-prestasi yang telah diperoleh Kopma.
-          Pencitraan Kopma melalui kegiatan-kegiatan.
b.      Menggiring mereka menjadi anggota
-          Membuat kegiatan-kegiatan yang menarik, misalnya seminar gratis untuk anggota.
-          Menyebarluaskan manfaat bergabung di Kopma.
-          Membuat slogan ‘Ga Kopma, Ga Gaul’.
-          Menyebarluaskan fasilitas yang didapat jika bergabung menjadi anggota.
-          Membuat program atau kegiatan yang dapat menarik minat anggota untuk aktif di dalamnya.
c.       Membuat mereka loyal dan berkontribusi positif
-          Membuat slogan ‘‘Mari belanja di toko sendiri’’
-          Melibatkan mereka dalam setiap kegiatan di Kopma agar tercipta rasa kepemilikan terhadap Kopma
-          Menciptakan rasa bangga menjadi anggota Kopma
-          Memberikan fasilitas yang menggiurkan, misalnya beasiswa untuk anggota Kopma teraktif.
-          Menciptakan iklim kekeluargaan yang membuat setiap orang yang datang di Kopma merasa nyaman.
-          Menyadarkan anggota tentang hak dan kewajibannya sebagai anggota.

Besar-besarkanlah Kopma maka engkau akan besar bersamanya,,,,


12. KOPMA UPN

Nama              :Prayogo nugroho
·         Apa hubungan cita-cita kamu dengan Kopma?
Hubungannya saling menunjang anatara cita cita saya dan kopma.
Cita cita saya adalah menjadi pengusaha yang mampu membuka lapangan pekerjaan untuk orang-orang banyak dan mampu mensejahterakannya, saya ingin menjadi orang yang bermanfaat  bagi orang banyak sebagai mana orang tua saya mengajarkan demikian dan sebagai  salah satu bentuk ibadah ,mampu menghasilkan uang yang banyak dan peningkatan kemampuan diri.  seujujurnya saya belum menemukan jalur usaha apa yang akan saya tekuni selain itu juga belum mempunya kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang baik mengenai dunia usaha. Alhamdulillah saya bertemu dengan kopma, ini merupakan salah satu jalur usaha yang baik yang mungkin mampu mendekatkan saya terhadap jalur usaha apa yang akan saya tekuni atau mungkin juga Kopma merupakan jalur yang Allah tunjukan kepada saya untuk di tekuni. Awalnya saya menganggap kopma sebagai media untuk mengembangkan diri saya khususnya dibidang usaha, tapi setelah masuk lebih dalam bukan hanya mengembangkan diri sendiri tapi juga bagaimana kita mampu menciptakan sebuah media bagi orang lain untuk mengembangkan diri dan mensejahterakan karyawan, anggota, dan bentuk ibadah Kepada Allah SWT. Dan juga saya kuliah di jurusan Manajemen Ekonomi, banyak sekali ilmu manajemen ekonomi yang bias saya terapkan di kopma, sehingga pengetahuan saya bertambah. Semoga saya berhasil menjadi orang yang berguna bagi orang banyak, mampu membesarkan Kopma UPN dan dengan hati ikhlas. Doain yang bang :D
·         Sebutkan langkah langkah untuk menjadikan koprasi menjadi organisasi yang mengakar!. organisasi di bagi menjadi kualitas dan kuantitas. kuantitas itu pertumbuhan anggota dengan cara mengenalkan kopma dan menggirng/mengajak anggota. Kualitas dengan pendidikan anggota agar loyal sehingga mampu meningkatkan partisipasi sebagai owner, costumer, controlle.
·         Kuantitas
·         Mengenalkan Kopma :
·         Dari mulut ke mulut. Cara ini di lakukan oleh pengurus dan anggota yang ada, mereka mengajak dan memberitahu kepada teman temannya atau mahasiswa lainnya. Hal ini menjadi efektif ketika apa yang di sampaikan kepada orang lain benar dan menarik, jika informasi yang disampaikan tidak benar atau tidak jelas hal tersebut malah akan meragukan orang lain untuk menjadi anggota kopma. Jadi perlu di berikan pengetahuan mengenai kopma itu sendiri beserta kelebihannya di bandingkan dengan UKM lain, keuntunganya, cara dan tempat pendaftaran.
·         Presentasi dan membuka stand . Kopma UPN biasa melakukan Presentasi didepan mahasiswa baru pada waktu Ospek, karna ada sesi peresentasi UKM. Mahasiswa baru merupakan Calon anggota yang sangat potensial, karena mereka baru masuk di lingkungan kampus serta memiliki antusias yang tinggi terhadap kegiatan bermanfaat yang ada di kampus. Ini adalah kesempatan baik untuk mengenalkan kopma secara menarik dan awal menanamkan citra positif. Tidak seperti mahasiswa lama yang sebagian sudah punya kegiatan dan lebih cenderung ‘negative’ terhadap kopma.
·         Mengadakan talk show/ dialog mengenai koprasi. Talk show ini di lakukan dengan lingkup yang kecil seperti di tengah fakultas/jurusan. Dengan acara ini mahasiswa dapat melihat aktifitas kopma, juga terjadi komunikasi interaktif bisa saling bertanya/diskusi mengenai koprasi.
·         Memasang jurnal, artikel atau esai menarik mengenai kopma lalu di temple di madding setiap jurusan. Artikel harus menarik dari isi dan layoutnya, berisi mengenai hal-hal seputar koprasi.
·         Media internet, melalui twitter, facebook, YM, Blog. Media ini sebagai saran informasi juga sebagai cara untuk meningkatkan eksistensi dalam social media. Untuk twitter & facebook jangan menunggu di follow, sebaiknya aktif memfolow. Dan isilah update status setiap hari, dan jangan melulu mengenai koprasi, coba lah akrab dan masuk ke seputar kehidupan (menanggapi status) teman twitter/facebook lainnya.
·         Kerjasama sponsorship dengan acara-acara di kampus. Dalam hal ini kopma mensponsori hal-hal kecil yang kiranya mampu di sumbangkan oleh kopma (piala,discount catring, backdrop) . Acara-acara yang biasa di adakan oleh organisasi kemahasiswaan dan UKM, sebagai imbal baliknya menempel logo kopma di media publikasi, atau presentasi.
·         Ikut aktif dalam forum-forum dalam maupun luar kampus.
·         Menyelenggarakan ivent rutin setiap tahun yang menjadi ciri khas kopma. Contohnya Kompetisi futsal, Piala Kopma UPN, hal ini dapat di lakukan setiap tahun pada waktu yang sudah ditetapkan Lingkup dari kompetisi futsal ini adalah lingkup UPN dari berbagai jurusannya. Layaknya DBL yang diselenggarakan oleh Honda, semakin tahun acara tersebut semakin bergengsi, dan akan semakin dikenal. Didalam acaranya kopma bisa membuka stand pendaftaran anggota kopma UPN dan hal lainnya yang menyangkut kepentingan kopma.
·         Mengadakan pelatihan yang aplikatif dan menarik lalu mengundang anggota beserta temannya anggota yang belum menjadi anggota, agar dia bisa merasakan manfaat kopma. lalau di akhir pelatihan temannya anggota yang belum menjadi anggota di ajak dan di tawari jadi anggota.
 ·         Menggiring/mengajak manjadi anggota
·         Mengajak dengan menawarkan manfaat menjadi anggota.
·         Mengajak ikut serta dalam kepanitian acara yang diadakan kopma.
·         Mengajak orang yang berpengaruh dalam suatu grup tertentu/ oraganisasi untuk mendaftar menjadi anggota.
·         Menawarkan pelanggan yang sering berbelanja di kopma tapi belum menjadi anggota.
·         Kualitas
·         Membuat kurikulum pendidikan dasar anggota yang lengkap.
·         Diskusi koprasi antara pengurus dan anggota.
·         Pengkaderisasian dengan diberikan tanggung jawab berupa event/ tugas ringan
·         Pemberian pemahaman kepada anggota terhadap hak dan kewajibannya, lalu membiasakan diskusi membahas tentang kopma.


III. REKAPITULASI JAWABAN DARI KAWAN-KAWAN AKTIVIS KOPMA SE-JATENG

01.  Catur Ari Jatmika (Direktur KOPMA “LEBAH” UMP) Purwokerto
catur20@rocketmail.com

Perkembangan Kopma secara kuantitas dan kualitas
Secara Kuantitas
Kuantitas suatu kader kopma akan baik bila mana pengkaderan di lakukan dari hati ke hati. Artinya bahwa kedekatan hati kepada setiap anggota harus di tanamkan sejak awal untuk terjalin suatu keakraban yang solid. Butlah acara yang membuat suatu keakraban terjalin dengan baik, baik dalam kondisi formal, santai maupu mengetuk hati.
Kegiatan yang seperti inilah yang bisa membuat suatu keinginan untuk terus bersama dan meraih cita cita bersama.
·               Pertama, menggunakan cara formal misalnya dengan mengadakan kegiatan educasi yang berupa pemahaman tentang koperasi, kenapa harus berkopersi, apa kegunaan koperasi dan memberikan pengertian bagaimana perekonomian di Indonesia ini harus di jalankan dengan mengacu pada UUD 1945. Kegiatan ini di selingi dengan hiburan yang membuat semua bisa terbaur jadi satu tanpa melihat perbedaan dan membuat semuanya sama.
·               Kedua, dengan cara santai, artinya kegiatan di lakukan dengan cara yang santai dan penuh dengan tawa canda dan berbagai rayuan gombal yang membuat hati semakin berbunga-bunga. Kondisi seperti ini akan timbul suatu keakraban dan kedekatan di antara anggota. Lakukan lah hal ini dalam berbagai kesempatan,misalkan di anggedakan setiap minggu sekali atau bahkan setiap hari agar terus terjalin komunikasi.  Cobalah sesekali dalam memanfaatkan waktu liburan di gunakan untuk berlibur sekaligus melakukan kegiatan sosial seperti baksos dan lain lain. Kumpulkan dana dengan  mengambil seluruh sumbangan dari mahasiswa yang pengumpulan dana ini merupakn ageda setiap bulan atau di adakan setiap beberapa bulan sekali.
·               Ketiga, kegiatan yang membuat hati terenyuh dan merasa senasib sepenanggunagan sehingga jalinan kebersamaan semakin kuat. Ini perlu di lakukan dengan memberikan suatu memori pada pikiran setiap anggota agar selalu tersimpan di benak hati mereka bahwa keadaan yang seperti itu merupakan suatu gambaran bahwa kebersamaan dalam suatu koloni adalah penting untuk mencapai tujuan bersama demi cita-cita bersama. Untuk melakukan hal yang seperti ini perlu praktisi atau ahli psikologi yang bisa membuat hati merasa bersatu dan jiwa kebersamaan dan kekompakan yang kuat. Perlunya ungkapan –ungkapan yang menggoreskan hati yang membuat hati merasa terenyuh dan mersa sedih bahwa kebersamaanlah hal yang akan membuat selalu di rindukan agar timbul selalu ingin bersama dalam setiap kesempatan.

Secara Kualitas
Ini merupakan suatu tahap bilamana seorang anggota telah mengalami susah payah di lakukan secara bersama dan telah sadar akan keadaan dan keberadaan mereka di koperasi. Ini memerlukan waktu yang cukup panjang, perlu perenungan diri dan penyadaran diri akan timbul suatu pemaham tentang keberadaan koperasi. Timbulnya rasa loyal di lakukan dengan rasa ikhlas menerima kekuarangan dan kelebihan masing-masing. Bisa belajar mnerima kekurangan untuk bisa di ubah dengan kelebihan yang di miliki oleh anggota lain. Buatlah situasi kerja yang harmonis, artinya di dalam pembagian job tidak ada sistem paksaan, berikan sesuai kemauan agar di dalam menjalankan job bisa di lakuakn dengan senang hati.
Berikan suatu pemahaman dengan melihat suatu gambaran kemiskinan di sekeliling mereka,keadaan penindasan di sekeliling mereka dan penindasan warisan penjajah yang membuat rakyat ini hancur dan merasa tidak berdaya. Dengan melihat keadaan yang seperti itu di harapkan hatinya dapat bangun dan tersadar bahwa di luar sana banyak sekali yang membutuhkan kita, maka kita sebagai orang yang beruntung harus terus membuat mereka tersenyum dan terus berusaha mengubah suatu tatanan yang seharusnya terjadi, dari suatu bentuk penindasan harus di ubah dengan bentuk kekeluargaan.
Semoga pemikiran ini bisa berguan untuk kopma dan saya sedang berusaha untuk menjalakan itu semua,tetapi banyak sekali kendala dan keadaan yang tidak mendudkung,sibuk kuliah,tugas agenda keluar kota dan sebagaianya. Perlu menentukan waktu yang pas untu bisa melaksanakan itu semua.
Terimaksih pak….semoga saya bisa terus tersadar bahwa penindasan perekonomian ini harus di hancurkan demi terjadinya suatu keselarasan hidup baik miskin dan seorang kaya, bahwa si miskin ini bisa setara dengan sia kaya dengan menerapkan sistemekekaluaraan.
                                                                                                                                               



02.  KOPMA UNNES
Rezky Nugroho <rezky_nugroho@yahoo.co.id>

RELEVANSI KOPMA DENGAN CITA-CITA
Kopma dan cita-cita merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Kopma merupakan unit kegiatan mahasiswa yang berhubungan langsung dengan dunia perkoperasian dan dunia usaha. Tetapi tidak hanya itu saja kopma juga melatih mahasiswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi,melatih kekompakan dalam organisasi dan juga menanamkan asas kekeluargaan. Relevansinya dalam kopma pasti ada tujuan yang ingin dicapai, begitu juga dengan cita-cita yang sama-sama harus diraih melalui proses,usaha yang keras,dan mampu menyelesaikan masalah guna mencapai tujuan tersebut.

Pertumbuhan kuantitas anggota
Mengenalkan kopma
  • Dengan cara menyebar brosur disetiap fakultas
  • Melalui majalah mingguan kampus
  • Melalui situs jejaring sosial
  • Ajakan dari teman ke teman yang lain.
  • Setiap ada event kopma selalu mempromosikan diri.

Menggiring Masuk Menjadi Anggota KOPMA
  • Kopma mengirim masuk anggotanya sebagai pengurus melalui seleksi.
  • Setelah  diseleksi calon pengurus harus memenuhi kriteria sebagai pengurus.
  • Salah satunya adalah anggota aktif dalam kegiatan ataupun unit usaha.
  • Setiap kaderisasi harus sesuai dengan porsi yang dibutuhkan dan ditempatkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki calon pengurus.

Pertumbuhan Kualitas (Partisipasi)
  • Setiap anggota harus aktif dalam kegiatan yang direncanakan kopma.
  • Setiap anggota mempunyai kepercayaan antara yang satu dengan yang lain.
  • Adanya doorprise atau penghargaan bagi anggota yang aktif.
  • Kopma menyediakan segala jenis kebutuhan anggota agar anggota tetap melakukan transaksi di unit usaha
  • Pelayanan yang ramah dan bersahabat.




03.  Endah Puspitawati (KOPMA UNS)
         mini_camp@ymail.com

Relevansi KOPMA VS pencapaian cita-cita
Setiap cita-cita membutuhkan kedisiplinan,kerja keras,  pemikiran yang dewasa dan kemampuan untuk beradaptasi. Semua modal yang diri kita butuhkan untuk mencapai cita-cita ada di KOPMA.
Dikopma bisa kita pelajari :
a)      cara berorganisasi, pendelegasian wewenang yang nantinya akan berguna ketika kita sudah bekerja, terjun di masyarakat.
b)     Kita bisa mengembangkan kemampuan anggota dalam pengelolaan individu,  pemahaman individu dengan berbagai karakteristik dan sifat yang berbeda-beda melalui kopma.  pun kalau kita bekerja di perusahaan kita akan butuh ilmu manajemen, untuk pengelolaan karyawan perusahaan (HRD)
c)      Sebagai media pengembangan diri. Kita bisa belajar public speaking, analisis keuangan, marketing, dll yang nantinya akan berguna pula untuk dunia kerja.
d)     Belajar mencari jaringan,  belajar public relation yang nantinya akan mendukung skill kita, dan akan mempermudah kita dalam mendapatkan pekerjaan.
e)      Belajar mengelola waktu. Waktu akan sangat berharga ketika dikopma, karena setiap saat kita bisa mendapatkan ilmu,
f)       Belajar berwirausaha, dan mempraktekkannya, karena dikopma kita bisa mendapatkan pinjaman modal untuk mengembangkan usaha, dan qt berkesempatan memanage usaha kopma. Jadi belajar jadi wirausaha beneran.
g)      Belajar mandiri, bagaimana mendapatkan dana, bagaimana mencari sponsor bisa kita dapatkan jg, karena kopma pny 2 fungsi : sebagai perusahaan dan sebagai organisasi. Kalau kita dikopma kita dapat ilmu organisasi juga dapat ilmu tentang pengelolaan perusahaan.

1.       Kopma
a)      pertumbuhan kuantitas anggota
v      mengenalkan kopma
Teknik mengenalkan KOPMA :
§         Orientasi kepada mahasiswa dalam setiap acara ospek fakultas.
§         Pengenalan tentang koperasi dalam setiap acara kopma.
§         Perbanyak diskusi tentang perkoperasian.
§         Diskusi tentang jati diri dan manfaat koperasi.
§         Melakukan pendekatan langsung kepada anggota, misal sebar pamphlet di fakultas dll. Termasuk sharing2 dgn anggota,
§         Mengadakan event expo, agar anggota mengetahui gambaran mengenai kopma.
§         Mengaktifkan FKA (Forum Komunikasi Anggota) untuk menginformasikan terkait keberadaan Kopma. Nanti harapannya dari 1 orang bisa menularkan ke teman yang lain (Word of mouth).
§         Ada pamphlet pemberitahuan sebagai media publikasi
§         Dibuat Spanduk Cara pendaftaran sebagai anggota KOPMA
 
v      menggiring masuk ke kopma
§         adanya pendidikan dasar.
§         Adanya orientasi manfaat KOPMA.
§         1 anggota mengajak 1 calon anggota dengan ketentuan memahami prinsip-prinsip koperasi.
§         Pengurus wajib memberi contoh secara langsung penerapan prinsip-prinsip dalam kegiatan sehari-hari.
§         Membuat acara-acara yang menarik untuk anggota : festival kreatif mahasiswa wirausaha, kompetisi futsal, kompetisi film pendek, demo masak bareng, dll.
§         Ikut andil dalam pembukaan stand tiap event besar univ.

b)     peningkatan kualitas anggota
v      menerapkan prinsip-prinsip koperasi sehari-hari
v      pendidikan secara berkelanjutan.
v      Diskusi-diskusi rutin tentang keadaan social ekonomi kerakyatan.
v      Memberikan kebermanfaatan kopma kepada anggota : poin aktivitas, poin transaksi, diskon, dll.
v      Memberikan citra baik untuk kopma dengan penambahan skill anggota, missal : training2, diikutsertakan di kepanitiaan, dll…

04. syarif hidayat syarif.creator007@gmail.com
KOPMA IAIN Surakarta
Pola Pengkaderan KOPMA
Menurut AS Hornby dalam bukunya “Oxford Advance Learner’s Dictionary” menyampaikan bahwa kader adalah sekelompok orang yang terorganisir secara terus menerus dan akan menjadi tulang punggung bagi kelompok yang lebih besar. Melihat dari pemahaman tersebut keberadaan kader menjadi amat penting karena maju dan tidaknya suatu organisasi pada masa selanjutnya/ masa depan organisasi, bisa dilihat dengan seberapa berkualitasnya kader yang dimilikinya. Semakin berkualitas seorang kader yang diciptakan menjadi barometer seberapa besar kemajuan yang akan dicapai dimasa depan. Oleh karena itu baik pengurus, pengawas dan seluruh stake holder organisasi “wajib” memberikan perhatian lebih dalam pembinaan kader dengan menerapkan sistem pendidikan, pelatihan dan pembekalan yang “benar”. Hal ini termaktub menjadi satu dari tujuh prinsip pokok koperasi.
Hal yang sekiranya dilakukan dalam pembinaan dan pemberian pendidikan adalah melalui praktek pelatihan secara teoritis maupun praktis dengan turun langsung kelapangan, dan juga dengan memberikan  pendidikan. Hal ini ditujukan sebagai bekal pemahaman secara fundamental, intelektual dan kreatifitas.
Beberapa step yang sekiranya bisa diterapkan dalam mekanisme pengkaderan adalah pola pengakaderan pendidikan dan pelatihan formal dan informal sebagai berikut:

Jenjang Pendidikan dan pelatihan formal:
·         Mengikuti pembekalan perkoperasian dengan memberikan pemahaman awal tentang koperasi.
·         Diklat dasar perkoperasian (materi: perkoperasian, kepemimpinan, entrepreneur, keorganisasian, teori sosial, sosial movement)
·         Diklat Menengah Perkoperasian maupun Diklat selanjutnya.
·         Pembekalan Ruhiyah dan karakter building
·         Diklat pendalaman perkoperasian, sosial movement dan sosial entrepreneur.
·         Dikmen Perkoperasian (materi dasar dikmen hingga sistem lobby)
·         Diklat Fasilitator dan TOT (Training Of Trainer)
·         Diklat kepengurusan.
·         Diklat menagemen hingga menagemen konflik.
·         Melakukan pendampingan penuh pasca Pendidikan Dasar Perkoperasian
·         Anggota diberi tanggung jawab dalam kegiatan-kegiatan.
·         Mengadakan sarasehan dan temu silaturrahmi kader/ anggota koperasi.
·         Membuat wadah Aspirasi anggota yang menampung minat dan bakat anggota.
·         Membuat forum khusus anggota yang didirikan berdasarkan kajian keilmuan anggota, contoh:
Anggota yang kuliah keagamaan dialokasiakan dalam pendampingan majelis taklim, TPA, dan kegiatan agama lainnya.
Anggota yang kuliah dihukum melakukan studi banding advokasi, lembaga hukum dan pembelajaran menagemen konflik dan pendampingan kasus.
Anggota yang kuliah ekonomi islam diberikan forum khusus, dan memungkinkan diberikan wadah pengelolaan keuangan sendiri/ simpan pinjam syari’ah.
Anggota yang kuliah dikeguruan dibuatkan Usaha Les privat dan kursus.
·         Mengadakan pelatihan-elatihan life skill.

Jenjang Pendidikan dan pelatihan non formal:
·         Diklat Publick Speaking
·         Diklat mapping sosial
·         Diklat civil society
·         Diklat sosial entrepreneur dan sosialpreneur
·         Membuat forum diksusi anggota (internal)
·         Mengadakan perlombaan antar anggota (lomba pidato 3 bahasa, lomba cerdas cermat bertema sosial, ekonomic dll)

Jenjang Pendidikan dan pelatihan informal:
Dengan menurunkan langsung dalam kegiatan:
·         Magang usaha secara mandiri maupun kelompok.
·         Aktif dalam kepanitiaan kegiatan.
·         Out bond training dan pelatihan-pelatihan lainnya.
·         mengikuti diskusi yang diadakan internal maupun eksternal organisasi, seperti : LSM dll
·         mengikuti seminar, penyuluhan.
·         Mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh birokrasi maupun pemerintahan.
·         Mengadakan pelatihan-pelatihan usaha (kerajinan Flanel, kerajinan Debog, Kerajinan bambu dll)
·         Membuat wadah pengkaryaan anggota. (yang mana hasil kerajinan dan kreatifitas anggota dipupuk dan dibimbing yang kemudian ditampilkan dalam ekspo maupun pameran-pameran dari tinggkat mahasiswa hingga umum)
·         Melakukan bakti sosial dan pendampingan kemasyarakatan (ini bisa dilakukan dilingkungan masyarakat kurang mampu, panti asuhan yatim-piyatu) dari sisi kemandirian hingga peningkatan karakter (caracter building).

Setelah anktif dalam keanggotaan maka mereka berhak masuk kedalam kepengurusan/ kepengawasan dengan melalui seleksi dan wawancara dengan melibatkan pembina dan pembimbing KOPMA.


Bagaimana menciptakan KOPMA yang anggotanya tumbuh.
Mengenal:
·         Mengikuti pembekalan perkoperasian dengan memberikan pemahaman awal tentang koperasi.
·         Dengan dilibatkan anggota dalam kegiatan-kegiatan dan aktivitas KOPMA secara langsung
·         Melakukan Studi Banding/ Kunjungan kerja ke KOPMA, Koperasi, Komunitas, LSM, Unit Usaha dan Organisasi lainnya.
·         Melakukan Branding KOPMA dan DIFFERENSIASI, ini diharapakan posisi KOPMA mempunyai nilai lebih dimata khalayak ramai dan berbeda dengan lainnya.
·         Melakukan publikasi melalui Radio, penempelan brosur, membuat bulettin KOPMA (berisikan segala hal aktivitas akademika kampus dan nasional yang terbuka menerima inspirasi umum)
·         Aktif dalam kegiatan-kegiatan pameran, bazar, dan aktivitas umum.
·         Ikut aktif mensponsori kegiatan-kegiatan mahasiswa dan umum.
·         Aktif menghadiri undangan-undangan dan kegiatan organisasi lainnya.
·         Melaksanakan kegiatan/ event umum (Seminar, Talk Show, Pelatihan, Work Shop,  Nonton Bareng, dll)
·         Membuka forum diskusi bersama yang dibuka untuk umum
·         Membuat atribut KOPMA, baik seragam maupun spanduk2.
·         Membuat produk-produk KOPMA (Pin, Sticker, Buku tulis, Pulpen, Tas, Kaos kaki, Sandal dll) yang kemudian bisa dijual untuk umum dengan harga yang lebih murah.
·         Membuka program magang mahasiswa dan umum.



Bagaimana menciptakan KOPMA yang anggotanya tumbuh.
Menggiring masuk KOPMA:

·         Dengan melakukan Melakukan Studi Banding/ Kunjungan kerja ke KOPMA, Koperasi, Komunitas, LSM, Unit Usaha dan Organisasi lainnya.
·         Melakukan Branding KOPMA dan DIFFERENSIASI KOPMA.
·         Melakukan publikasi melalui Radio, penempelan brosur, membuat bulettin KOPMA (berisikan segala hal aktivitas akademika kampus dan nasional yang terbuka menerima inspirasi umum)
·         Melakukan pendekatan organisasi maupun pendekatan personal dari kader dan anggota yang memang sengaja untuk mengenalkan KOPMA dan mengajak bergabung
·         Membuat atribut KOPMA yang menjadikan sisi menarik KOPMA dimata khalayak.
·         Membuat proyek pendampingan KOPEL (Koperasi Pelajar), pendampingan dari sisi usaha, pengkaderan dan kepengurusan.
·         Melakukan work shop dan event lainnya di SMA/ SMK/ Aliyah dan sederajatnya.
·         Mengadakan perlombaan yang dikuti oleh para pelajar SMA sederajat dan SMP sederajat.

·         Forum pengenalan dan pembibitan perkoperasian bukan hanya dimulai dari anggota baru/ mahasiswa, bisa juga dimulai dari jenjang SMA sederjat dengan melakukan pendampingan KOPEL/ OSIS maupun organisasi pelajar lainnya.
·         Tidak melakukan sekat-sekat kelompok dan hal-hal yang berimbas pada munculnya perbedaan diantara anggota maupun masyarakat umum.
·         Komunikasi dan koordinasi kuat antar pengurukopms, antar anggota, pengurus dan anggota, seluruh element internal dan eksternal organisasi.
·         Semua sepakat menjunjung tinggi nilai-nilai luhur perkoperasian baik dari sistem gotong royong, kekeluargaan, mandiri dan keterbukaan dll.
·         Seluruh elemen internal bergerak bersama dan saling mendukung dalam upaya memajukan KOPMA.

05. KOPMA STAIN PURWOKERTO

SISTEM PENGKADERAN DAN MILITANSI KOPERASI KOPMA STAIN PURWOKERTO AGAR MENJADI KADER KOPERASI YANG MILITAN

·         PENDIDIKAN ORGANISASI
·         Pendidikan Dasar (DIKSAR)
Diksar merupakan gerbang awal yang dilakukan Koperasi Kopma STAIN Purwokerto untuk menjaring anggota yang dilakukan satu tahun sekali secara sukarela dan terbuka, hal ini di tempuh untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa STAIN Purwokerto sebagai basis anggota koperasi, tidak menutup kemungkina Diksar ini memiliki kekurangan dalam penyampaian pemahaman kepada calon anggota tentang koperasi.

Adapun agenda kami setelah diksar yaitu
·         Mengikuti Pendidikan “Cooperative School” tingkat dasar
Cooperative School sebagai lembaga pendidikan anggota adapun tujuannya, sebagai berikut:
·         Wadah pendidikan koperasi tingkat dasar pasca diksar yang berkelanjutan.
·          Mengembangkan pemahaman koperasi bagi anggota baik secara pengertian dan nilai.
·         Memetakan sifat keanggotaan bidang bakat dan minat anggota.
·         Sebagai/Untuk syarat mengikuti pendidikan tingkat selanjutnya (DIKMEN)

·         Kegiatan Pendidikan Berkelanjutan dengan kelembagaan

Perbaikan dan Agenda Diksar Koperasi Kopma STAIN Purwokerto :
·         Diksar kedepan tidak menggunakan masa satu tahun,akan tapi koperasi sesuai dengan prinsip sukarela dan terbuka berusaha sifat diksar bisa dilaksanakan dalam masa SETIAP HARI.
·         Koperasi Mahasiwa yang sekarang masih bergerak dalam keanggotaan masih tertutup dalam ruang lingkup mahasiswa, maka kopma STAIN berusaha mempersiapkan keanggotaan khusus diluar mahasiswa.

·         Pendidikan Menengah (DIKMEN)

Agenda Dikmen yang mengedepankan pengkaderan dan pendidikan kelanjutan bagi anggota sebagai lanjutan dari diksar memiliki peran yang sangat penting bagi keanggotaan koperasi, karena mengutip dari bapak koperasi “ Bukan disebut kopoerasi jika di dalamnya tidak ada pendidikan”, maka dari itu koperasi kopma stain mempunyai pendidikan yang berkelanjutan ydan berjenjang dan sebagai kualifikasi kaematangan kader dalam memahami koperasi.

Adapun proses atau bentuk dari Dikmen yang dilakukan kopma STAIN Purwokerto, sbb:
·         Dikmen “ Face to Face “ : di lakukan dengan cara pendekatan per anggota yang di bimbing oleh satu pembimbing.
·         Dikmen “ regional “ : dilakukan secara bersama namun melibatkan beberapa unsur koperasi di wilayah banyumas, dan menggunakan pendekatan kualitatif dari masing-masing anggota yang sudah siap mengikuti dikmen. Dengan berbagai syarat yang harus terpenuhi pasca diksar.
·         Dikmen “ Nasional “ : di peruntukan bagi anggota yang sudah pernah mengikuti dikmen regional sebagai pematangan dan sekaligus kualifikasi untuk di jadikan pembimbing bagi anggota-anggota baru.

·         Pendidikan Lanjut (DIKJUT)
Dikjut adalah tahap pematangan terahir dalam sistem pendidikan  koperasi yang dilakukan oleh koperasi kopma stain, dikjut di laksanan dengan sistem pengembaraan dan di wilayah koperasi yang berada di perguruan tinggi yang sudah memiliki kualified yag tinggi secara sistem koperasi, prosesnya, sbb:
·         Program pengembaraan “ Magang”
·         Program Dikjut “Nasional”
·         Siapa berjuang menjadi orang koperasi dan memperjuangkan ekonomi kerakyatan di masyarakat.
Dalam pendidikan koperasi memiliki jenjang dan konsistens dalam pendidkanlah yang akan melahirkan kader-kader militan, “ Kopma is Koperasi”. Kata terakhir “ bukan disebut koperasi kalau didalamya tidak ada pendidikan tentang koperasi” (Moh. Hatta).


·         PENDIDIKAN USAHA
·         Program magang anggota
·         Memberikan kepada anggota  wadah kreatifitas di bidang minat dan bakat anggota
·         Study banding
·         Untuk usaha koperasi kami berikan kepada orang yang profesional (agenda kedepan koperasi kopma stain purwokerto.





Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Anonim
23 Mei 2012 04.46

ijin share ya..

23 Mei 2012 06.35

silahkan sepanjang untuk kebaikan dan untuk menciptakan kebermanfaatan. selamat berjuang dan thanks atas apresiasinya...salam

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved