KETIKA GADIS ITU MENGAMBIL PILIHAN "TAK WAJAR" (Bagian 02)

Selasa, 27 Maret 20120 komentar


Bagian 02 dari cerita tentang “KETIKA GADIS ITU MENGAMBIL PILIHAN TAK WAJAR”  menceritakan tentang potret daerah transmigran dimana saat ini Ibu dan keluarga Dewi bermukim.  Daerah ini yang menjadi “mimpi” seorang Dewi. Dia ingin melakukan pengabdian, dia ingin memberi warna dengan mengolah potensi yang melekat pada daerah pinggiran ini.
Pemikiran dia tergambar dari “potret mini” yang berisi tentang realitas dan gagasan-gagasan awal. Dewi bermimpi membangun daerah ini. Entah sejauh mana mimpi yang dewi defenisikan, yang jelas dia ingin memulai mewarnai dunia dari daerah terpencil ini. Potensi daerah ini menjadi sumber keyakinannya bahwa semua ini akan bisa di oleh. Akan kah seorang sarjana pertanian ini akan berhasil ????...
wallau a’lam. Namun melihat semangat yang ada pada Dewi, mukzi berkeyakinan Dewi akan bisa memberi warna beda.

 POTRET DAERAH TRANSMIGRAN CIANJUR SELATAN
A.  Latar Belakang berdirinya transmigrasi di Cianjur Selatan
 
Awal berdirinya transmigrasi Cianjur Selatan, bermula dari kerusuhan di aceh oleh GAM. Rakyat transmigrasi yang di aceh seluruhnya di usir. Sehingga mereka tidak lagi memiliki harta benda. Bukan hanya harta benda yang melayang tapi banyak nyawa yang melayang akibat terjadinya pengusiran dan pembantaian yang dilakukan GAM pada tahun 2000. Banyak warga transmigrasi korban GAM yang terlunta-lunta serta mengungsi dimana-mana termasuk keluarga kami, untuk mendapatkan kembali sesuatu yang telah hilang dari kami, namun nyawa tak kan pernah lagi kembali, sehingga ayah tercintapun harus ditinggalkan di bumi aceh.
Warga korban aceh mengungsi di jakarta, di penampungan untuk warga masyarakat yang akan diberangkatkan untuk transmigrasi yaitu di kalimalang Jakarta Timur. Banyak masyarakat yang mengungsi di sana sehingga harus berdesak-desakan untuk mendapatkan uluran tangan para dermawan. Berbulan-bulan warga korban aceh mengungsi namun belum ada tanggapan,  masyarakat korban GAM terus mengajukan kebijakan untuk di beri tempat kembali. Karena semua harta benda yang telah dimiliki sirna. Keluarga kamipun akhirnya mengungsi kembali di bandung tepatnya di buah batu tempat penampungan warga transmigrasi. Lalu pemerintah propinsi jawa barat memberikan kebijakan yaitu transmigrasi lokal di daerah cianjur selatan. Masyarakat transmigrasi korban GAM yang berasal dari jawa barat di transmigrasikan kembali di Cianjur Selatan Pada 22 Oktober 2002, tempat yang dijadikan transmigrasi adalah perbatasan antara bandung dan cianjur, dulunya bekas perkebunan teh yang tidak lagi produktif. Sehingga warga jawa barat yang korban kerusuhan GAM ditransmigrasikan kembali di Cianjur Selatan tepatnya di Koleberes Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Selatan.

B.  Potensi yang dimiliki transmigrasi cianjur selatan
Potensi yang dimiliki daerah trans cianjur selatan sebenarnya cukup banyak namun tertutupi dengan kelemahan-kelemahan yang ada. Sehingga banyak warga trans tidak betah untuk tinggal di daerah trans, sehingga banyak yang menjadi TKW ke luar negri.
Daerah transmigrasi cianjur selatan adalah pegunungan hingga cuacanya sangat dingin dan berkabut. Dan tanaman yang cocok di pegunungan adalah sayuran dan produk hortikultura dll. Namun karena kondisi jalan yang sangat parah, belum ada penampungan untuk pemasaran sayuran dan tanaman yang mudah rusak. Sehingga hasil pertanian dihargai sangat murah. Warga masyarakat menggarap lahannya hanya sebatas untuk kebutuhan sehari-hari tidak untuk dijual.
Selain itu tansmigrasi cianjur selatan memiliki pemandangan yang sangat indah karena di puncak gunung sehingga dapat memandang lautan yang ada di pantai selatan. Sehingga tepat sekali bila di transmigrasi cianjur selatan di jadikan tempat agrowisata dan wahana mengenal produk-produk pertanian.
karena dulunya transmigarasi cianjur selatan adalah daerah perkebunan teh yang sudah tidak produktif lagi maka daerah trans bagus dijadikan tempat wisata bagi masyarakat kota yang ingin menghilangkan penat.

C.  Kelemahan transmigarsi cianjur selatan
Potensi yang ada tertutup oleh jalan yang sangat parah, sehingga masyarakat terisolir dan tidak dapat berkembang atau sejahtera. Gambar di atas adalah akses jalan utama untuk ke kota atau pasar yang ada di ciwidey. Jarak tempuh perjalanan dari trans ke pasar adalah 6 jam dan butuh 2 hari untuk pergi ke pasar karena kondisi mobil yang hanya 2 unit dan waktunya pun telah di tenttukan sehingga apabila tertinggal mobil pada hari ini, maka dilanjut esok harinya. Sebenarnya ada pasar lagi di cianjur namun jaraknya dua kali lipat di bandingkat ke ciwidey sehingga masyarakat lebih memilih ke ciwidey.
Kondisi perekonomian di daerah transmigrasi sangat  memprihatinkan, karena faktor yang paling penting perekonomian akan berkembang apabila di dukung dengan infrastruktur yang memadai, sehingga perekonomian tidak mengalami kelumpuhan. Sehingga masyarakat sangat berharap pemerintah pusat dapat membantu untuk pengembangan wilayah transmigrasi cianjur selatan.
Kondisi pendidikan di transmigrasi cianjur selatan masih dalam level rendah karena kurangnya pengajar atau guru yang mau mengajar di daerah pelosok dan terisolir. Sehingga anak-anak mereka lebih memilih sekolah di bandung atau didaerah lain yang sekolahnya memadai. Namun kebanyakan dari mereka tidak melanjutkan sekolah karena terbelit biaya sekolah yang selangit adapun yang lanjut sekolah dengan beasiswa atau diangkat anak oleh dermawan dan disekolahkan. 
Adapun usulan program yang diajukan untuk perbaikan wilayah transmigrasi sebagai berikut:
  1. Pembangunan infrastruktur terutama jalan sebagai akses utama untuk peningkatan perekonomian masyarakat transmigrasi.
  2. Transmigrasi cianjur selatan dapat dijadikan percontohan program yang akan dilaksanakan oleh nakertrans pusat.
  3. Tempat percontohan agrowisata yang dapat mengembangkan daerah transmigrasi. Karena daerah trans cianjur selatan adalah perbatasan bandung dan cianjur namun jaraknya lebih dekat ke Ciwidey Bandung.
  4. Adakan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang pertanian dengan melibatkan masyarakat transmigrasi cianjur selatan.
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved