MENDORONG PELAKU USAHA MIKRO BERBENAH

Kamis, 28 Februari 20190 komentar


MENDORONG PELAKU USAHA MIKRO BERBENAH 

“Saya mau minta pendapat njenengan terkait kredit mikro dimana berdasarkan laporan kantor OJK, penyaluran kredit untuk usaha mikro di Jawa Tengah masih relatif kecil atau baru memiliki share 14,61%. Padahal, jumlah usaha mikro mendominasi atau 90,48% dari seluruh usaha. Pertanyaan menariknya adalah kenapa hal itu bisa terjadi dimana penyaluran kredit mikro masih relatif kecil?. Bagaimana pula upaya yang perlu dilakukan pemerintah daerah atau industri jasa keuangan dalam meningkatkan penyaluran kredit bagi usaha mikro. Kemudahan apa yang bisa ditawarkan untuk usaha mikro agar dapat mengakses modal usaha?”, demikian pertanyaan Mas Puji wartawan Harian Suara Merdeka kepada Bung Arsad pada sore kemarin menjelang maghrib.

“Ada beberapa hal yang mempengaruhi hal itu terjadi, antara lain :  (i) Ketidaktahuan atas informasi peluang pinjaman murah; (ii) Percaya diri sebagian pelaku UMKM bersentuhan dengan perbankan tergolong rendah; (iii) Visi para pelaku UKM yang masih belum terkonsep dengan baik dan berjalan secara alamiah; (iv) Kapasitas UKM yang tidak berkeberanian untuk mengambil resiko atas pinjaman. untuk itu, perlu literasi keuangan yang lebih massif sehingga terbangun "reposisi mindset" yang akan mendorong pelaku usaha mikro lebih bersemangat dan optimis dalam menjalani maupun mengembangkan usaha yang ditekuni hari ini”, ungkap Bung Arsad yang juga Sekjen Kadin Kab. Banyumas

“Disamping itu, perlu juga membantu pelaku usaha mikro dengan memberikan akses terhadap peluang yang potensial untuk mereka tekuni. sebab, banyak pelaku usaha mikro masih memiliki persoalan dalam hal insting berwirausaha yang mash rendah dan memerlukan up-grade.  Dalam rangka peningkatan kapasitas, para pelaku usaha mikro juga perlu diberi pelatihan "me-manage bisnis" agar tata kelola nya lebih baik dan lebih berpeluang untuk berkembang”, tambah Bung Arsad yang juga pengurus ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia) Cabang Purwokerto itu.

Berita terkait : Klik Disini

Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved