DINKOMINFO KAB BANYUMAS MENGGELAR GATHERING IKM

Selasa, 18 Desember 20180 komentar

DINKOMINFO KAB BANYUMAS MENGGELAR GATHERING IKM

"Jagongan Cantik Barengan KIM Banyumas", demikian judul gathering KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Kab Banyumas Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh dinas komunikasi dan informasi Kab Banyuma di Andangpangrengan pada Hari Selasa, tanggal 18 Desember 2018.
Selain pejabat dan staff di lingkungan Dinas Komunikasi dan informasi Kab. Banyumas, juga hadir dalam agenda ini para anggota KIM (Kelompok Informasi Masyarakat), delegasi dari beberapa OPD terkait dan para camat di lingkungan Kab. Banyumas.  

Gathering ini pun menghadirkan 2 (dua) narasumber pada session Talk Show, yaitu : (i) Muhammad Arsad Daimunte (wakil Kadin Banyumas) dan; (ii) Bapak Bayu
Nugroho,S,Sos.M.Si, Kepala Desa Dermaji, Kec. Lumbir.

Penampilan Tari Longget yang diperagakan oleh siswa/i SMPN 5 Purwokerto memeriahkan suasana dan disambut tepuk tangan meriah segenap peserta, tamu undangan dan pengunjung yang ikut menyaksikan. Respon serupa juga berlagsung saat mereka dengan ciamik menampilkan kombinasi drama dan musik tradisional yang berisi pesan bahaya “Pesan Hoax”.       
Bupati Banyumas melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh staff ahli bidang hukum, Bapak Wisnu Jatmiko,SH,MH,  menyampaikan
tentang pentingnya teknologi informasi dan pemberdayaan masyarakat. Dengan terbentuknya 3 (tiga) KIM (Kelompok Informasi Masyarakat),  berharap menjadi awal terbangunnya jaringan yang solid diantara KIM. Bupati menilai bahwa keberadaan KIM sangat penting dan berpotensi menciptakan nilai tambah. Oleh karena itu, KIM perlu dikembangkan sehingga masyarakat dimudahkan dalam meng-akses informasi. Kalau hari ini ada 3 (tiga)  KIM yang sudah terbentuk,yaitu  KIM bidang UMKM, KIM Bidang Pariwisata dan KIM Kelompok Usaha Bersama, maka diharapkan akan terus tumbuh secara kuantitas maupun kualitas.Kepada para segenap Camat, Bupati berpesan untuk terus melakukan pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal.

Dalam pengantar talk shownya , Bu Anjar selaku MC dan juga moderator talk show sempat memberi sedikit penjelasan seputar peran dan fungsi KIM yang antara lain; (i) sebagai wahana informasi dan komunikasi; (ii) wahana komunikasi vertikal dan sebaliknya sehingga terbangun komunikasi 2 (dua)  arah; (iii) sebagai wahana perubahan masyarakat melalui pemberdayaan berbasis kemandirian dan; (iv) wahana pemberdayaan ekonomi masyarakat 

Bung Bayu,dalam presentasinya merupakan kepala desa yang kaya prestasi dan sukses memanfaatkan teknologi dengan tepat dalam meng-akselerasi capaian-capain pembangunan desa yang mengangumkan. Beberapa penghargaan pun diperolehnya seperti  Inspiring young leader, Desa unggulan versi tempo untuk kategori desa melek IT dan terakhir Badan publik Desa terbaik untuk kategori website yang paling informatif. Banyak lagi penghargaan yang diperoleh Desa Dermaji dibawah kepemimpinan Bung Bayu. Yang pasti, bicara tentang desa, Dermaji sering dijadikan sebagai tempat studi banding dan juga referensi. Bung Bayu pun sering menjadi nara sumber di berbagai event yang membincang tentang desa dan teknologi, baik yang diselenggaraakn oleg pihak swasta maupun pihak pemerintah derah sampai pusat. Sampai detik ini, diperiode yang ke-3, Bung Bayu terus melakukan serangkan inovasi berbasis pemberdayaan.   

Sementara itu, Bung Arsad menyoroti seputar bijak dan produktif dalam men-zamani era informasi. Beliau menegaskan perlunya filter yang kuat mengingat kemajuan informasi dan teknologi tidak sepenuhnya mendatangkan kebaikan, tetapi juga bisa mengandung racun yang membahayakan. Sejalan dengan itu, Bung Arsad mengajak untuk bijak dalam memanfaatkan teknologi sehingga terbangun nilai tambah melalui kreativitas dan inovasi berkelanjutan. Kemudahan mengakses informasi merupakan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan seluas mungkin. Banyaknya aplikasi dan media sosial  merupakan kesempatan luas yang bisa dimanfaatkan untuk meng-campaign ragam ide dan gagasan secara luas, termasuk untuk meng-akselerasi tumbuhkembang bisnis. Kesempatan memperluas jaringan komunikasi juga demikian terbuka dan harus dimanfaatkan untuk melakukan komunikasi produktid dengan siapapun.


detail materi bung arsad bisa dibaca di :
Materi 1 klik di sini
materi 2 klik di sini
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved