BIJAK & PRODUKTIF DALAM MEN-ZAMANI ERA INFORMASI

Senin, 17 Desember 20180 komentar



BIJAK & PRODUKTIF DALAM MEN-ZAMANI ERA INFORMASI
disampaikan pada acara Talk Show yang dilaksanakan Oleh Dinas Komunikasi & Informasi Kab Banyumas 
tanggal 18 Desember 2018, di Andangpangrengan, Purwokerto

A. Prolog
“Zaman Now” telah menjadi 2 (dua) kata ampuh yang men-simbolkan kecanggihan zaman. Istilah milenial pun mengemuka yang seolah memiliki hubungan 11-12 dengan “zaman now”. Asyiknya lagi, banyak orang pun kembali merasa muda, setidaknya dalam semangat dan perilakunya. Singkatnya, siapapun yang menemukan keasyikan dalam men-zamani era informasi serasa menemukan dunia baru yang serba mudah dan cepat serta menggembirakan.

Ironisnya, kala kemajuan di era informasi diserap tanpa filter, maka pengaruh yang tidak sepenuhnya baik pun ikut merasuk. Tanpa disadari dampak negatif keranjingan zaman pun mengubah perilaku dan budaya dirinya secara drastis. Lihatlah bagaimana anak zaman sekarang yang cenderung asik dengan gadget dan cenderung abai dengan lingkungan. Mereka seolah asik dengan dunianya sendiri dan tidak sedikit yang terjebak pada gejala autis.  Ragam godaan yang demikian terbuka dan mudah diakses seperti memantik candu untuk berakrab ria dengan legitnya dunia yang sesungguhnya menawarkan hal semu. Buntutnya bisa diduga, terjebak dalam kesulitan hidup yang  berakhir dengan penyesalan.  Berbeda dengan mereka yang memiliki filter kuat dan cerdas memanfaatkan era informasi. Kemudahan akses yang mengikis jarak dan melipat waktu dimanfaatkan untuk meng-akselerasi daya dukung ragam kreativitasnya. Al hasil, lompatan capaian pun di raih dan perluasan eksistensinya selalu bermakna peningkatan produktivitas dalam arti luas.

Pada titik manakah era informasi memberikan dampak?. Setidaknya tanya ini menjadi bahan komtemplasi menarik dan menjadi dasar dalam merespon secara cerdas  atas laju tumbuh zaman & peradaban. 


B. Deteksi Penggunaan Internet Berbasis Kebutuhan & Kreatifitas
Hadirnya internet telah sukses menghubungkan semua orang dalam sekejap, Kehadiran internet pun  memantik kembangan-kembangan berikutnya yang semuanya menganut pada prinsip mempermudah dan membuat semakin nyaman penggunanya. Lihatlah facebook, instagram, twitter dan medsos lainnya sukses menjadi bagian dari keseharian kebanyakan orang di dunia ini. Lihat pua bagaimana whats app, BBM dan skype serta aplikasi sejenis telah memungkinkan orang untuk bersapa langsung dan bertatap muka sepanjang sinyal dan quota ada walau dipisahkan jarak yang sangat jauh. Juga demikian halnya dalam urusan dokumen yang bisa terkirimkan secepat kilat dalam hitungan detik dan fisiknya menyusul beberapa hari kemudian jika memang diperlukan. Intinya semua mempermudah dan menjadi lebih efisien baik dari sisi waktu, jarak dan juga biaya tentunya.

Secara pemantik, penulis mencoba mendeteksi beberapa pemanfaatan teknologi dan atau aplikasi berbasis  internet sebagaimana berikut ini: 
1.     Mengakses informasi atau mencari jawab atas kepenasaran dan atau keingin-tahuan terhadap hal-hal tertentu.
2.        Meluaskan ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang yang sesuai concern dan fokus nya.
3.        Meluaskan silaturrahmi sebab tersedia ruang-ruang pertemanan yang luas.
4.        Meningkatkan eksistensi diri melalui aplikasi ragam media sosial seperti facebook, twitter, BBM, Whatsapp, line,path dan lain sebagainya. 
5.        Menemukan spirit hidup melalui tulisan-tulisan inspiratif yang biada tersaji dalam blog & website.
6.        Meluaskan jaringan yang berorientasi pada peningkatan produktivitas di bidang sosial.
7.        Menemukan hal-hal inspiratif dan kemudian melakukan duplikasi lewat strategi 3M (melihat, meniru dan memodifikasi)
8.        Memanfaatkan untuk kepentingn usaha seperti e-commerce, on line marketting, meng-akses sebanyak mungkin data, meng-akses sumber-sumber bahan baku, meningkatkan efisiensi dan lain sebagainya.
9.        Meng-campaign gagasan atau karya-karya kreatif dan inovatif seperti tulisan, video dan lain sebagainya. 
10.   Merintis Bisnis start up berbasis aplikasi.
11.   Dan lain sebagainya

Ragam kemudahan dan model penggunaan semacam inilah yang memantik kreativitas dan inovasi lanjutan berbasis internet. Ragam aplikasi pun muncul baik yang penggunaannya terbatas pada komunitas tertentu maupun yang terbuka bagi siapa saja yang ingin menggunakannya. Lihatlah bagaimana hari ini perizinan pun bisa diselesaikan lewat online  tanpa perlu bertatap muka. Di lingkungan bisnis pun terjadi hal serupa dimana ragam aplikasi berhasil memproduksi kemudahan-kemudahan baru bagi konsumen walau disisi lain bisa menjadi ancaman eksistensi bagi bisnis yang mempertahankan  pola pengelolaan yang konvensional. Setidaknya runtuhnya 7 eleven, tutupnya beberapa gerai matahari dan retail lainya menjadi bukti dahsyatnya dampak yang ditimbulkan dari kemajuan informasi dan teknologi dalam ruang bisnis.  
         

C.  Penutup Bernada Saran
Disatu sisi kemajuan teknologi di era informasi saat ini mendatangkan kebaikan dan ragam kemudahan serta memantik kreativitas-kreativitas lanjutan bernada produktivitas dan disisi lain juga berpotensi mendatangkan dampak buruk bagi kejiwaan dan bahkan perilaku menyimpang yang berpotensi melahirkan penyakit sosial yang meresahkan. Oleh karena itu, berikut ini disampaikan beberapa saran bijak :  
1.   Cerdas dalam meng-akses sumber informasi. Akses lah informasi positif dan mendatangkan nilai-nilai kemanfaatan.
2.   Kritis dalam menerima informasi dan tidak terjebak dalam hoax. Pengalaman menunjukkan demikian banyaknya informasi hoax yang sengaja di produksi untuk kepentingan-kepentingan tertentu yang cenderung menyesatkan. Untuk itu, perlu filter yang kuat dan bila perlu melakukan uji validasi sebelum berkesimpulan dan atau merespon ke dalam tindakan.
3.   Bijak dan smart dalam mengolah dan memanfaatkan informasi dan teknologi sehingga melahirkan “nilai tambah” yang bermakna produktivitas. Untuk itu, di era internet dan informasi yang menawarkan banyak  pilihan, konsisten mengembangkan kreativitas dan inovasi akan berpeluang mendulang kemanfaatan-kemanfaatan yang tidak ditemukan dalam lingkar manual atau konvensional.

Demikian tulisan ini disusun sebagai pengantar dalam agenda talk show seputar kemajuan teknologi dan informasi berikut dampak yang ditimbulkannya.

Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved