Kadin Banyumas Men-konstruktifkan Strategi Dalam Mendorong UMKM Naik Kelas

Rabu, 14 November 20180 komentar


Kadin Banyumas Men-konstruktifkan Strategi Dalam Mendorong UMKM Naik Kelas 

“Bang, Kadin Banyumas  harus serius mendorong UMKM  ke depan. Momentum peluang mem-promote produk-produk UMKM ke Saudi Arabia dan Yaman menjadi awalan untuk lebih mendalami realitas dan persoalan yang menghambat laju tumbuh usaha mereka. Kita tidak saja membantu UMKM dari sisi perluasan pasar saja, tetapi juga harus lebih mendalami keseharian usaha mereka sehingga menemukan hal-hal yang mungkin berpotensi disinergikan. Sebab, perluasan market harus diikuti dengan perkuatan manajemen dan tata kelola, termasuk kecukupan permodalannya. Imajinasi saya, diantara pelaku UMKM dan juga pelaku usaha yang sudah besar terbangun kemitraan mutualisme yang saling menguntungkan, saling mendukung dan saling menguatkan ”, demikian arahan Bung Anto Jamil kepada Bang Arsad yang pagi itu sengaja berkunjung untuk mendiskusikan tindak lanjut peluang ekspor produk lokal Banyumas.

Sejalan dengan semangat itu, perbincangan pun meluas sampai perlunya langkah-langkah yang lebih intens, baik kaitannya dengan keikutsertaan produk-produk lokal expo  di Saudi Arabia dan Yaman maupun dalam dimensi yang lebih luas dan visioner. “selaku induk assoisasi bisnis, Kadin  perlu duduk bersama dengan pemerintah (eksekutif) untuk menyamakan persepsi dan sekaligus sinkronisasi peran sehingga terbangun sinergitas yang berkelanjutan. “Mendorong UMKM Naik Kelas memerlukan upaya komprehensif sehingga UMKM lebih siap dari segala aspek baik dalam urusan surive ditengah mengglobalnya persaingan maupun dalam hal akselerasi tumbuhkembang melalui sinergitas antar pelaku usaha. Disamping itu, strategi shoot & Control perlu diimplementasikan sehingga tumbuhkembang UMKM lebih mudah di ukur dan sekaligus di dorong. Kadin akan selalu koordinasi dan membangun kesefahaman dengan Pemerintah dalam pengembangan metode fasilitasi dan supporting, sehingga UMKM lebih terdorong untuk maju dan memiliki semangat kemandirian dan ketangguhan”, tegas Bung Anto Jamil.  

Ditengah meeting terbatas pagi itu, kolega Kadin yang akan membawa sampel produk menelepon. Beliau menyatakan bahwa Kamis Siang , 15 Nov 2018, beliau ada meeting bisnis dengan delegasi Yaman dan berharap Kadin Banyumas bisa menyiapkan barang. Namun demikian,  mengingat saat pertemuan lintas stake Holder UMKM yang diinisiasi dinas penanaman modal dan pengurusan perizinan satu pintu (DPMPPST) di Hotel Java sebelumnya sudah disepakati pengumpulan sampel barang beberapa sekitar tanggal 15 Nov. 18, maka tersepakati untuk membuat semacam katalog produk  berikut deskripsi masing-masing produk. Katalog ini kemudian dijadikan bahan dalam melakukan penjajagan awal dengan delegasi Yaman.

Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved