KETIKA SETIAP PERTEMUAN “PERSIBAS BANYUMAS vs PSCS CILACAP” SELALU BERASA “PARTAI FINAL”

Selasa, 24 Juli 20180 komentar


KETIKA SETIAP PERTEMUAN “PERSIBAS BANYUMAS vs PSCS CILACAP”  
SELALU BERASA “PARTAI FINAL”

Secara geografis, Persibas Banyumas dan PSCS Cilacap adalah 2 (dua) klub bertetangga. Namun dalam urusan sepak bola, kedua klub ini tidak lepas dari persaingan sengit dan masing-masing terobsesi untuk menjadi yang terbaik. Oleh karena itu, setiap kali kedua klub ini berhadapan serasa seperti partai final, tak peduli apakah itu hanya sebatas pertandingan persahabat. Event tournamen atau liga resmi.

Tensi tinggi tidak hanya terjadi di dalam lapangan, di sisi supporter pun demikian. Psy war sering mewarnai suasana pra-pertandingan di gelar. Tak ayal lagi, pihak keamanan pun selalu dibuat bekerja extra keras untuk pengamanan setiap kali perhelatan pertandingan kedua klub panginyongan ini, entah itu main di kandang Persibas maupun di kandang PSCS Cilacap. Bahkan, beberapa partai pertandingan antara kedua klub ini terkadang terpaksa tanpa supporter tim tamu bila pihak keamanan meragukan kemampuan. Pilihan ini diambil sebagai bentuk pencegahan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti beberapa waktu lalu, saat pegelaran pertandingan liga 2 tahun 2017 dimana tidak satupun suporter Persibas Banyumas hadir saat tim kesayangannya melawat keStadion  Wijaya Kusuma.Lagi-lagi atas pertimbangan keamanan.

Di tahun 2018 ini, kedua klub akan berhadapan lagi setidaknya di dua event yang berbeda, yaitu Piala Indonesia dan  Liga 03. Pada turnamen Piala indonesia, tidak terhindarkan kedua tim harus bertemu kembali setelah keduanya berhasil menundukkan lawan-lawannya dipertandingan perdana. Persibas berhasil menundukkan tim yang selalu menjadi momok, yaitu PSGC Ciamis di GOR Satria pada tanggal 15 Juli 2018 lalu. Sementara itu, PSCS Cilacap juga sukses menang atas Persibangga Purbalingga dengan score telak 4-1 di Kandang Persibangga. Pertemuan ini rencanya di gelar di Bulan Agustus 2018, namun masing menunggu keputusan operator Piala Indonesia tentang kepastian siapa yang akan menjadi tua rumah pada pertandingan tersebut. Dipastikan, partai ini pun akan berlangsung panas, sebab siapapun pemenangnya kemungkinan akan berhadapan dengan tim kuat Liga I, Persib Bandung. Apalagi, Piala Indonesia menggunakan sistem gugur dimana masing-masing klub akan berjuang habis-habisan untuk meraih kemenangan. Tak berlebihan untuk mendefenisikan pertemuan 2 (dua) klub ini di Agustus 2018 nanti sebagai “partai hidup-mati”

Namun demikian, ternyata kedua klub ini pun harus bertemu pada partai perdana pegelaran liga 03 pada sabtu besok 28 Juli 2018. Kali ini, Persibas Banyumas bertindak sebagai tuan rumah da  pertandingan akan di gelar di GOR Satria.  Pertandingan masih beberapa hari, namun beberapa suporter sudah mulai membangun ketegangan urat syaraf lewat meme yang membuat kurang nyaman kubu Persibas Banyumas. Tak heran kalau pihak keamananpun menyiapkan beberapa plan strategi pengamanan. Bahkan, untuk   meng-antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Pihak Polres rencananya mempertemukan perwakilan kedua suporter untuk menandatangani fakta integritas. Hal ini sebagai antisipasi awal agar para pengurus suporter kedua tim mengkondisikan masing-masing pasukannya.
Dari sisi teknis sepak bola, kedua tim juga melakukan persiapan extra. Kedua head coach menyadari bahwa pertandingan ini bukan sekedar kalah dan menang, tetapi juga persoalan gengsi dan harga diri. Tekanan yang lebih ada pada kubu PSCS Cilacap. Mereka merasa sangat terusik kala liga 02 tahun lalu secara agregat mereka kalah dengan Persibas Banyumas. Pada saat bermain di GOR Satria berakhir dengan score imbang 1-1, namun klimaks terjadi saat Persibas berhasil menundukkan PSCS Cilacap di Stadion Wijaya Kusuma dengan score 2-1. Atas hal itu, tentu kubu PSCS Cilacap ingin revans dan menutup luka sejarah di tahun lalu. Apakah Persibas akan memberikan jalan atas ambisi PSCS Tersebut?.

Persibas Banyumas tidak mau terpancing dengan segala provokasi dan psy war yang ada. Persibas Banyumas tetap fokus menampilkan yang terbaik demi hasil yang terbaik. Walau dari sisi persiapan tim PSCS lebih lama, namun hal itu tidak menyurutkan keyakinan Persibas untuk meraih angka penuh, apalagi bermain dihadapan publiknya sendiri. Semua Skuad Persibas memahami bahwa pertandingan Sabtu besok pasti sangat tidak mudah, namun Persibas tidak pernah takut menghadapi lawan manapun, termasuk PSCS Cilacap. Dukungan penuh suporter fanatik dan masyarakat pencinta sepak bola Banyumas akan menjadi sumber energi bagi segenap punggawa Persibas untuk bertarung habis-habisan sejak pluit di bunyikan sampai wasit menyatakan pertandingan selesai.  

Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved