PEHELATAN "AMAZING" ITU OLEH SMK 1 MA'ARIF NU AJIBARANG

Jumat, 04 Mei 20180 komentar


PEHELATAN AMAZING ITU OLEH SMK 1 MA'ARIF NU AJIBARANG


Ini sebuah perhelatan fanastict”, fikirku pertama kali saat memasuki area parkir dimana agenda pelepasan wisudawan/ti SMK 1 Ma'arif NU Ajibarang dilangsungkan.  Mereka sengaja memilih tempat tidak biasa untuk menghelat acara ini, yaitu kolam renang & Hotel Green Mulia Ajibarang. Tempat ini begitu asik untuk dikunjungi dan memanjakan ingin untuk berlama-lama. Setelah berjalan sekitar 100 meter dari parkiran ke titik acara, kekagumanku terhadap kemewahan tempat pegelaran berubah menjadi  lompatan apresiasi terhadap cara  sekolah menggelar acara ini. Bagaimana tidak?

kala melewati barisan penerima tamu dan kemudian memasuki arena dimana acara tergelar, aku mendapati seribu orang lebih duduk di sisi depan Panggung  terbuka yang  nan artistik. Di sisi kanan pangggung, terdapat gazebo dimana para petinggi & manajemen  sekolah dan beberapa tamu istimewa  ditempatkan.  ini perhelatan yang sangat  keren ”, kesanku berikutnya sesaat setelah menyalami para tamu istimewa lainnya dan kemudian mengembil tempat duduk disalah satu kursi yang dilengkapi dengan meja bundar.

Ini pertama kali aku hadir di acara pelepasan wisudawan/wati di lingkungan sekolah Ma’arif NU Kab. Banyumas.  Namun demikian, perasaan kagumku atas perhelatan acara ini bukanlah dikarenakan sedang mengalami apa yang disebut shock culture, tetapi dikarenakan  deretan alasan yang memang  sangat layak untuk menyematkan kata “ amazing” pada Yayasan dan Manajemen SMK 1 Ma'arif NU Ajibarang ini. 

Aku ingin belajar dan mencari hikmah dari pegelaran ini. Satu persatu agenda pun kuikuti dengan penuh khidmat. Kuresapi aura yang menguat  disepanjang acara ini. Pengamatan pertamaku pada sholatawan berjama’ah yang demikian magis dan membuatku berinding. Ada perasaan damai mendengarkan setiap kalimat sholwat berikut lantunan nada yang khas  menggema dan meng-energi rasa keberjama’ahan.  Deretan Penampilan kebolehan para siswa/i SMK 01 Nu Maarif Ajibarang menjadi perhatianku berikutnya. Air mataku hampir jatuh saat  siswa/i menyanyikan lagu “guruku”. Penghayatan dalam membawakan lagu yang disertai pembacaan puisi begitu dapat sehingga membuat suasana menjadi begitu hening. Akhirnya, bulir air mataku jatuh juga saat sang penyanyi dan  pembaca puisi turun dari panggung untuk menyambangi 2 (dua) orang guru di gazebo yang kebetulan dekat dengan posisiku berada. Aku tak kuat menahan haru saat kedua siswi itu menyerahkan karangan bunga, kemudian menyalami dan memeluk gurunya disertai tetesan air  mata ketulusan dari sang murid dan juga ibu guru. Sungguh hal ini membawaku larut dalam perasaan yang demikian haru.  Perasaan campur aduk ini dikarenakan aku pernah berada diposisi murid seperti 2 (dua) siswi itu dan diperkuat lagi ibuku  juga adalah seorang guru madrasah di Sumatera Utara .

Sambutan dan Laporan Pak Zaenuddin selaku kepala sekolah menguatkan nalar kekagumanku terhadap SMK 01   Ma'arif NU Ajibarang ini. SMK ini tercatat sebagai SMK dengan jumlah siswa/i terbanyak di lingkungan SMK se-Kab. Banyumas, menyentuh angka 2030 peserta didik. Capaian ini menandaskan tingginya daya dukung dan kepercayaan masyarakat pada SMK ini. Tidak saja dalam urusan kuantitas siswa/i, SMK ini juga mentereng dalam hal ukiran prestasi mulai dari  urusan akademik sampai dengan urusan bakat dan minat. Beberapa prestasi  membanggakan diperoleh siswa/i SMK ini mulai dari tingkat Kabupaten sampai nasional, seperti bela diri, sepakbola dan lain sebagainya. Capaian ini men-simbolkan bahwa SMK ini sangat peduli kualitas proses. Bahkan 931 peserta didik mendapat fasilitas Kartu Indonesia Pintar, sebuah upaya serius pihak sekolah memastikan anak-anak bangsa mengenyam pendidikan sampai tingkat SLTA.  

Tahun ini, SMK 1 Ma'arif NU Ajibarang meraih tingkat kelulusan 100% dari 610 peserta didik. Pegelaran agenda pelepasan wisudawan/ti kali ini merupakan untuk ke-24 kalinya.Hebatnya lagi, sebagian dari mereka yang diwisuda hari ini  sudah dipastikan sudah memperoleh pekerjaan. 84 siswa/i juga akan segera melaksanakan cek kesehatan di beberapa tempat kerja bonafit. Sebagian dari siswa/i juga sudah diterima beberapa perguruan tinggi negeri.   Sederet capaian ini menunjukkan bagaimana pihak sekolah begitu serius menggawangi proses untuk menghasilkan output terbaik.  

Sekolah ini didirikan pada tahun 1992 dan dimulai dengan berpindah-pindah tempat. Namun hari ini, berkat keperpihakan Allah SWT  dan kerja keras dari Pihak Yayasan, segenap Manajemen sekolah dan daya dukung para orang tua siswa/i serta segenap lapisan masyarakat , SMK 1 Ma'arif NU Ajibarang bisa tampil sebagaimana yang bisa kita saksikan hari ini. Motto “kepercayaan berbanding lurus dengan mutu pelayanan” telah menjadi inspirasi untuk terus energi dan berbuat yang terbaik bagi terbangunnua mutu pelayanan, demikian diungkapkan oleh Bapak Haris selalu perintis dan juga pengurus YPP SMK Maarif NU Ajibarang.   

Fakta dan data perintisan dan ringkas jejak juang  SMK ini demikian luar biasa dan layak menjadi tauladan bagi madrasah-madrasah lainnya di lingkungan LP Ma’arif NU Kab. Banyumas. Ini madrasah yang sangat keren dan menginspirasi. agenda pelepasan wisuda yang terkemas modern ini juga menandakan kreativitas yang layak mendapat apresiasi dan juga applause. Apalagi, timing pegelaran pelepasan wisudawan/ti sengaja dibarengkan waktu pengumuman dengan maksud agar para lulusan tidak euforia dan melakukan konvoi yang akan mengganggu ketertiban umum ”, ungkap Muhammad Arsad D, yang hadir mewakili LP Ma’arif NU Kab. Banyumas, di awal sambutannya.

Bung Arsad juga menyemengati segenap luluasan untuk menjadi pribadi inspiratif yang berkomitmen membangun kebaikan-kebaikan baru yang meng-inspirasi banyak orang untuk mentauladani. “Kalian harus buktikan bahwa lulusan SMK Ma’arif berbada dan memiliki keunggulan dalam hal akhlak tanpa ketinggalan dalam urusan pengetahuan umum. Kalian juga harus menyampaikan tentang kebanggaan ber-sekolah di lingkungan Ma’arif NU kepada adik-adik, juga orang tua kalian dan juga masyarakat”, ungkap Bung Arsad dalam sambutannya.   


Sebagai catatan akhir, air mata haru dan bahagia penulis akhirnya jatuh untuk kedua kalinya  saat menyaksikan seorang siswa, yang masuk dalam kategori “10 besar peraih nilai terbaik”,  menggandeng ibunya saat turun dari panggung kehormatan sambil sesekali menciumnya. Sungguh ini pandangan mengharukan dan mencerminkan rasa hormat dan bhakti seorang anak terhadap orang tuanya. Ini menjadi salah satu bukti keberhasilan SMK 1 Ma’arif NU Ajibarang dalam membangun kualitas adab dan akhlak sebuah generasi. Subhanallah.

Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved