KETIKA PEMERINTAH KEC. PURWOKERTO BARAT DUDUK BERSAMA KELOMPOK TANI MERANCANG PERBAIKAN NASIB PETANI

Minggu, 06 November 20160 komentar

KETIKA PEMERINTAH KEC. PURWOKERTO BARAT DUDUK BERSAMA KELOMPOK TANI MERANCANG PERBAIKAN NASIB PETANI

A.  Prolog

Gema Lagu Indonesia raya menjadi pembuka acara ini dan juga muasal lahirnya semangat perjuangan peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan. “Meningkatkan kesejahteraan petani adalah ending dari target pegelaran agenda ini.Kelembagaan di dorong untuk mengoptimalkan potensinya termasuk mengembangkan akses teknologi, permodalan, pemasaran dan lain sebagainya. Terciptanya komunikasi antar kelompok tani dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan seklaigusmeningkatkan kesejahteraan”, demikian disampaikan ketua panitia penyelengggara yang tidak lain adalah koordinator PPL (PenyuluhPendamping Lapangan).    


Dalam sambutannya, Pak Arif  Efendi selaku sekretaris kecamatan mewakili Camat  yang kebetulan ada acara pertemuan di Kabupaten,  menyampaikan keprihatinannya dimana selama ini keberadaan petani sering ditinggalkan. Oleh karena itu, kelompok tadi sebagai wadah menyerap aspirasi perlu di optimalkan sehingga segala potensi bisa di mobilisasi. Kelompok tani jangan sebatas catatan, tetapi juga sebagai sumber kekuatan. Modal sosial berupa rasa kebersamaan, semangat saling tolong menolong dan kesetiakawanan, harus dijadikan bekal dalam meningkatkan kesejahteraan melalui aksi-aksi kebersamaan.  azas musawarah mufakat dan  azas kesamaan hamparan  perlu di perkuat di lingkungan petani. Sebagai catatan, Di lingkungan Purwokerto Barat terdapat hamparan pertanian sebesar 198 Ha yang potensial untuk ditumbuhkembangkan bagi peningkatan kesejahteraan petani melalui optimalisasi dan cara-cara terbarukan.Mari memperkuat kelompok tani guna tertemukan cara-cara yang lebih efektif untuk meningkatkan kesejahteraan para petani”. 

B. Materi Motivasi 
Dalam sesi itu, segenap peserta diberi motivasi dan pencerahan sehingga terbangun semangat untuk menguatkan kelembagaan kelompok tani. Adapun, materi yang disampaikan sebagai berikut:




Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved