Sisi Lain dari Kumpulnya Kader Muda Koperasi Indonesia

Jumat, 27 Mei 20160 komentar

Sisi Lain dari Kumpulnya Kader Muda Koperasi Indonesia
  
Mengambil tempat di Hotel Maharaja, Jakarta, Kopindo (Koperasi Pemuda Indonesia) menggelar RAT Tahunan Tutup Buku Tahun 2015 di 26-28 Mei 2016.  Koperasi Sekunder tingkat nasional ini  beranggotakan koperasi mahasiswa, koperasi pondok pesantren, koperasi pramuka dan koperasi pemuda.  Sebagaimana normatifnya sebuah koperasi, disamping menggelar laporan kinerja pengurus dan pengawas untuk tahun buku 2015, RAT ini juga memutuskan tentang GBPK (Garis Besar Program Kerja) dan APBK (Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi) untuk tahun buku 2016.  

Namun demikian, menarik untuk melihat moment ini dari sisi lain dimana kumpulnya para pemuda koperasi dari segala penjuru tanah air bermakna terhimpunnya energi dan potensi dari satu generasi yang sedang ikut berproses di kekinian dan juga akan menentukan warna koperasi negeri ini dikemudian. Saat ini mereka memang masih muda, namun pada waktunya akan melanjutkan estafet kepemimpinan pada waktunya.

Semangat tinggi mencirikan energi luar biasa, smart thinking & brilian idea dan keinginan kuat untuk memberi perbedaan. Sisi idealisme yang kental  men-simbolkan kobaran semangat, ketulusan dan genuitas setiap pemikiran yang mengedepan. Ragam tanya analitis dari segenap yang hadir mencirikan keingintahuan tinggi dan kekritisan kaum muda. Semangat berapi-api dari kaum muda koperasi ini mengisyaratkan gambaran lebih berpengharapan dari perwajahan masa depan koperasi.

Secara kelembagaan Kopindo (Koperasi Pemuda Indonesia) merupakan simpul kader muda koperasi tanah air. Terhimpunnya para kader koperasi di Kopindo menegaskan Kopindo juga sebagai koperasi kader. Fokus Kopindo tidak saja bagaimana membangun organisasi dan perusahaannya, tetapi juga pada pengembangan metode kaderisasi guna peningkatan kapasitas kader sehingga memiliki kemampuan membangun karya dan juga beradaptasi dengan setiap perubahan baik dalam tujuan menjaga eksistensi maupun mengembangkan kiprah berbasis pemberdayaan masyarakat.

Sedikit gambaran, dalam perjalanannya Kader-kader yang lahir dari KOPINDO ini, baik langsung dari induk maupun anggota (baca : primer) telah sukses menyumbangkan kader-kadernya diposisi strategis, mulai pemerintahan, legislatif, organisasi kepemudaan, Dekopin (Dewan Koperasi Indonesia), BUMN dan bahkan partai politik mulai tingkat daerah maupun tingkat nasional. Fakta ini menjelaskan bahwa Kopindo sebagai media pencetak kader telah menemukan efektivitasnya.

  
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved