KETIKA PARA PENGUSAHA WANITA KABUPATEN BANYUMAS BER-RAT

Selasa, 05 Januari 20160 komentar




Hari ini Dekopinda Kabupaten Banyumas menghadiri RAT Tutup Buku Tahun 2015 yang di gelar oleh KOWAPI (Koperasi Wanita Indonesia) Kabupaten Banyumas. Mereka memilih tempat di Hotel Dominic, Purwokerto. Koperasi ini tergolong luar biasa karena merupakan Kowapi terbesar di lingkungan Propinsi Jawa Tengah.

Seperti namanaya, KOWAPI ini beranggotakan para pengusaha wanita di lingkungan Banyumas. KOWAPI Banyumas ini memiliki visi mandiri, sehat dan sejahtera
membangun ekonomi nasional bermanfaat dunia dan akhirat. 

Dalam operasional organisasinya, Kowapi memberikan support  tinggi terhadap usaha-usaha yang dijalankan oleh anggotanya, mulai dari pemberian pinjaman melalui unit layanan simpan pinjam, akses informasi, akses market,  dan lain sebagainya. Relevansi dan interaksi mutual yang produktif antara anggota dan koperasi begitu terasa dikeseharian koperasi itu. Oleh karena itu, sesuatu yang sangat layak ketika
negara meng-apresiasi Kowapi Banyumas ini dengan memberikan perhargaan di tahun 2015 kepada Sang Ketua, Ibu Endah I, Sulistyo. Disamping itu, KOWAPI Banyumas juga menjadi referensi bagi banyak pihak dalam urusan pengelolaan dana Bansos.

Dari pemaparan laporan, diperoleh beberapa catatan menarik dari KOWAPI Banyumas, yaitu :
  1. Dalam menumbuhkembangkan jumlah anggota, KOWAPI menggunakan sistem tanggung renteng. Artinya, anggota baru harus mendapat rekomendasi dari anggota lama. Sementara itu, angggota yang baru akan dimasukkan ke dalam kelompok anggota yang dekat dengan domisili sang anggota.    
  2. Dalam membangun kapasitas anggotanya, KOWAPI menyelenggarakan pendidikan setiap tahunnya. Hal ini merupakan gambaran keyakinan kuat KOWAPI tentang relevansi antara pendidikan dengan tumbuhkembangnya organisasi dan perusahaan. Hal ini terbukti bila dilihat dari statistik pertumbuhan asset yang terus mengalami peningkatan.
  3. Spitiualitas. Berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan kualitas spiritualitas para anggotanya, KOWAPI menyelenggarakan pembayaran zakat atas usaha dan melakukan kegiatan-kegiatan agama seperti buka puasa bersama, tarawih, tadarus dan lain sebagainya.
  4. KOWAPI juga menyelenggarakan study banding guna meningkatkan semangat, wawasan dan perluasan jaringan. Pada Bulan Maret 2016 direncanakan melakukan studi banding ke Palembang.
  5. Sebagai bagian dari semangat dan persatuan, KOWAPI memberikan subsidi pembuatan seragam bagi anggota yang aktif berpartisipasi.
  6. KOWAPI membedakan tingkat jasa pinjaman berdasarkan sumbernya. Artinya, pinjaman anggota yang bersumber dari dana sendiri (dana mandiri) berbeda dengan modal yang bersumber dari dana eksternal seperti pinjaman bank atau dana hibah.     
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved