KETIKA KOPERASINYA DINAS KOPERASI BER-RAT

Selasa, 05 Januari 20160 komentar



OLEH-OLEH DARI RAT (RAPAT ANGGOTA TAHUNAN)
KOPERASI SERBA USAHA (KSU) SUMBER MAKMUR

KSU SUMBER MAKMUR menjadi koperasi ketiga yang menggelar Rapat Anggota Tutup Buku Tahun 2015 di Lingkungan koperasi-koperasi Kabupaten Banyumas. Pegelaran RAT ini layak di apresiasi sebab telah memberikan satu contoh yang layak ditauladani koperasi-koperasi lain. Terselenggaranya RAT ini juga merupakan salah satu indikator tertib organisasi dan juga keguyuban seluruh unsur organisasinya. RAT kali ini di gelar tanggal 04 Januari 2016 dengan mengambil tempat di Balai Kelurahan Kranji, Purwokerto.
Thema RAT Kali ini sangat menarik yaitu, :Berkoperasi Bukan Sekedar Mencari Manfaat,Tetapi Juga Saling Memberi Manfaat

KSU Sumber Makmur beranggotakan 202 orang dengan rincian laki-laki 90 0rang dan wanita 112 orang. Unit layanan yang diselenggarakan adalah simpan pinjam dan toko. Mayoritas anggotanya berlatar belakang PNS yang bekerja di lingkungan Disperindagkop Kab. Banyumas dan beberapa lainnya tersebar di dinas lainnya.

Ada 3 (tiga) agenda utama di RAT Kali ini : (i) LPJ Pengurus dan Pengawas ; (ii) rencana kerja dan RAB tahun 2016 dan (iii) Pemilihan Pengurus dan Pengawas untuk periode 2016 sd 2019. Dari laporan yang dipaparkan ada beberapa keberhasilan yang patut dicatat dan diapresiasi disepanjang tahun 2015, antara lain :
1.      KSU Sumber Makmur berhasil memiliki gedung sendiri dan saat ini  sedang dalam proses pembangunan.  Hal ini merupakan wujud kemandirian dan kuatnya kebersamaan diantara segenap unsur organisasi koperasi sumber makmur.
2.      Adanya pertumbuhan jumlah anggota. Hal ini menunjukkan bahwa KSU Sumber makmur mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat.
3.      Adanya peningkatan permodalan sampai dengan 15%. Hal ini menunjukkan tumbuhnya partisipasi anggota yang baik.

Beberapa pengurus KSU Sumber Makmur yang kebetulan sudah memasuki masa pensiun menjadi kekuatan tersendiri yang memberikan kontribusi positif dalam akselerasi pertumbuhan kualitas pengelolaan KSU Sumber Makmur secara keseluruhan.Dalam mimpi jauhnya, KSU Sumber Makmur bisa manambah unit layanan lainnya sehingga anggota mendapat manfaat yang lebih luas . 

Ada satu pesan yang sangat bijak dan inspiratif serta layak menjadi pedoman, yaitu:  dalam satu perkumpulan yang dilaksanakan penuh amanah, maka Allah SWT akan menjadi yang ke 3 (tiga) dan hadir diantara pihak I dan pihak II. Sementara itu, dalam satu perkumpulan didalamnya ada khianat, maka Allah SWT akan keluar dari perkumpulan itu dan disaat serupa syaitan akan hadir pada perkumpulan itu”.      

Sementara itu, Kadisperindagkop Kab. Banyumas dalam sambutannya menekankan perlunya penyelenggaraan pendidikan anggota. Hal ini dipandang sebagai strategi paling efektif dalam menumbuhkembangkan koperasi walau efeknya tidak secara langsung. Ketua Dekopinda Banyumas salam sambutannya mengingatkan kembali bahwa koperasi itu kumpulan orang yang concern membangun orang melalui pendidikan. Juga ditekankan bahwa dalam koperasi “uang adalah alat bantu dan bukan penentu”. Oleh karena itu, kelahiran dan tumbuhkembangnya unit layanan koperasi merupakan imbas atau dampak kualitas kebersamaaan yang terbangun dan senantiasa terjaga.   

Dalam pandangan umum, salah seorang anggota menyampaikan apresiasi tingginya terhadap capaian yang sudah dicatatkan oleh KSU Sumber Makmur. Beliau juga mengingatkan statemen “koperasi yang harus membantu” itu jangan ditelan secara mentah-mentah, tetapi diwujudkan dalam pola yang efektif dan tidak menimbulkan persoalan bagi anggota lainnya. Untuk itu, dalam aplikasi kegotongroyongan dan saling tolong menolong perlu diikuti dengan disiplin dan komitmen semua pihak.
 
Dalam pandangan umum lainnya, juga ada masukan bagus dari salah seorang senior koperasi Banyumas (cq. Pak Suryo) yang saat ini telah menjadi anggota KSU Sumber Makmur. Dalam penyampaiannya, beliau menyampaikan perlu menjadi perhatian bahwa staff koperasi hanya lebih kurang berjumlah 10 (sepuluh) tetapi jumlah koperasi di lingkungan banyumas berjumlah 300-an koperasi, sehingga sinergitas antara Dinas Koperasi & UMKM dengan Dekopinda diperlukan sehingga gerakan koperasi terus tumbuh dan berkembang. Beliau mengingatkan kembali beberapa hal yang mungkin layak menjadi masukan dan sekaligus convern Dekopinda Banyumas, antara lain : (i) Melaksanakan pembimbingan teknis terhadap gerakan koperasi; (ii) Melaksanakan penelitian dan pengembangan ide dan gagasan dan; (iii) Memprejuangkan duduknya wakil gerakan koperasi di legislatif untuk mempengaruhi kebijakan.



Dipenghujung agenda, di gelar pemilihan pengurus dan pengawas KSU Sumber Makmur untuk periode 2016-2019. Setelah melalui proses pemilihan yang demokratis, dihasilkan kepengurusan dan kepengawasan sebagai berikut:

A.  Pengurus
NO
JABATAN
NAMA
1
Ketua
H.  Kuswandi,SH
2
Sekretaris
Ir.Hj.Komariah
3
Bendahara
H. Fatchuri,B.Sc
  
B.  Pengawas
NO
JABATAN
NAMA
1
Ketua
Toto Budi Santoso, MM
2
Anggota
H.Sytaryono,SH,MM
3
Anggota
Hj, Suharyati,B,Sc

Menurut pendapat dan arahan Asisten Deputi Kemenkop RI,  bahwa yang harus melantik kepengurusan dan kepengawasan bukan kepala dinas, tetapi oleh koperasi yang lebih atas atau gerakan koperasi (cq. Dekopinda Banyumas).     
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved