SENSUS EKONOMI MENJELANG…

Kamis, 26 November 20150 komentar



SENSUS EKONOMI MENJELANG…

A. Perhelatan Sosialisasi

Agenda sosialisasi sensus ekonomi kali ini tergelar  di Hotel Horizon, Purwokerrto, tepatnya Hari Kamis 26 Nopember 2015 dan dimulai jam 09.00 wib sd 12.00 Wib. Hadir dalam agenda ini segenap SKPD di lingkungan Pemkab Banyumas, Perwakilian Assosiasi Dunia Usaha, kalangan pers, Polres, Kodim, Kejaksaan, BI (Bank Indonesia), OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Perbankan dan beberapa pelaku usaha. Sementara itu, BPS (Badan Pusat Statistiik) bertindak sebagai tuan rumah

Sosialisasi ini merupakan langkah awal dari serangkain kegiatan sensus ekonomi tahun 2016 nanti. Sosialisasi ini juga dimaksudkan  untuk menghimbau dukungan dari  segenap stake holder dalam bentuk partisipasi  optimal pada saat agenda sensus ekonomi ini dilaksanakan.  Himbauan ini perlu disampaikanmengingat  validitas  data dari responden berpengaruh significant terhadap output program ini. 

Sebagai catatan, sensus ekonomi ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali dimana sensus berikutnya akan di laksanakan secara serentak di seluruh indonesia pada Bulan Mei 2016. Disamping hasil sensus akan menggambarkan realitas kekinian,  juga akan tersaji data yang up to date yang sekaligus menjadi dasar pengambilan kebijakan di bidang ekonomi.
 
Dalam sambutannya, Bapak Sugiyanto,MM, selaku Kabag Perekonomian mewakili Bupati Banyumas menyampaikan bahwa Pemkab Banyumas sangat mendukung pelaksanaan sensus ekonomi ini, sebab Pemkab Banyumas juga berkepentingan dalam melakukan evaluasi dan sekalgus penyusunan kebijakan pemerintah. Beliau menyatakan bahwa data statistik merupakan kompas dalam setiap pengambilan kebijakan. Oleh karena itu, data statistik yang obyektif dan ter-integrasi menjadi sangat vital daya dukungnya terhadap efektivitas langkah Pemkab Banyumas. Dengan adanya data statistik akan diperoleh informasi valid tentang peta ekonomi sesungguhnya.  Untuk mensukseskan sensus ini, beliau meminta  kepada segenap Jajaran Pemkab banyumas untuk ikut mendukung pelaksanaan program ini. Demikian juga kepada para pelaku usaha, diharapkan berkenan memberikan daya dukung berupa data-data senyatanya, sebab hal ini sangat berpengaruh bagi Pemkab Banyumas, baik dalam tahap  evaluasi maupun dalam penyusunan rencana dan kebijakan. 

Untuk lebih meng-efektifkan agenda sosisalisasi, dihadirkan 3 (tiga) narasumber, yaitu BPS Purwokerto, Pemkab Banyumas dan Appindo. BPS langsung diwakili kepada BPS Purwokerto dan Pemkab Banyumas diwakili salah seorang Kabid Ekonomi Bappeda Banyumas (cq. Pak Jaka). Sayangnya, delegasi Appindo berhalangan hadir dalam acaa ini. Pada acara ini Juga diberikan penghargaan kepada responden terbaik di sensus sebelumnya yaitu: Nasmoco, Supermarket Moro, Rita Ritelindo & Matahari Deps Store. 


B. Materi Sosialisasi BPS
 Untuk lebih memahami tentang "sensus ekonomi" yang akan dilaksanakan pada Mei 2016 nanti, berikut disajikan scan materi yang disampaikan oleh BPS Purwokerto.

















‎ 
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved