DIANTARA ASA DAN KISAH YANG MENGIKUTINYA

Sabtu, 06 April 20133komentar


OLEH-OLEH DARI TEMU KANGEN
PMAT (PERSATUAN MAHASISWA ANAK TRANSMIGRAN), ALUMNI dan YKPAT (YAYASAN KEPEDULIAN ANAK-ANAK TRANSMIGRAN)
UNIV. JENDERAL SOEDIRMAN, PURWOKERTO, JAWA TENGAH

 photo DSC03951_zpsea9446a0.jpg06 April 2013, segenap mahasiswa yang tergabung dalam organisasi PMAT (Persatuan Mahasiswa Anak Transmigran) mengadakan satu agenda pertemuan yang di packing dalam tajuk Temu Kangen. Sebagaimana kata ketua panita, Agenda ini dimaksudkan untuk mempererat segenap stake holder dari insan-insan transmigran yang berkesempatan mengenyam pendidikan di Univ.Jenderal Soedirman, Jawa Tengah, Indonesia, mulai yang masih aktif di kampus maupun yang sudah memasuki status alumni karena sudah berhasil menamatkan studynya. Hal yang sama ditandaskan oleh ketua PMAT, Hamdan Maruly. Dalam sambutan singkatnya, beliau menandaskan bahwa mengingat rotasi keanggotaan PMAT terus berganti seiring dengan ada yang lulus dan juga masuk, maka diperlukan agenda semacam ini untuk saling mengenal lebih akrab, untuk membangun semangat persaudaraan dan spirit korsa (persatuan), untuk membentuk rasa senasib dan sepenanggungan.


Pada agenda tersebut, panitia juga mengundang; (i)  Wakil Pengurus YKPAT (cq. Pak Edi); (ii) Wakil Dari Kampus yang dihadiri oleh Kabag Kemahasiswaan (cq. Bu Yeyen) dan juga salah seorang alumnus  Unsoed (cq. Muhammad Arsad Dalimunte).  Ketiga tamu undangan ini diberi kesempatan untuk memberikan arahan dan motivasi kepada segenap warga PMAT. 

 photo DSC03948_zps1db40f32.jpgKesempatan pertama diberikan kepada wakil alumnus. Dalam sambutan dan arahannya, Sang Alumnus memotivasi mereka dengan menawarkan 5 (lima) langkah menjalani hidup, yaitu; niat yang baik, membangun cita-cita yang besar; mengoptimalkan energi, waktu dan talenta yang dititipkan Tuhan; berdo’a tidak egois dan; pasrah. Sang Alumnus juga memotivasi untk mengembangkan rasa syukur terhadap  kesempatan mengenyam pendidikan di Unsoed, mengingat bahwa hanya sekitar 5% masyarakat Indonesia yang berkesempatan mengenyam pendidikan di Indonesia. Ini kesempatan luar biasa yang harus disyukuri dalam wujud tindakan-tindakan positif yang berujung pada capaian-capaian yang layak dikenang dan dibanggakan. Setiap orang harus unya semangat dan tekad untuk membentuk rekam jejak kebaikan berbentuk ragam prestasi berbasis talenta masing-masing. Kalian harus membangun kapasitas diri dengan mengedepankan semangat kebermaknaan diri bagi banyak orang. Ini lah bentuk terima kasih kalian terhadap bangsa dan negar ini, disamping juga bentuk terima kasih kalian terhada Tuhan yang begitu sayang pada kalian. Demikian pungkas Sang Alumni sebelum menutup sambutannya.

Hal senada ditandaskan oleh Bu Yeyen. Beliau mengatakan harus terus bersemangat dan bersemangat. Beliau mengingatkan untuk terus berkomitmen atas niat awal berangkat dari kampung halaman menuju Unsoed. Selanjutnya Bu Yeyen menyemangati mereka dengan gaya keibuan yang begitu menentramkan. Kalimat-kalimat yang beliau sampaikan memberi suntikan semangat bagi segenap peserta acara temu kangen itu. Beliau juga menginformasikan ragam program yang berpeluang diikuti oleh mahasiswa/i PMAT seperti PMW (semacam program pengembangan kewirausahaan) dan banyak program lainnya. 


 photo DSC03936_zps15fe7db1.jpgSambutan dan arahan dilanjutkan oleh Pak Edi mewakili pengurus YKPAT. Secara pribadi beliau menyatakan merasa dekat secara emosional dengan segenap warga PMAT, sebab sudah cukup lama beliau terlibat dengan berbagai generasi PMAT sejak pertama kali berdiri. Beliau menandaskan sebagai anak transmigran tidak perlu merasa minder dan terus meningkatkan kualitas belajarnya, agar bisa menyesuaikan proses pemelajaran di kampus.  Untuk itu, fokus menjadi sangat penting bagi setiap warga PMAT agar sukses dalam study nya.

   
Sambutan selesai dan dilanjutkan dengan tanya jawab. Karena waktu yang terbatas, hanya diberikan kesempatan bertanya kepada 3 (tiga) orang penanya. Ragam tanya mengemuka, mulai seputar strategi penyesuaian diri dalam cara belajar, keluh kesah seputar keamanan asrama dan semangat untuk berprestasi dan juga menanyakan mengapa program pendidikan tinggi bagi transmigran hanya diselenggarakan di Kampus Unsoed saja.

Satu keluh kesah yang kemudian menginspirasi adalah tentang belum adanya asrama untuk mahasasiwa PMAT yang tinggal di Kampus II Unsoed, Purbalingga yang mengakibatkan mereka harus tinggal di kos-kosan. Pertanyaan ini menginspirasi salah satu tamu undangan, yaitu mengajak segenap warga PMAT untuk menerbitkan sebuah buku yang diberi judul DIANTARA IMPIAN dan KETERBATASAN. Buku ini akan diisi dengan testimonial (kesaksian) dari segenap mahasiswa Transmigran. Dalam terstimoninya, mereka di minta untuk bercerita tentang; (i) semangat perjuangan menggapai cita-cita; (ii) kendala-kendala yang dihadapi dan atau ; (iii) kesan-kesan tak terlupakan yang mewarnai sepanjang perantauan. Gagasan ini disambut semangat oleh segenap warga PMAT dan mereka menyatakan siap berkontribusi tulisan testimoni dalam penyusunan buku ini. Buku ini rencananya juga akan dilengkapi dengan testimonial para alumnus transmigran yang sudah berkiprah pasca study. Buku ini selanjutnya akan di kampanyekan ke berbagai pihak sehingga membangkitkan kepedulian, khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Semoga dalam waktu tidak terlalu lama, buku ini akan segera terbit. Amin Ya Robbal ‘Alamin.





GALLERY
Retno_Werdiningsih's PMAT 06042013 album on Photobucket
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

14 Mei 2013 19.26

tterima kasih pak arsyad atas dedikasi untu PMAT semoga ini menjadi pelecut bagi kami untuk sukses dan menjadi amalan baik bagi bapak.

14 Mei 2013 19.43

Mari kita berterima kasih Pada Tuhan sebagai rasa syukur segala nikmat yang dilimpahkan. Semoga kawan2 PMAT terus bersemangat dalam membentuk capaian-capaian yang layak dikenang dan dibanggakan serta memperluas kebermaknaan diri bagi banyak orang...semangat dan salam pada kawan2 PMAT...

4 Agustus 2014 10.21

trimakasih ya ALLAH.. Engkau telah hadirkan seorang Pak Arsyad di lingkungan kami (PMAT),, smoga dengan ini akan menambah wawasan kami, smngat berjuang, smngat hidup dan tentunya rasa syukur kami kepda Sang Pencipta.. Amiiinn :)

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved