ICSB JATENG MENYEMANGATI UMKM EKSPORT

Minggu, 08 Agustus 20210 komentar

WORKSHOP EKSPOR bersama ICSB REGIONAL JAWA TENGAH

“Menuju UMKM Kompetitif 2030-Saatnya Ekspor”



Workshop Ekspor kali ini dipandu Kiswoyo, SE, MM. salah satu Dosen STIE Totalwin Semarang, sedangkan Narasumber yang memberikan materi presentasinya adalah (1) Bapak Arif Sambodo (Kepala Dinas Perindustrian & Perdagangan) Provinsi Jawa Tengah,  (2) Ibu Nurlaila Fatimah (Mentor PPEI Kementrian Perdagngan RI)  (3) Ibu Istikanah (Pengusaha Ekspor dan Pengurus ICSB Regional JAwa Tengah).

Hadir Memberi sambutan dan membuka seminar Ibu Ema Rachmawati (Kepala Dinas Koperasi & UKM) Provinsi Jawa Tengah. Dalam sambutannya, beliau  menekankan bahwa untuk dapat meraih pasar ekspor, pengusaha UMKM harus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan negara tujuan. Sementara itu, Bapak Joko Sutrisno, selaku Direktur ICSB Regional Jawa Tengah menyampaikan bahwa dalam rangka HUT UMKM 2021, ICSB Regional Jawa Tengah menyelenggarakan berbagai event, event ketiga adalah Workshop Ekspor. Semoga even hari ini dan yang akan datang dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi UMKM di Jawa Tengah khususnya dan Indonesia umumnya. Selamat datang kepada para peserta dan selamat mengikuti. Dalam agenda yang sama,  Bapak Arif Sambodo selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah menjelaskan bahwa banyak sekali program dinas untuk kemajuan UMKM di Jawa Tengah, untuk itu beliau siap berkolaborasi dengan berbagi pihak, termasuk ICSB Jawa Tengah.

Dalam presentasinya, Ibu Nurlaila Fatimah Menjelaskan bahwa untuk dapat menembus pasar ekspor, pengusaha UMKM harus memahami peraturan, persyaratan dan prosedur ekspor, apabila secara legalitas dan kemampuan bisa memenuhi, dapat melakukan ekspor sendiri, akan tetapi apabila belum memahami dan belum mampu secara kuantitas, sebaiknya bergabung dahulu dengan rekanan yang sudah berpengalaman. Sementara itu, Ibu Istikanah menyampaikan bahwa untuk menjadi sukses, UMKM harus tangguh dan tahan uji serta mengikuti perkembangan yang menjadi permintaan pasar, disamping itu harus di back up oleh tenaga atau SDM yang kompeten.


Keterselenggaraan workshop ekspor ini juga berkad dukungan dari berbagai pihak, antara lain : Bank Indonesia Jawa Tengah, Kanwil BRI Jawa Tengah, LPPM UNS Surakarta, KKIB FE UNDIP Semarang,  STIE Totalwin Semarang, Bukit Sekipan Tawangmangu dan Graha Wisata School Semarang.  Peluang beasiswa bagi putera/i pengusaha UMKM di informasikan oleh Bapak Sudarto selaku  Ketua Panitia HUT UMKM Tahun 2021.  Bapak Sudarto menjelaskan bahwa STIE Totalwin Semarang memberikan beasiswa kuliah setingkat Sarjana (S1) bagi putra / putri Pengusaha UMKM yang terkena dampak, 100% free untuk 5 mahaiswa dan 50 % untuk 10 mahaisiswa, bagi yang berminat dapat menghubungi panitia di nomor 0821 3305 9698. 


NB
video deretan agenda bisa di klik disini
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. ARSAD CORNER - All Rights Reserved