ICSB JATENG MENGGELAR "BUSINESS MATCHING" UNTUK SCALE-UP UMKM

Minggu, 08 Agustus 20210 komentar

BUSINESS MATCHING bersama ICSB REGIONAL JAWA TENGAH
“Menuju UMKM Kompetitif 2030”-Saatnya Scale-Up



Hadir 15 (lima belas) pengusaha UMKM, didampingi Pengurus Area dari 4 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah, diantaranya : (1) Kota Surakarta : Nasrafa, Copacang, Batik Widayati, Extract Daun Kelor, Upcycle Wood Scuipture, (2) Kabuoaten Klaten : Craft-Jam, Beras Rojolele, Lurik & Batik Tulis, (3) Kabupaten Boyolali : Aneka Olahan Lele, Kerajinan Kuningan, Olahan Susu & Buah Beat, Batik Boyolali, (4) Kabupaten Brebes : Bawang Goreng, Bawang Crispy, Prutuk Telur Asin. 15 (lima belas) Pengusaha tersebut merupakan UMKM yang telah diseleksi produknya oleh Pengurus ICSB Area Kabupaten masing-masing, mempresentasikan produknya dengan penuh semangat, optimism dan harapan. Business Matching ini diselenggarakan dalam situasi Covid yang masih melanda, bahkan masih dalam situasi PPK. sehingga menjadi harapan besar bagi Pengusaha UMKM untuk mendapatkan pangsa pasar baru baik di dalam negeri maupun di luar negeri . 


Business Matching kali ini juga mengundang  Kantor Kedutaan Negara Sahabat perwakilan asing antara lain : (1) Duta Besar RI untuk Den Haag, (2) Duta Besar RI untuk Korea, (3) Duta Besar RI untuk Lebanon, (4) Duta Besar RI untuk Suriname, (5) Duta Besar RI untuk Tiongkok, (6) Duta Besar RI untuk Washington DC, (7) Duta Besar RI untuk Welington – NZ, (8) Konsul Jenderal RI di Mumbai, (9) Konsul Jenderal RI di Hongkong, (10) Konsul Jenderal RI di Jedah, (11) Kepala ITPC di Mumbai, (12) Kepala ITPC di Hongkong, (13) Kepala ITPC di Jedah, (14) Honorary Consul RI di Austria, Singapore Business Federation, Qatar Importir Association. Juga dihadiri oleh  Pembina ICSB Regional Jawa Tengah : (1) Dinas Perindustrian & Perdagangan, (2) Dinas Koperasi & UKM, (3) Bank Indonesia Jawa Tengah, (4) Kanwil BRI Jawa Tengah. Tidak ketinggalan acara ini ju dihadiri: (1) Presiden ICSB Indonesia, (2) Executive Director Area Tengah, (3) Pengurus ICSB Regional dan Area se Jawa Tengah, Akademisi & peneliti dan Para Pengusaha UMKM di Jawa Tengah.


Dengan gaya khasnya, “Mas Eko”  dari ICSB Regional Jawa Tengah membuka acara  dengan menyapaa hangat segenap tamu dan juga para peserta.  Sesudah menyampaikan “ucapan selamat datang”, belaupun menandaskan tujuan penyelenggaraan agenda  Business Matching, yaitu sebagai bentuk fasilitasi  ICSB dalam menjalankan fungsi fasilitasi pemasaran kepada para pengusaha UMKM di Jawa Tengah. Dengan demikian,  Pengusaha UMKM berpeluang  mendapatkan pangsa pasar baru baik di dalam negeri maupun di luar negeri . 
 
Dalam sambutan dan arahannya,  Ibu Diah Yusuf dalam kapasitasnya selaku  Sekjen ICSB Indonesia, menyampaikan bahwa ICSB Indonesia sangat mengapresiasi dan memberi penghargaan kepada ICSB Regional Jawa Tengah, yang telah, sedang dan akan terus berkarya untuk memajukan UMKM di Indonesia, beliau juga berpesan dan memberi support agar Pengurus ICSB Regional dan Area untuk tidak henti dan tidak lelah mendampingi para UMKM. Sedangkan Bapak Arif Sambodo, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah menjelaskan bahwa banyak sekali program dinas untuk kemajuan UMKM di Jawa Tengah, untuk itu siap kolaborasi dengan berbagi pihak, termasuk ICSB Jawa Tengah.


Kegiatan Business Matching ini terselenggara juga berkat dukungan dukungan dari Bank Indonesia Jawa Tengah, Kanwil BRI Jawa Tengah, LPPM UNS Surakarta, KKIB FE UNDIP Semarang,  STIE Totalwin Semarang, Bukit Sekipan Tawangmangu dan Graha Wisata School Semarang.
Di penghujung acara, Ketua Panitia HUT UMKM Tahun 2021, Sudarto memberi satu informasi yang menarik seputar beasiswa dari  STIE Totalwin Semarang. Sebagai bentuk komitemen dalam mencerdaskan anak bangsa dan kepedulian terhadap dampak Pandemi Covid-19, STIE Totalwin  memberikan beasiswa kuliah setingkat Sarjana (S1) bagi putra / putri Pengusaha UMKM yang terkena dampak, 100% free untuk 5 mahasiswa dan 50 % untuk 10 mahaisiswa, bagi yang berminat dapat menghubungi panitia di nomor 0821 3305 9698. 


NB :
Video terkait : klik disini


Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. ARSAD CORNER - All Rights Reserved