"TAK BERHENTI PADA SATU CARA" ALA "ICSB JAWA TENGAH" MENG-AKSELERASI TUMBUHKEMBANG UMKM DI GELARAN HUT UMKM INTERNATIONAL 2021

Jumat, 30 Juli 20210 komentar

"TAK BERHENTI PADA SATU CARA" ALA "ICSB JAWA TENGAH" 
MENG-AKSELERASI TUMBUHKEMBANG 
UMKM DI GELARAN HUT UMKM INTERNATIONAL 2021
 

Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi ICSB Jawa Tengah untuk terus bergerak. Hal ini tercermin dari rangkaian agenda yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT UMKM International yang jatuh pada Tanggal 27 Juni dan HUT UMKM Nasional yang jatuh pada Tanggal 12 Agustus.  "Deretan agenda akan dilaksanakan dalam suasana Pandemi Covid-19, namun dipastikan tidak mengurangi substansi, semangat,makna dan bobot dari peringatan  tersebut. Menginat situasinya masih dilanda Covid-19, bahkan masih dalam situasi PPKM, maka kegiatan HUT UMKM Tahun 2021 diselenggarakan dengan cara zoom online dan luring (semi online dan offline), Kegiatan HUT UMKM di Jawa Tengah akan berlangsung dari Tanggal 27 Juli dan berakhir pada Tanggal 12 Agustus 2021.", demikian penjelasan Ketua Panitia HUT UMKM 2021 Tingkat Jawa Tengah yang juga sebagai Sekretaris ICSB Regional Jawa Tengah,Sudarto, SE, MM dalam pengantar Press release nya. 


Selanjutnya, Sudarto, SE, MM menjelaskan rangkaian HUT UMKM 2021 yang terdiri dari :  
  1. Seminar Bisnis, tema yang diusung “Menuju UMKM kompetitif 2030 – Saatnya Maju” sebagai narasumber (a) Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH, M.Hum. (Rektor UNS Surakarta), (b) Meta Dharmasaputra (Co Founder Katadata) (c) Robi Tjiptadjaya (Global Leadership Center), dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2021.
  2. Workshop Ekspor, tema yang diusung “Menuju UMKM Kompetitif – Saatnya Ekspor” sebagai narasumber (a) Pimpinan Bank Indonesia Jawa Tengah, (b) Pimpinan Pelaksana LPEI (c) Istikanah (Pengusaha Ekspor), dilaksanakan pada Tanggal 3 Agustus 2021.
  3. Business Matching, tema yang diusung “Menuju UMKM Kompetitif 2030 – Saatnya Scale-Up” sebagai narasumber para pengusaha UMKM binaan ICSB Area Kabupaten / Kota se Jawa Tengah, yang memiliki kualitas produk unggulan, dilaksanakan pada Tanggal 31 Juli dan 7 Agustus 2021.
  4. ICSB Award, tema yang diusung “Menuju UMKM Kompetitif 2030 – Saatnya Berbagi” sebagai nominator (a) Pengusaha UMKM, (b) Akademisi, (c) Birokrasi, (d) Peneliti, (e) Korporasi, (f) Media, (g) Tokoh (h) ICSB Area, penilaian dilaksanakan mulai Tanggal 27 Juli s/d 10 Agustus 2021.
  5. Micro, Small and Medium Enteprises (MSME DAY) 2021, tema yang diusung “Menuju UMKM Kompetitif 2030 – Saatnya Peduli” narasumber yang diusung (a) Sandiaga Uno (menparekraf), (b) Teten Masduki (Menkop & UKM), (c) Retno Marsudirini (Menlu). Undangan VIP (a) ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Yuliatmono (Bupati Karanganyar) dan para Bupati / Walikota se-solo raya serta para duta besar. Dimeriahkan lomba fashion show dan duta UMKM Karanganyar, dilaksanakanpada Tanggal 12 Agustus 2021.

dipenghujungya press release,  Sekjen ICSB itu juga menandaskan dan mengingatkan kembalu tentangperan UMKM yang sangat vital dalam menjaga kestabilan perekonomian nasional, sehingga diperlukan daya dukung dari segenap stake holder.  Sejalan dengan itu, upaya membangun sinergitas  4 (empat) pilar (baca: akademisi, peneliti, pengusaha dan birokrasi) didalam kepengurusan ICSB menjadi sangat relevan, khususnya dalam menghasilkan pengayaan dan pengkinian formula dan sekaligus penguatan regulasi yang beroerientasi  pada akselerasi tumbuh kembang UMKM, khususnya di lingkungan Jawa Tengah.

Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. ARSAD CORNER - All Rights Reserved