KPRI “SIAGA” SUMPIUH MENGGELAR RAT DALAM SUASANA TAK BIASA

Jumat, 08 Januari 20210 komentar

KPRI “SIAGA” SUMPIUH MENGGELAR RAT 

DALAM SUASANA TAK BIASA

  


Hari ini, Sabtu,  09 Januari 2020, KPRI “SIAGA” Sumpiuh menggelar RAT Tutup Buku Tahun2020 dengan mengambil tempat di SD Negeri 01, Kemiri Sumpiuh (Komplek Balai Desa Kemiri). Disamping dihadiri internal KPRI Siaga (baca: pengurus, pengawas dan 30  orang perwakilan anggota), RAT ini juga dihadiri   Camat Sumpiuh, Kapolsek, Danramil, Ketua PKP-RI Kab. Banyumas, DInakerkopukm dan Ketua Dekopinda Kab. Banyumas. 

  

Bapak Wahyanto, Ketua KPRI Siaga Sumpiuh, dalam prolognya menyampaikan bahwa  RAT kali ini digelar dengan 2 (dua) cara, yaitu Luring dan Daring. Cara ini sebagai bentuk penyesuaian dengan kondisi Pandemi Covid-19, sehingga terhindar dari resiko yang tidak diinginkan, khususnya dalam urusan kesehatan.  Penyelenggaraan RAT secara offline (baca: tatap muka) ini pun direncanakan maksimal berlangsung 2 (dua) jam. Namun demikian, untuk tetap menjaga efektivitas sebuah RAT, terlebih dahulu telah dilakukan rapat pendahuluan beberapa hari yang lalu, baik dalam hal meng-evaluasi maupun dalam menyerap aspirasi anggota bagi kemajuan koperasi ke depan.      


Korwilcam Sumpiuh, Bapak Satin,SPd, menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan RAT Tutup Buku Tahun 2020. Hal ini menandakan bahwa KPRI Siaga Sumpiuh ini sehat secara organisasi. Secara usaha, KPRI Siaga juga menunjukkan kinerja yang baik dan bahkan mengalami peningkatan. Sementara itu, Camat Sumpiuh, Bapak Ahmad Suryanto, menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya atas pemilihan waktu yang tepat dalam penyelenggaraan agenda RAT ini dimana PSBB baru akan  diberlakukan pada hari 11-25 Januari 2021. Beliau juga menyampaikan harapannya agar masyarakat meningkatkan kewaspadaannya dimasa berlakunya PSBB dengan mematuhi Protocol Covid-19. Sebagai tokoh masyarakat, para anggota KPRI SIaga Sumpiuh yang juga adalah para guru diharapkan berkenan ikut men-sosialisasikan tentang perlunya kesadaran masyarakat tentang anitisipasi Covid-19.    


Ketua Dekopinda Kab. Banyumas, Bung Muhammad Arsad Dalimunte, memanfaatkan momen RAT ini meng-edukasikan nilai-nilai kejuangan dan substansi koperasi. “Koperasi itu kumpulan orang yang men-cerdaskan dan  idealnya ada “nilai tambah” dalam kehidupan anggota sesudah koperasi. Sejalan dengan itu, mengingat bahwa KPRI Siaga menyelenggarakan aktivitas simpan pinjam, maka fokusnya bukan pada putaran uang, tetapi sebagai media   membudayakan menabung dan sekaligus penyelenggaraan pinjaman untuk kepentingan produktif. Dengan demikian, anggota terhindar dari perilaku ekonomi konsumtif. Bung Arsad Dalimunte juga menyampaikan permohonan terbuka kepada segenap unsur organisasi KPRI Seiaga yang kebetulan berprofesi guru di lingkungan SD untuk berperan aktif men-sosialisaikan dan menge-dukasikan nilai dan semangat berkoperasi. “Kita harus mengajarkan sedini mungkin tentang spirit dan nilai juang koperasi pada para siswa/I. Sebab, mereka adalah generasi masa depan yang akan melanjutkan perjuangan koperasi, khususnya dalam membudayakan kerjasama, kegotongroyongan dan bijak dikeberagaman. Lebih dari itu, nilai-nilai kejuangan koperasi juga selaras dengan semangat kebangsaan yang menjunjun tinggi nilai kebhinnekaan, persatuan dan kesatuan”.     


Bapak Andik Pegiyanto,SKM, Ketua PKP-RI Kab. Banyumas, dalam sambutan dan arahannya menandaskan perlunya untuk terus memupuk kegotongroyongan yang pada akhirnya berdampak pada tumbuhkembang kemanfaatan koperasi yang dirasakan anggota. Beliau pun mengkonfirmasi kepada segenap anggota KPRI Siaga  apakah betul bahwa sudah banyak sarjana yang lahir koperasi, sunatan yang digelar aggota juga tidak lepas dari  support koperasi melalui pinjaman, bangun rumah di support koperasi?. Serentak semua anggota yang hadir meng-iyakan. Deretan fakta itu merupakan “buah kebersamaan dan kehotongroyongan” di lingkar koperasi. Beliau juga menekankan perlunya sinergitas peran antara pengurus, pengawas dan anggota, sehingga koperasi berjalan dengan baik sesuai harapan dan mimpi segenap unsur organisasinya.              


Bapak Alvian, mewakili Dinakerkopukm Kab. Banyumas, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan RAT Tutup Buku Tahun 2020. Apalagi, kinerjanya menunjukkan peningkatan mengingat tahun 2020 adalah tahun yang berat, khususnya dibidang ekonomi. Tantangan di mendatang menjadi lebih kompleks bagi KPRI Siaga mengingat bahwa Pandemi Covid-19 masih berlum bisa dipastikan kapan berakhir. Jumlah anggota yang cenderung stagnan juga menjadi catatan tersendiri, khususnya dalam memaksimalkan sumber daya  sehinggga menghasilkan karya dan kinerja yang maksimal. Apalagi, keanggotaan KPRI yang terbatas hanya pada para guru juga sangat mungkin menurun dikarenakan pension, pindah kerja dan atau meninggal dunia. Dipenghujung, Bapak Alvian kembali menegaskan apresiasinya terhadap capaian KPRI “Siaga” ini dan menyampaikan selamat menjalankan RAT Tutup Buku Tahun 2020. Beliau juga menyampaikan harapannya RAT akan menghasilkan keputusan strategis yang akan meningkatkan kesejahteraan anggota.  

Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. ARSAD CORNER - All Rights Reserved