AKSI QURBAN BERJAMA’AH ITU LEBIH DARI SEKEDAR MEM-PERNAHKAN

Minggu, 11 Agustus 20190 komentar



AKSI QURBAN BERJAMA’AH ITU LEBIH DARI SEKEDAR MEM-PERNAHKAN

Penghimpunan & Pendistribusian Hewan Qurban
Idul Adha 1440 H kali ini jatuh pada hari Minggu, tepatnya 11 Agustus 2019. Seperti tahun-tahun sebelumnya,  kami berkesempatan menjadi salah satu saksi pendistribusian dan sekaligus penyembelihan qurban yang diselenggarakan oleh Sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Untuk Idul Adha kali ini, kami bergabung dengan Tim SD Al Irsyad Al ismiyyah 02 Purwokerto yang di desa Karang Gintung, Purwokerto Utara. 

78 (tujuh puluh delapan) ekor sapi dan 246 (dua ratus empat puluh enam) ekor kambing adalah jumlah total yang berhasi dihimpun  keluarga besar Al Irsyad Al Islamiiyah Pirwokeeto, mulai dari; Pengurus dan manajemen Yayasan; Ustad dan Ustadzah dari tingkatan Paud hingga SMA; para orang tua/walimurid dan;  segenap siswa/i Al Irsyad juga dari semua tingkatan, Paud sampai dengan level SMA. 

Menarik untuk meng-hikmah dari  jumlah hewan yang terkumpul. Angka ini tergolong fantastik  dan menjadi bagian dari keberhasilan keluarga besar Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dalam memobilisasI spirit ber-qurban di lingkaran stake holder-nya, khususnya manajemen dan   para ustadz/ustadzah yang terus menyemangati tanpa lelah memotivasi para siswa/i  untuk  menyisihkan sebagian jajan hariannya untuk “belajar ber-qurban”.  Proses semacam ini tentu sangat edukatif dan multi effect, khususnya bagi penumbuhan dan penguatan  kualitas spiritualitas keimanan dan juga kesetiakawanan dalam spirit Ukhwa Islamiyyah.  

Bisa dibayangkan bagaimana proses “dialog kebathinan” berlangsung dalam diri setiap siswa ketika menyisihkan sebagian jajan hariannya untuk belajar  berqurban. Disana terjadi pilihan antara untuk menikmati uang saku hariannya untuk jajan di sekolah atau menyisihkan sebagian untuk kepentingan berbagi dan berkepdulian. Pasti tidak  mudah pada awalnya, namun pembiasaaan telah membentuk budaya diri untuk ikhlas. Apalagi hal ini berbeda dengan tabungan duniawi yang suatu waktu akumulasinya bisa diambil, tetapi mutlak tabungan akhirat dan berharap  ganjaran pahala dari Allah SWT. Ini menjadi bagian dari upaya efektif mengikis egoisme yang tumbuh merebak dikehidupan sekarang ini sebagai dampak dari kekinian zaman yang mendorong orang untuk asik dengan dirinya sendiri dan miskin kepedulian.

Alhamdulillah, mereka dilatihkan untuk “belajar berqurban” sejak usia dini, sehingga pada saat mereka dewasa dan berpenghasilan, mereka pun akrab dan menjadi bagian dari barisan insan Tuhan yang senantiasa melestarikan kebiasaan ber-qurban.  

Lebih dari sekedar mem-pernahkan
Aksi qurban tidak saja persoalan berbagi daging. Qurban juga bukan sekedar mem-pernahkan kaum lemah untuk mengkonsumsi daging. Di dalam aksi qurban terkandung spirit ukhwah Islamiyyah dimana yang satu merasa bagian dari lainnya. Dengan demikian, kekerabatan semacam ini akan meningkatkan persatuan yang merekatkan. Disamping itu, bagi sipenerima juga akan terbangun semangat untuk berqurban sehingga mendorong adrenaline nya untuk menjadi insan yang lebih produktif sehingga terbangun kemampuan untuk berposisi sebagai orang yang ber-qurban.  Pada titik ini, apa yang dilakukan keluarga besar Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto bermakna siar dan memantik kemauan kelompok masyarakat untuk berqurban, khususnya di titik-titik daerah pelaksanaan distribusi hewan qurban.

Secara teknis, Qurban merupakan bentuk penyisihan sebagian rezeki yang dititipkan Allah SWT. Namun demikian, secara vertical, aksi qurban merupakan bentuk kesadaran dari mana muasal rejeki itu datang. Oleh karena itu, qurban juga merupakan wujud rasa syukur atas segala kebaikan dan ni’mat Allah SWT. Disisi lain, ketika ber-qurban dimaknai bukan pengurangan rezeki, maka qurban juga merupakan bagian dari strategi melipatgandakan kehadiran ni’mat dan ragam kebaikan Tuhan di keseharian hidup. Pada pembacaan demikian, Insya Allah ber-qurban merupakan aksi heroic yang mempertinggi nilai diri dihadapan Sang Khalik.

Penghujung
Pada akhirnya, disamping mempertinggi kualitas keimanan dan ke-Islaman, semoga aksi qurban yang digelar setiap idul Adha oleh oleh segenap Keluarga Besar Al Irsyad Al islamiyyah juga berdampak pada peningkatan kesungguhan para siswa/I dalam proses menuntut ilmu. Dengan demkian, para siswa/I akan menjadi insan yang berilmu dan berakhlak mulia serta selalu menjadi sinar penerang bagi keluarga, lingkungan dan agama melalui ketauladanan dan kemulian fikiran dan tindakan. Aamiin Ya Robbal ‘Alamin.
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved