KETIKA INSAN PERS BERSEMANGAT MENG-CAMPAIGN HARKOPNAS 72

Sabtu, 29 Juni 20190 komentar


KETIKA INSAN PERS  BERSEMANGAT MENG-CAMPAIGN HARKOPNAS 72

Dalam rangka sosialisasi dan sekaligus publikasi event akbar Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72, Panitia lokal Purwokerto berinisiatif mengadakan Press Realease yang dihadiri para pewarta dari media lokal, regional dan nasional. Agenda ini terselenggara di Cafe Inno, Kopkun lantai 02, yang beralamat di jalan HR Boenyamin, Purwokerto.

Hadir dalam agenda ini Bapak Wisnu selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi & UKM Kabupaten Banyumas, Bapak  Ir Wisnu Hermawanto MP, Bung Muhammad Arsad Dalimunte dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia) Daerah Kab. Banyumas dan Firdaus Putera dalamkapsitasnya sebagai Direktur Kopkun Institute. Konfrensi Press itu sendiri di moderatori oleh salah satu panitia lokal, Anis Sa'adah. Dari sisi insan press, hadir Suara merdeka, Radar Banyumas, Merdeka.com, RRI Purwokerto, Satelite TV, Banyumas TV dan CNN
  
Antusiasme pewarta meilbat dalam sosialisasi dan piblikasi event akbar ini mendatangkan keyakinan tambahan panitia akan suksesnya penyelenggaraan rangkaian kegiatan nanti. Kehadiran dan perkenan pewarta meng-campaign event ini akan memperluas dan meningkatkan pemahaman dan sekaligus animo masyarakat untuk ikut serta memeriahkan dan mensukseskan perhelatan ini.

Dalam penjelasannya, Bapak Wisnu Hermawanto menyampaikan tentang kesiapan pemerintah Kabupaten Banyumas dan masyarakat Banyumas menyambut penyelenggaraan Harkopnas ke-72. Event ini layak didukung oleh segenap stake holder  Koperasi dan juga mayarakt mengingat peran nyata koperasi sebagai pemersatu masyarakat di keberagaman, menurunkan angka kemiskinan, mengurangi angka pengangguran dan mendorong dinamika dan tumbuhkembang ekonomi. Hal senada disampaikan oleh M.Arsad Dalimunte. Beliau juga menjelaskan bahwa penitia berkomitmen bahwa pegelaran rangkaian kegiatan Harkopnas ke-72 tidak akan terjebak hanya ceremony, tetapi juga penuh substansi khususnya bagi akselerasi tumbuhkembang perkoperasian di tanah air. Mas Firdaus juga menjelaskan tentang kesiapan kaum milenial koperasi untuk men-sukseskan pegelaran Harkopnas ke-72.       

Materi konfrensi Press


PRESS REALEASE HARKOPNAS KE-72
Pemilihan Purwokerto sebagai tuan rumah pegelaran Puncak Harkopnas ke-72 bermula dari hasil Rapimnas Dekopin (Dewan Koperasi Indonesia) yang digelar di ibu kota Prov Jawa Tengah Semarang, tepatnya tanggal 12-14 Oktober 2018  di GM Setos Hotel. Kala itu, Bapak Nurdin Halid selaku Ketua Umum Dekopin  menawarkan kesediaan Prov Jawa Tengah untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Harkopnas (Hari Koperasi Nasional) kepada  Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo.  Gayung bersambut, Gubernur  Jawa Tengah pun menyatakan kesiapannya. Akhirnya, “Jawa Tengah Fix menjadi tuan rumah Harkopnas ke-72 dan menjadi bagian dari keputusan  Rapimnas.

Setelah melakukan kajian terhadap 3 (tiga) alternatif kota, akhirnya kota “Purwokerto” di tetapkan oleh Gubernur sebagai lokus pegelaran Harkopnas ke-72  dengan beberapa pertimbangan, yaitu; (i) Sambutan hangat, dukungan dan semangat Pemkab Banyumas beserta jajarannya dalam menghelat Harkopnas ke-72 di Purwokerto; (ii) Pertimbangan sejarah dimana “Purwokerto” merupakan kota kelahiran koperasi pertama di Indonesia’ (iii) ekosistem perkoperasian di Banyumas dinilai sangat baik. Apalagi saat ini gerakan koperasi di Banyumas tengah berjuang mewujudkan “Purwokerto kota Koperasi” yang dalam perjalanannya digawangi oleh Kopkun Institute.  (iv) Purwokerto memiliki banyak tokoh muda yang yang di kenal sangat concern dan konsisten memproduksi kajian pemikiran dan mengembangkan inovasi di bidang perkoperasian, Bahkan beberapa tokoh muda koperasi Purwokerto dikenal sebagai tokoh muda koperasi di tingkat nasional.

Perhelatan Harkopnas -72 ini dipersiapkan oleh Panitia yang merupakan gabungan dari Gerakan Koperasi (baca: Dekopin) dan Pemerintah dari Pusat sampai daerah.  “Reformasi Total Koperasi Indonesia di Era Industri 4.0” ditetapkan sebagai thema Harkopnas kali ini. Pemilihan thema ini sesuai dengan kebijakan pemerintah (cq. Kementrian Koperasi & UKM RI) dan perkembangan kekinian zaman yang memerlukan adaptasi smart untuk tetap bisa eksis, tumbuh dan kembang. Dalam tinjauan makro, thema ini mencerminkan semangat koperasi dalam meningkatkan peran strategisnya dalam percaturan ekonomi nasional. Satu hal yang menjadi catatan penting, koperasi tidak saja sebagai sebuah perusahaan, tetapi juga sebagai “alat efektif” dalam membangun demokrasi ekonomi.

Ada beberapa semangat yang begitu kental dalam perhelatan Harkopnas kali ini, yaitu; (i) Menghindari keterjebakan pada ceremony tapi miskin substasi. Pegelaran Harkopmas kali ini ditargetkan mampu melipatgandakan “semangat perubahan” pada setiap gerakan koperasi ditanah air sehingga terbangun akselerasi tumbuhkembang koperasi, baik secara kelembagaan maupun secara perusahaan; (ii) modernisasi dan kekinian zaman. Hal ini menjadi simbol “semangat adaptasi gerakan koperasi” dalam beradaptasi terhadap perubahan yang demikian cepat sebagai dampak dari kemajuan IPTEK. Koperasi tidak ingin “gagap zaman” dan memiliki kemampuan dalam merespon dinamika dengan smart tanpa kehilangan jati dirinya sebagai lembaga perjuangan ekonomi kerakyatan. Oleh karena itu, pegelaran Harkopnas kali ini di kemas dalam cita rasa modern yang ditandai dengan diproduksinya media digital dalam bentuk aplikasi myCOOP.myCOOP merupakan aplikasi pusat informasi yang akan mempermudah siapa saja untuk meng-akses informasi seputar Harkopnas. Dengan demikian, semua orang yang ingin menjadi bagian dari perhelatan akbar ini cukup dengan men-download myCOOP dan otomatis akan terbimbing dengan sendirinya. Bahkan aplikasi myCOOP juga bisa dimanfaatkan sebagai media yang mempermudah peserta melakukan transaksi tanpa harus membawa uang cash. Tegasnya, MyCOOP ini juga mencerminkan semangat gerakan koperasi di tanah air dalam memasuki era digitalisasi ekonomi.  Alhamdulillah, penggunaan aplikasi ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah perhelatan Harkopnas dan mendapat apresiasi dari berbagai kalangan;

Ada 11 (sebelas) rangkaian kegiatan dalam perhelatan Harkopnas ke-72 ini, yaitu :


Khusus tentang millenial, perhelatan akbar ini juga mendorong mereka untuk lebih akrab dengan nilai-nilai kejuangan koperasi yang terkemas dalam forman kekinian. Hal ini juga bagian dari upaya regenerasi sebab pada waktunya generasi milinial saat ini akan berposisi di garda terdepan perjuangan koperasi. Sejalan dengan itu, Harkopnas kali ini memberi space khusus bagi kaum milenial yang berusia 17 sd 35 dalam event Jambore Koperasi yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari di Baturraden ini.  Kelompok milenial  pelaku  start up  akan berkumpul  membincang seputar start up coop. Isu Start Up Coop ini sendiri sudah tidak asing lagi bagi pegiat dan pejuang koperasi Purwokerto untuk satu tahun terakhir ini, khususnya yang terhimpun dalam Kopkun Institute melalui  lembaga inkubasinya, Innocircle. Mereka memiliki concern yang sangat intens dalam menggawangi kelahiran start up coop, baik secara mandiri maupun bermitra mutual dengan pemerintah seperti Kemenkop dan Kemenkominfo. Tegasnya, substansi jambore yang memberi space khusus bagi kelompok millenial ini selaras dengan gerakan pemerintah (cq.Kemenkop & UKM RI) yang sedang intensif melakukan re-branding koperasi.       

Sebagai informasi, untuk rangkaian kegiatan yang diselenggarakan di Kota Purwokerto akan diikuti sekitar 12.000 (dua belas ribu) para pegiat dan pejuang koperasi dari seluruh tanah air Indonesia. Puncak perayaan juga direncanakan akan dihadiri oleh Presiden RI, Mentri Terkait dan beberapa duta besar negara sahabat. Sebagaimana semangat yang di gelorakan Bapak Nurdin Khalid selaku Ketua Umum Dekopin Pusat, Harkopnas kali ini akan menjadi perhelatan terbesar disepanjang sejarah perkoperasian.

Mereferensi pada animo yang demikian besar dari kalangan gerakan koperasi dan juga masyarakat, Dekopinda Banyumas meyakini bahwa perhelatan koperasi kali ini akan berjalan sukses dan efektif mencapai target-targetnya. Perhelatan akbar ini juga diyajini akan melahirkan multiplier effect baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Secara jangka pendek, perhelatan ini akan mendatangkan dampak ekonomis luar biasa, mulai dari peningkatan omzet perdagangan, hotel, pariwisatan dan lain sebagainya. Secara jangka panjang, ini momentum strategis memperkenalkan Kota purwokerto dan seluruh Wilayah Kab.Banyumas berikut segala keunikan dan potensi yang dimilikinya sehingga berpotensi melahirkan dampak terhadap peningkatan investasi di wilayah Kab. Banyumas.

Oleh karena itu, kami berharap seluruh masyarakat Banyumas ikut berpartisipasi men-sukseskan event akbar yang mungkin dalam 200 tahun tidak akan terulang kembali. Ini meomentum strategis yang harus dimaksimalkan oleh segenap masyarakat, pelaku ekonomi dan para pemangku kebijakan. Kita harus memaksimalkan momentum ini sehingga melahirkan efek jangka panjang dan men-sejahterakan dalam arti luas.


Sebagai penghujung, kami menyampaikan terima kasih kepada para insan pers yang ikut berpartisipasi aktif dalam meng-campaign event Harkopnas ke-72 ini. Ini bentuk kemitraan mutual yang efektif men-sosialisasikan, meng-edukasikan dan mempromosikan tentang kebaikan nilai-nilai perjuangan koperasi, khususnya dalam meng-akselerasi tumbuhkembang ekonomi kerakyatan dan umumnya dalam meng-akselerasi peran strategis koperasi dalam perwujudan demokrasi ekonomi di negeri ini. Terima kasih. 


Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved