PPKL PROV JAWA TENGAH “GOES TO BANDUNG”

Minggu, 21 April 20190 komentar


PPKL PROV JAWA TENGAH “GOES TO BANDUNG”

21 april sd 25 April 2019, Dinkop dan UKM Prov Jawa tengah menggelar Bimtek dan Orientasi Lapangan Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas PPKL Sebagai Aktivator Koperasi.  Disamping pembekalan materi yang membincang tentang profesionalisme dan pajak, “Goes to Bandung” menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Bimtek dan Orientasi Lapangan kali ini. Adapun beberapa obyek yang menjadi destinasi antara lain GKSI Jawa Barat,  KSP Rukun Ikhtiar dan Koperasi Peternak Bandung Selatan (KPBS) Pangalengan. Kegiatan ini dikuti olej 65 orang dari 17 Kab/Kota di lingkungan Jawa Tengah. “Kegiatan ini dimaksdukan untuk meningkatkan kemampuan PPKL sesuai tugas pokok dan fungsinya, sebagai ujung tombak dalam aktivator koperasi, penyuluh sekaligus untuk mem-branding koperasi di Jawa Tengah melalui teknologi informasi’, ungkap Pak Hardi selaku penanggungjawab program.   


Kepala Dinas Koperasi & UKM  Prov Jawa Tengah dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal, antara lain :
a.    Berharap pelaksanaan kegiatan ini berdampak pada akselerasi tumbuhkembang koperasi & UKM
b.   Untuk mengembangkan koperasi diperlukan kelembagaan yang sehat dan kerjasama ekonomi diantara anggotanya secara berkelanjutan
c.    Fungsi PPKL adalah membantu dinas koperasi kabupaten/kota/propinsi untuk melakukan pendataan dan penyuluhan,pembinaan dan supervisi koperasi.
d.   Penyuluh koperasi juga merupakan  mata rantai penghubung antara masyarakat dan pemerintah.
e.    Penyuluh juga adalah aktivator koperasi
f.     Penyuluh harus melek teknologi dan aktif memberitakan atau mempublikasikan kegiatan-kegiatan positif.
g.    PPKL menjadi ujung tombak terbentuknya koperasi yang sehat.
h.   Studi banding merupakan aktivitas membandungkan antara ditempat sendiri dengan obyek studi banding dengan harapan akan menginspirasi gagasan-gagasan baru.  

Sementara itu, Ibu Endah selaku Kabid Pengawasan dan juga Plt Kabid Kelembagaan menghimbau agar insan-insan PPKL ikut mendorong tumbuhkembang koperasi-koperasi sektor riil. PPKL juga di minta berperan aktif untuk mendorong koperasi untuk segera menyelenggarakan RAT Tutup Buku Tahun 2018. Hal ini sebagai bentuk respon atas beberapa koperasi primer yang belum menggelar RAT sampai saat ini. 


Cuplikan Sesion Membincang Profesionalisme
Session yang membincang tentang “profesionalisme” menghadirkan Bung Arsad Dalimunte sebagai nara sumber. Bung Arsad menegaskan bahwa PPKL Jawa tengah merupakan insan-insan yang sangat strategis bagi penumbuhkembangan koperasi di lingkungan Jawa Tengah. Untuk itu, profesionalisme menjadi satu keharusan yang melekat pada sikap-sikap insan PPKL sehingga kehadirannya berdampak pada kemajuan gerakan koperasi. Antusiasme PPKL di session ini membuat ruangan terasa menjadi hangat. Umpan balik peserta membuat suasana diskusi dan tukar fikir ini menjadi lebih menyemangati, baik narasumber maupun para peserta.   

berita terkait..klik disini




Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved