MENG-APRESIASI SEMANGAT BELAJAR KAUM IBU DI LINGKAR KOWAPI BANYUMAS

Minggu, 27 November 20160 komentar

MENG-APRESIASI SEMANGAT BELAJAR KAUM IBU DI LINGKAR KOWAPI BANYUMAS

A.  Pengantar
Semangat para Ibu yang tergabung dalam Kowapi (Koperasi Wanita Pengusaha Indoensia) Kabupaten Banyumas ini sepertinya tidak pernah surut. Mereka begitu tekun mentahapi satu demi satu langkah hingga membentuk capaian keren. Dengan susah payah mereka mengabarkan kebaikan ber-koperasi kepada teman atau sahabat sesama pelaku usaha dan kemudian berujung dengan “bergabung” ke
dalam barisan Kowapi. Hasilnya pun amazing, Kowapi Banyumas tercatat sebagai Kowapi terbesar di lingkungan Jwa Tengah.

Kowapi ini bergerak dalam bidang simpan pinjam. Lewat simpan pinjam, koperasi dibawah pimpinan Ibu Isdi ini terus memompa semangat anggotanya untuk menabung dan kemudian men-distribusikan menjadi pinjaman produktif kepada anggota lainnya yang membutuhkan. “Tanggung renteng” dijadikan sebagai alat
untuk membangun koperasi yang meng-aggota dan sekaligus sebagai jaring pengaman agar koperasi bisa tetep eksis,tumbuh dan berkembang. Hasilnya pun memang luar biasa dimana kuatnya ikatan emosional dan sosial dari segenap anggota linier dengan tumbuhkembangnya usaha koperasi.

Kaum ibu ini seperti menguatkan satu hipotesa bahwa kaum ibu lebih hebat ber-koperasi dibanding kaum bapak-bapak. Mungkin saja, hal ini berawal dari
keterlatihan para ibu dalam memerankan diri sebagai  manajer keuangan di lingkungan rumah tangga, sehingga keterlatihan ini berkontribusi secara alamiah dalam mendorong laju tumbuhkembang Kowapi.

Kowapi Banyumas ini juga sangat concern dalam mengembangkan anggotanya lewat pendidikan. Pencerdasan anggota menjadi menu wajib untuk memastikan kapasitas anggota tumbuh dan menjadi bekal penting dalam men-sejahterakan diri dan keluarga.
Oleh karena itu, tiada tahun tanpa pegelaran pendidikan. Kowapi ini juga hampir tidak pernah absen mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan Disperindagkop, Dekopin dan atau lembaga lainnya. Hal ini menunjukkan komitmen mereka terhadap pentingnya menambah ilmu pengetahuan.  Itulah sebagian kecil fakta menarik dari Kowapi yang beranggotakan ibu-ibu yang kesehariannya berprofesi sebagai pengusaha. Banyak fakta dan capaian lain yang sebenarnya begitu men-cengangkan dan mungkin mmerlukan ribuan lembar untuk menjelaskannya.

B.  Pelatihan Kepemimpinan
Kali ini, Kowapi menggelar pendidikan dan pelatihan dengan mengambil tempat di Fakultas Perikanan dan Kelautan. Acara digelar pada hari Sabtu s/d Minggu tepatnya tanggal 25-26 Nopember 2016. Peserta pelatihan kali ini adalah para pengurus dan anggota dengan total jumlah 50 (lima puluh)  orang. 

Berbagai materi disajikan dengan beberapa nara sumber antara lain Ibu Isdi selaku Ketua Kowapi Banyumas, Bapak Herliana selaku ketua Kopkun, Bapak H. Koeswandi selaku Kabid Pengawasan Koperasi dan Muhammad Arsad Dalimunte selaku Ketua Dekopinda Kabupaten Banyumas. Khusus ketua Dekopinda Banyumas membawakan materi “kepemimpinan” dengan materi sebagai mana disajikan berikut ini :









Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved