HIPMI BPC BANYUMAS MENYAMBANGI PARA SISWA/I SMA N 3 PURWOKERTO

Sabtu, 05 November 20160 komentar

HIPMI BPC BANYUMAS MENYAMBANGI PARA SISWA/I SMA N 3 PURWOKERTO



Hari ini, beberapa insan HIPMI Banyumas menyambangi SMA N 3 Purwokerto dalam rangka menyebarkan virus kewirausahaan dikalangan generasi muda. Mereka adalah Om Dimas, Om Manda, Om Wastam dan Bang Arsad.  Sementara itu, di barisan  audience  ada para siswa/i kelas 10 (sepuluh) dan beberapa delegasi  SMP. Juga ada beberapa guru yang mendampingi para peserta/siswa/i dalam mengikuti acara ini.  

Om  Dimas memulai sesi “motivasi kewirausahaan” dengan menyemangati segenap para siswa/i dengan sapaan khas beliau. Audience pun  seketika ter-hipnotis  dan focus. Beliau kemudian mengenalkan istilah wirausaha secara singkat dan mudah difahami serta diikuti dengan penayangan beberapa video yang menyemangati dan me-refresh konsentrasi. Sang Founder perusahaan To Be Consultant ini sangat kreatif dalam membawa dan atau menciptakan suasana menggembirakan. 

Sementara itu, Bang Arsad menyampaikan 4 (empat) tips dalam belajar berwirausaha, yaitu : (i)belajar kreatif; (ii) belajar berbeda; (iii) belajar menjadi pribadi yang tangguh dan; (iv) langsung action.  langsung action yang dimaksud adalah langsung memulai tanpa banyak pertimbangan. Beliau juga menyarankan untuk memulai dari apa yang bisa dilakukan dan bukan mengedepankan keterbatasan seperti tidak punya modal, tidak ada waktu dan alasan lain yang berujung dengan penundaan..

Om Manda memulai dengan penyampaian data statistik wirausaha yang baru menyentuh 1,6% dari jumlah penduduk Indonesia. Hal ini masih jauh dari angka ideal 2,5%. Indonesia masih perlu banyak wirausahawan sehingga menumbuhkembangkan-nya menjadi sangat penting. Om Manda juga menyarankan untuk jangan pernah berfikir mencari kerja bila lulus nanti, tetapi bangun tekad untuk menciptakan lapangan kerja melalui berwirusaha sehingga menjadi pribadi mandiri dan berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Om Manda yang juga anggota legislatif Kab.Banyumas itu  kemudian menyarankan agar para siswa/i ikut organisasi-organisasi di lingkungan sekolah seperti pramuka, osis dan lain sebagainya, sebab proses-proses yang dilalui sangat membantu mematangkan sikap,mental dan juga kreativitas.   
“kalau anda belajar bahagia ndak?. Yang juara satu bahagia ndak?,  jumlah yang juara satu berapa?.kalau hanya satu, trus yang lainnya bahagia ndak?. Kalau anda ingin pintar jangan fikirkan bahagia, sebab ketika mencapai hasil akhir terbaik otomatis akan membuat bahagia. Tidak ada kesuksesan tanpa pengorbanan dan keprihatinan. untuk itu, yang perlu dilakukan adalah berupaya keras dan bekerja cerdas. Setiap do'a juga harus diikuti dengan perbuatan (usaha) yang kontinue . Demikian disampaikan oleh Om Wastam sang pemilik wisata air Dreamland, di Ajibarang.  

Terlihat jelas wajah-wajah lugu adik-adik yang masih duduk di kelas 10 (sepuluh)  begitu bersemangat. Apalagi, sesekali ada selingan  games yang mengundang tawa dan sesekali ada permainan untuk me-refresh konsentrasi,  Segenap audience pun tampak begitu  bersemangat mengikuti serangkaian acara sampai selesai. Semoga pemberian dogma-dogma  kewirausahaan yang ditanamkan ke dalam fikiran dan otak kanan segenap siswa akan tumbuh dan berkembang menjadi kreativitas tanpa batas, sehingga akan lahir insan-insan hebat yang tidak saja mandiri, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan dan harapan hidup bagi orang lain. 
Amin Ya Robbal 'Alamin. 
Share this article :

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved