BIG VISION and SMART ACTION..Upaya melejitkan Omzet Dalam Kondisi Krisis..

Jumat, 25 September 20151komentar


Bertempat di dSaung Gall n Resto, tepatnya 25 September 2015. Hipmi BPC Banyumas menggelar satu forum bisnis dengan tema "Big Vision Smart Action"    dengan pokok bahasan “melejitkan omzet dalam kondisi krisis".  Hadir sebagai narasumber kawakan yaitu Bapak Joseph Karkam, seorang CEO Pabrik Semen Bima.  Beliau juga adalah lulusan S2 London, Inggris yang mengambil konsentrasi di bidang pemasaran. Acara ini di moderatori oleh Om Dimas Gustaaman, sekretaris hipmi Banyumas, yang juga merupakan owner dari Tobe Consulting. Sementara itu, bertindak sebagai MC adalah Om Budi, salah satu pengurus Hipmi dan juga pebisnis tangguh di bidang property dan juga developer.


Dalam suasana santai, kepiawaian dan keluasan wawan Pak Joseph dikepiawaian begitu tegas terlihat. Dengan smart beliau memaparkan pemikiran-pemikiran yang mengundang decak kagum dari segenap peserta. Peserta bena-benar disuguhin dengan ilmu-ilmu baru yang memperkaya wawasan dan juga memantik lompatan spirit dalam menjalankan usaha. Mungkin tidak berlebihan untuk menyimpulkan Pak Joseph adalah seorang pebisnis tangguh, brilian dan juga inspiratif. Bagaimana tidak, berkat kepiawaian mengkomunikasikan prospektus project pabrik ini, dengan modal awal Rp 500 Milyar bisa mewujudkan pabrik semen dengan total akhir investasi lebih kurang sejumlah Rp 5 triliun.  

Dalam mazhab beliau, bisnis dimulai dari keberanian bermimpi yang diikuti dengan action plan  dan diakhiri dengan juga eksekusi/pelaksanaan/action. Beliau berpandangan bahwa keberhasilan bukan hoki tetapi bagian probabilitas dari keberanian untuk terus mencoba. Oleh karena itu, seorang pebisnis tidak boleh mudah patah semangat, karena semakin banyak mencoba maka probabilitas berhasil akan menjadi kian besar. Semangat juang harus senantiasa terjaga karena 70% dari bisnis diisi dengan kesulitan-kesulitan  dan  30% adalah bagian dari kesuksesan. Jadi, tantangannya adalah bagaiman bisa berada di 30% terakhir karena bisnis tidak ada jalan pintas dan memerlukan kesabaran berproses dan konsistensi berjuang. Untuk menjadi pebisnis tangguh, beliau berpesan :”ubahlah cara pandang dirimu maka dunia akan berubahUntuk perubahan yang lebih baik maka setiap pebisnis harus terus belajar dari setiap kesalahan sehingga akan menjadi lebih baik diberikutnya.

Disamping mengutarakan perlunya keberanian bermimpi dan terjaganya spirit, beliau juga sedikit mengungkapkan trik jitu pemasaran yang lebih bersifat general. Beliau berpesan agar  Image  tidak boleh mencederai produk. Hal  ini menjadi prinsip pemasaran yang harus dipegang teguh sehingga ragam strategi menemukan titik efektivitasnya. Sementara itu, dalam urusan permodalan, beliau sempat berkelakar bahwa mengupayakan hutang 1 (satu) milyar sesungguhnya jauh lebih sulit ketimbang mengupayakan Rp 1 triliun. Kemampuan meyakinkan pihak bank bahwa obyek yang di investasikan prospektif tentu menjadi kunci penting dalam meng-akses permodalan dari piha perbankan.  


Beliau juga sedikit berpendapat bahwa para pelaku bisnis di Purwokerto rata-rata masih mendasar, jangka panjang dan konservatif. Artinya, pebisnis lokal cenderung hanya fokus satu aktivitas dan belum mendasarkan pada prinsip ” high risk high gain”.  Beliau sesungguhnya tidak melihat hal itu sebagai pilihan buruk, tetapi cara demikian sangat sulit diharapkan untuk bisa berkembang dalam jangka panjangnya. Beliau mengatakan bahwa untuk besar seorang pengusaha harus berani dan bisa mengakses modal yang diperlukan. Saking asiknya, tidak terasa tiba waktunya dipenghujung,  sebab Pak Joseph harus segera menghadiri agenda serah terma jabatan Kapolres Banyumas. Akhirnya, sebagai pembakar semangat segenap peserta, sebelum meninggalkan tempat. beliau sempat memberi closing statemen sebagaimana berikut ini;

1.      Investasikanlah waktu untuk lebih banyak belajar sehingga ilmunya bertambah. Beliau menegaskan bahwa ilmu akan menjadi menjadi insirasi suatu waktu yang mempermudah untuk memecahkan persoalan yang ada.
2.      Lakukan segera dengan langkah kecil, sebab mimpi tanpa aksi adalah sebuah ke-percuma-an yang sia-sia. . 

3.      Posisikan diri selalu di keterancaman suasana. Setiap orang perlu membangun fikirannya bahwa tidak ada hari esok dan seolah-olah diri  sedang berada diujung jurang.  
4.      Perlu terus mengukur reaksi atas sebuah langkah. Lakukanlah langkah yang sudah diukur kemungkinan2 yang terjadi (list dawn). Pesan ini dimaksudkan agar setiap langkah yang dilakukan seorang pebisnis dapat terukur dan terantisipasi.  

Usai sesi Pak Josep Karkam, acara dilanjutkan dengan ”Sharing Session” yang menampilkan para punggawa HIPMI BPC Banyumas, yaitu; (i) Om Nanang sang pengusaha ulung; (ii) Om Rachmat Imanda sang pengusaha percetakan yang juga anggota legislatif Banyumas; (iii) Om Sandra, ketua Hipmi Banyumas dan juga pemilik rental mobil moreno dan; (iv). Om Ben, seorang pakar dan pengusaha minyak wangi berlabel Mullegh. Mereka ber-testimoni tentang bagaimana jatuh bangun dalam membangun usaha-usaha mereka yang sudah eksis saat ini.  Mereka semua bersepakat bahwa ”semangat”  merupakan modal terbesar untuk sukses memasuki dunia bisnis. Akhirnya, acara ditutup dengan do’a khas ala Om Wastam, Sang Pemilik dreaam land dan kampung logawa.

  
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

19 Februari 2016 09.59

Dear Bapak / Ibu

Dengan hormat,

Dalam kesempatan ini kami dari CV.BUWANA LUHUR, memperkenalkan diri sebagai perusahaan Importir & Supplier ,speart part industri untuk Power Plant,Migas dan Tambang kami siap menjalin kerjasama,beberapa produt dari kami sebagai berikut :

Conveyor Safety Switch

PULL CORD SWITCH

BELT SWAY SWITCH

BELT ALIGNMENT SWITCH

CHUTE SWITCH

SPEED SWITCH

LIMIT SWITCH

WARNING HORN

WARNING HORN WITH LIGHT

INDICATING LIGHT

FLOW SWITCH

BELT RIP SWITCH

PADDLE SWITCH

CAPACITY LEVEL SWITCH

DIAPHARM LEVEL SWITCH

PULL CORD SWITCH HARDWEAR(ACC)

Conveyor System

Belt Cleaner

Belt Scale

Roller Idler

Magnetic Separator

Metal Detector

Rubber Skirt

Impact Cradle

Quick Clamping



Demikianlah surat perkenalan ini kami buat semoga terjalin hubungan kerjasama yang baik,atas kepercayaan Bapak / Ibu kami ucapkan terima kasih.

Best Regards



Risdianto

CV.BUWANA LUHUR



JL.A.YANI 39 , SIDAKAYA CILACAP – JAWA TENGAH

Hp : 085741613391

Email : risdianto.plur@gmail.com

Posting Komentar

.

 
Copyright © 2015. Arsad Corner - All Rights Reserved